Inilah Tanda-Tanda Kalau Kamu Belum Dewasa

4 min


Menjadi dewasa terkadang tidak ada hubungannya dengan usia. Faktanya, usia yang sudah tua tidak menjamin seseorang bisa bersikap dewasa, begitupun sebaliknya.

mengikuti orang lain

Umur bukanlah patokan buat menilai apakah seseorang udah dewasa dan matang emosinya. Umur nggak banyak berpengaruh sama tingkat kedewasaan seseorang. Meskipun saat ini lo udah punya KTM dan SIM, belom tentu loh secara emosi lo itu udah bisa dikatakan dewasa. Menurut para psikolog, ada banyak loh orang yang umurnya udah bukan belasan tapi tindakannya masih belom dewasa. Emosi mereka masih belom stabil.

Coba renungkan dulu deh. Lo bisa tanya ke diri lo sendiri sambil intropeksi mengenai beberapa hal yang sangat mendasar ini.

1.Apakah kamu sudah bangun tepat waktu

Pertanyaan pertama dan sangat sederhana ini harus bisa lo jawab dengan jujur. Apa lo udah bisa bangun tepat waktu tiap pagi atau justru lo masih berjuang mati-matian biar nggak bangun kesiangan. Lo masih sering ngerasa males banget atau nunggu 5 menit lagi setelah alarm bunyi?

Itu artinya lo belom sepenuhnya dewasa. Orang dewasa udah sadar akan tanggungjawabnya buat bekerja dan sangat menghargai waktu. Kalo tiap pagi harus digedor-gedor Mama lo atau disiram pakai air segalon baru bisa bangun, apa bedanya lo yang sekarang sama lo zaman sekolah?

2.Apakah kamu mampu hidup mandiri

Hidup sendiri, jauh dari orangtua adalah bukti dari kedewasaanmu. Kamu telah mampu mengendalikan dirimu sendiri. Kamu sudah tahu mana yang harus kamu lakukan dan mana yang tidak. Sederhananya, kamu sudah mampu bangun pagi tanpa harus dibangunkan oleh orang tuamu.

3.Apakah kamu mulai mengatur waktu buat tidur

Waktu kecil gue benci banget kalo disuruh tidur siang, penginnya main sama temen-temen. Pas kuliah, hidup gue jadi terbalik. Gue menyembah tidur siang dan gak suka tidur malem. Pas udah kerja, gue menyembah tidur, apa pun bentuknya, gimana pun caranya, dan kapan pun waktunya.

Kira-kira gitu siklus hidup manusia secara singkat dilihat dari keinginan dia untuk tidur. Ketika lo udah bisa ngatur waktu lo dengan baik, menyisakan untuk istirahat, dan nggak ngehajar semua waktu buat kesenangan lo sendiri, tanpa sadar kalo badan lo juga butuh istirahat, naaahh.. itu tanda-tanda lo udah gak mentingin ego lo sendiri. Artinya lo udah lebih dewasa. Lebih renta juga bisa sih.

4.Tidak bisa menahan diri

Kemampuan membaca situasi telah kamu kuasai, kamu tahu kapan dan di mana kamu bisa memarahi seseorang. Jika situasi tidak memungkinkan, kamu mampu mengendalikan dirimu sendiri, lalu mengutarakan keluh kesah di lain kesempatan.

Biasanya kalau masih anak anak cenderung tidak bisa menahan emosi pada saat dia marah.sebaliknya dengan orang dewasa lebih bisa  menahan emosi mereka.

5.Peduli sama kata orang

Mendengarkan kata orang boleh saja. Namun, bila Anda bersikap dewasa, Anda tidak akan terlalu menghiraukan ‘kata orang.’ Buat orang dewasa, ‘kata orang’ itu hanya bumbu untuk memperbaiki diri, bukan sesuatu yang bisa menjatuhkan Anda.

6.Kepingin diistimewakan dihari ulang tahun kamu

Banyak orang yang ngakunya udah dewasa tapi ngerasa sedih kalo orang-orang lupa sama hari ulangtahunnya. Apa lo juga ngerasain yang sama? Lo pengen banget dapat kejutan, dapat perlakuan istimewa dari semua orang di hari ulangtahun lo.

7.Selalu minta pendapat orang lain

Sikap tidak dewasa bisa ditandai dengan kebiasaan selalu meminta pendapat orang lain. Bahkan, Anda membutuhkan waktu sangat lama untuk memutuskan sesuatu karena rasa tidak percaya diri dan takut.

Tenang, sikap seperti di atas masih sering dialami oleh banyak orang. Proses kedewasaan selalu membutuhkan waktu untuk belajar yang cukup panjang. So, don’t worry!

 

Itulah hal-hal yang sering dilakukan lo padahal lo udah ngaku-ngaku dewasa. semoga informasi dari saya bermanfaat bagi anda.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Rendy Wijaya

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *