Inilah 4 Fungsi Dan Kegunaan Usus Halus Dalam Proses Pencernaan

4 min


Usus halus merupakan organ yang sangat berguna dalam proses pencernaan. usus halus atau usus kecil ini terletak di antara lambung dan usus besar. usus halus merupakan tempat untuk penyerapan nutrisi  dari makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Apa sih usus halus itu ? Usus halus merupakan bagian dari sistem pencernaan manusia. usus halus terbentuk dari otot otot dan membran yang dapat mengerut erat di dalam rongga perut. sedangkan usus halus ini memiliki panjang sekitar 6 meter dan berdiameter sekitar 2,5 cm .

Usus halus di bagi menjadi tiga, yaitu usus 12 jari, usus kosong dan usus penyerapan. sebelum kita membahas tentang fungsi fungsi usus halus, terlebih dahulu kita dalami tentang usus 12 jari, usus kosong dan usus penyerapan .

1. Usus 12 jari

Usus 12 jari ini juga biasa di sebut dengan duodenum. usus 12 jari ini terletah sete;lah lambung dan menghubungkan ke usus kosong. sedangkan fungsi usus 12 jari ini adalah menyalurkan makanan ke usus halus, usus 12 jari ini dapat memproduksi lendir, sehingga usus 12 jari ini akan mudah menyalurkan makanan ke usus halus.

Usus 12 jari ini terbuat dan tersusun atas lapisan lapisan yang sangat tipis dan membentuk mokusa otot. makanya orang sangat di larang untk mengomsumsi makanan makanan dan minuman yang berbau tajam, seperti minuman bir, malaga dan lain sebagainya sangat di larang oleh dokter untuk mengomsumsinya karena dapat membahayakan usus ini.

2.Usus kosong

Yang kedua adalah usus kosong, usus kosong atau yang biasa di sebut jejunum memiliki keunikan yang tersendiri, usus kosong ini memiliki panjang sekitar 1-2 meter. usus kosong ini terletak diantara usus 12 jari dan usus penyerapan.

Terletak di tengah, usus kosong ini memiliki keunikan dan keuntungan tersendiri, yaitu dapat menyalurkan makanan dari usus 12 jari ke usus penyerapamn.

3.Usus penyerapan

Dan yang terakhir adalah usus penyerapan atau usus ileum. sesuai dengan namanya, usus penyerapan ini di fungsikan untuk menyerap nutrisi nutrisi yang ada terbawa oleh makanan.

Usus penyerapan ini memiliki panjang sekitar 2-3 meter. namun terdapat keistimewaan dari usus penyerapan ini, yaitu memiliki lekukan atau lipata lipatan yang di sebut dengan jonjot jonjot.

Setelah kita mempelajari macam – macam usus, mari kita bahas mengenai fungsi fungsi usus itu sendiri.

Fungsi – Fungsi usus halus dalam proses pencernaan :
1.Penyerapan nutrisi

Yang pertama tentunya adalah untuk penyerapan nutrisi. seperti yang telah anda ketahui fungsi usus halus yaitu untuk penyerapan nutrisi.

Nutrisi yang telah di serap akan segera mungkin di salurkan ke seluruh tubuh, jika makanan yang anda komsumsi mengandung racun, maka racun tersebut akan di serap oleh usus halus, kemudian akan di salurkan ke seluruh tubuh .

2.Penetralan makanan

Fungsi usus halus selanjutnya adalah untuk penetralan makanan, di dalam usus 12 jari, peningkatan ph makanan, jadi lebih teliti untuk menetralkan makanan. makanan yang mengandung asam pun akan di netralkan . sehingga setelah melewati usus halus ini makanan yang kita komsumsi sudah tidak ada rasanya sama sekali.

3.Dapat menghasilkan zat penting untuk tubuh

Didalam usus halus terdapat 2 saluran, yaitu saluran menuju empedu dan pankreas. saluran empedu ini akan menyalurkan cairan empedu dalam bentuk emulasi, kemudian pankreas memecahkan beberapa zat seperti lemak dan lain sebagainya.

zat zat yang memecah karbohidrat, lemak, protein akan di bentuk menjadi senyawa yang lebih sederhana, kemudian akan di salurklan ke seluruh bagian tubuh.

4.Berperan sebagai imunitas

Selain menyerap makanan, usus halus ini juga berperan sebagai imunitas lho, adanya flora di dalam tubuh, akan memberikan kontribusi positif ke dalam tubuh, oleh karena itu struktur ini, sangat berperan penting sebagai imunitas tubuh kita.

 

Itulah beberpa fungsi fungsi usus halus yang perlua anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi temen temen. sekian dan terima kasih.

 

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Rendy Wijaya

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *