Inilah Pemahaman Tentang Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

4 min


Sistem peredaran darah merupakan hal yang penting untuk di pelajari, karena sistem peredaran darah ini berfungsi untuk menyalurkan hal penting, seperti oksigen dan nutrisi, dari jantung di alirkan ke seluruh tubuh.

Ada fungsi lain lho, peredaran darah ini juga memiliki fungsi untuk mengeluarkan zat karbon dioksida, dari proses metabolisme tubuh.

Sistem peredaran darah pada manusia terdiri atas dua kategori, yang pertama sistem peredaran darah besar, dan sistem peredaran darah kecil.

Sistem peredaran darah pada manusia

Sistem peredaran darah juga bisa disebut dengan kardiovaskular,yaitu sistem organ yang memiliki fungsi memindahkan zat ke sel dan dari sel.

Apa saja sih organ organ yang tergolong dalam sistem peredaran darah manusia ini ? berikut beberapa organn organ penting dalam tubuh yang berperan penting dalam proses peredaran darah ini. daripada penasaran mari kita simak penjelasan berikut ini:

Organ Organ Dalam Sistem peredaran darah:
1.Jantung

Yang pertama tentunya jantung, karena janntung ini berperan sangat penting dalam sistem perredarann darah pada manusia. jantung memiliki fungsi utama yaitu uuntuk memompa darah supaya bisa di alirkan ke seluruh bagian tubuh manusia.

Didalam jantung terdapat 4 macam bagian di antaranya adalah, bilik kanan, bilik kiri, serambi kanan, dan serambi kiri. keempat bagian jantung ini memiliki fungsinya sendiri sendiri dalam sistem peredaran darah besar maupun peredaran darah kecil sekalipun.

Ukuran jantung sendiri, berukuran lebih besar dari kepalan tangan yang berbobot 200-425 gram. Detak jantung orang normal berkisar 60-100 kali permenit, tapi jika orang yang memiliki tubuh yang bugar dan kuat seperti atlet, ternyata juga bisa mempunyai detak jantung kurang dari 60.

2.Pembulu darah

Pembulu darah juga organ yang berperan penting dalam proses peredaran darah manusia. pembulu darah pada manusia di bagi menjadi 2 macam, yaitu pembulu darah alteri dan pembulu darah vena. apakah pembulu darah arteri dan vena itu ?

a. Pembulu darah arteri

Pembulu darah alteri merupakan pembulu darah yang memiliki kegunaan yaitu membawa darah keluar dari jantung, baik di salurkan ke seluruh tubuh atau hanya paru paru. tapi pembulu daraharteri iini memiliki ciri khas yang menarik, yaitu darah yang di bawa oleh pembulu darah arteri ini pasti mengandung banyak oksigen.

b.Pembulu darah vena

Pembulu darah vena, merupakan kebalikan dari pembulu darah arter tersebut. pembulu darah vena ini memiliki kegunaan yaitu untuk membawa darah untuk kembali lagi ke jantung, dari paru paru atau dari seluruh tubuh. vena ini membawa masuk darah kotor yang mengandung karbon dioksida yang akan dialirkan keparu paru, dan di ganti oksigen melalui pernafasan.

3.Darah

Selain jantung komponen yang terpenting dalam peredaran darah adalah  darah ini.  darah di pecah dan di bagi menjadi 3 macam di antaranya sebagai berikut:

  1. plasma darah
  2. sel darah merah
  3. sel darah putih
  4. keping darah

Lalu bagaimana sih cara peredaran darah besa dan peredaran darah kecil, yuk langsung saja, simak rangkuman penjelasan tentang peredarann darah besar dan kecil :

plasma darah

Sistem peredaran darah:

1.Peredaran darah besar

Peredaran darah juga di sebut dengan sistematik, di awali dengan membawa oksigen di pompa ke bilik kiri dan menuju seluruh tubuh, kemudian akan di kembalikan lagi ke serambi kanan oleh vena.

2.Peredaran darah kecil

Peredaran darah kecil disebut juga pulmonal,di awali dari bilik kanan dan di alirkan ke paru paru oleh alteri, kemudian di kembalikan lagi oleh vena ke serambi kiri.

 

Sudah jelas kan mengenai sistem peredaran darah manusia, semoga artikel ini akan menambah wawasanmu, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagimu.

 

 

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Rendy Wijaya

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *