Beberapa Kelebihan Orang Kidal Yang Luar Biasa

5 min


Kidal adalah individu yang lebih cenderung menggunakan tangan kiri untuk melakukan berbagai tugasan. 15 % populasi di dunia ini adalah manusia yang kidal (left handed). Hubungan kidal dengan otak secara alami lebih menguasai otak di sebelah kanan.

Ini karena otak kita berfungsi menyongsong otak kita di sebelah kiri dan menguasai bagian tubuh di sebelah kanan dan otak sebelah kanan pula menguasai bagian tubuh di sebelah kiri. Otak sebelah kiri (cenderung menggunakan tangan kanan) menguasai matematik, bahasa, membaca, tulisan, logika, urutan, sistematis, analitis sains. Otak sebelah kanan (cenderung menggunakan tangan kiri) menguasai kreativitas, konseptual, inovasi, gagasan, gambar, warna, musik, irama, melodi, mimpi, imajinasi, seni, tanggapan, emosi dan kebijaksanaan. Dengan penguasaan otak ini dikatakan individu kidal lebih bijak dari segi kreativitas dan seni berbanding bagi mereka yang menggunakan tangan kanan.

seseorang sedang menulis dengan mengunakan tangan kiri

Sepuluh persen dari total penduduk dunia adalah orang kidal. Sebagai kaum minoritas dalam dunia mainstream, mereka harus hidup menyesuaikan diri.

Masyarakat pada umumnya, memandang mereka yang memiliki tangan kidal bukan berarti dianggap memiliki kelainan, melainkan dimata mereka, orang-orang kidal itu tergolong unik. Bahkan tidak sedikit juga yang malah keliru menganggap mereka begitu spesial dan memuja-mujanya. Memang sih, bukan hanya saya sendiri yang memuji keunikan mereka, pasti semua orang juga, sebab bagi Anda yang terbiasa memakai tangan kanan sudah bisa membayangkan, bagaimana susahnya menggunakan gunting dengan tangan kiri, membuka penutup kaleng, atau selalu terkena tinta ketika sedang menulis. Tapi, mereka bisa melakukan itu semua, luar biasa!

Inilah beberapa fakta unik tentang anak kidal itu.kadangan fakta ini tidak terdug aoleh kita sendiri:

1.Orang kidal cenderung lebih cerdas dalam beberapa hal

Orang kidal belum tentu lebih pintar daripada rekan-rekan mereka yang biasa memakai tangan kanan, tetapi mereka memiliki keuntungan yang berbeda dalam beberapa jenis kecerdasan. Misalnya, orang kidal biasanya memiliki skor yang lebih tinggi daripada rekan-rekan tangan kanan mereka dalam keterampilan spasial, kemampuan untuk memproses beberapa potongan informasi sekaligus dan menyesuaikan diri dengan cara berpikir yang baru, serta kemampuan untuk menciptakan ide-ide yang baru dengan melihat berbagai hasil yang mungkin.

2.Orang kidal lebih cepat beradaptasi dengan teknologi modern

dunia modern menjadi ‘lebih berpihak’ pada kalangan yang tangan kirinya lebih aktif ini. Keyboard komputer disusun dengan sistem QWERTY. 56 Persen penekanan tombol dibuat dengan lebih menitikberatkan pada penggunaan tangan kiri. Selain itu 3.000 kata dalam bahasa Inggris dapat diketik seluruhnya dengan tangan kiri, dan hanya 300 kata yang sepenuhnya diketik dengan tangan kanan.

Keadaan inilah yang menjadi penyebab orang kidal lebih cepat beradaptasi dengan teknologi yang modern ketimbang orang biasa pada umumnya.

3.Orang kidal memiliki kemungkinan lebih jenius

Orang kidal memiliki kemungkinan lebih besar untuk mejadi jenius. 20% dari jumlah anggota organisasi MENSA, sebuah organisasi untuk orang-orang dengan IQtertinggi sedunia, dilaporkan kidal.

4.Orang kidal lebih cepat dan kreatif

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa orang Kidal lebih cepat dan kreatif karena menggunakan kedua belahan otaknya, berbeda dengan orang yang terbiasa menggunakan tangan kanan yang hanya menggunakan otak kiri. Kedua belahan otak sebenarnya hampir sama, dan sebagian besar untuk memproses informasi yang sama, dengan data lewat bolak-balik di antara keduanya terutama melalui jalur saraf utama. Namun, tugas-tugas tertentu, seperti pengolahan bahasa, cenderung terjadi pada satu belahan saja. Bagi kebanyakan orang, pengolahan bahasa terjadi di bagian kiri. Untuk orang kidal, tugas-tugas tersebut mungkin terjadi di kedua belahan otak.

5.Lebih cepat untuk menulis bahasa arab

untuk menulis bahasa arab tangan kidal lebih unggul dibanding tangan kanan,karena alur menulis bahasa arab dari kanan kekiri.keadaan ini akan memepermudah orang kidal untuk menulisnya.dan biasanya yang menggunakann tangan kanan cenderung lebih lama untuk menulis bahasa arab.

6.bisa melakukan dua hal sekaligusdan

Orang kidal menggunakan dua otaknya untuk melakukan suatu hal, jadi untuk melakukan dua hal bisa di kerjakan dengan cepat dan lebih efesien.

Itulahh beberapa kelebihan orang kidal yang luar biasa dan tak terduga oleh kita sendiri. jadi jika anda kidal janganlah engkau malu dengan apa yang kamu miliki tetapi tetapp bersyukurlah kepada allahh SWT.

Tapi satu hal yang sobat harus ingat jika sobat adalah salah satu orang kidal, jangan dipaksakan untuk menggunakan tangan kanan, karena dapat menyebabkan hal yang buruk baik secara psikologis maupun prestasi, hal ini pernah dialami oleh Raja Inggris King George VI yang jadi gagap dan dyselexia karena dipaksa menggunakan tangan kanan.

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan semogga bermanfaat !

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Rendy Wijaya

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *