Apakah bayi berumur 10 bulan boleh memakan nasi

2 min


Saat usia 6 bulan, bayi diharuskan untuk menerima makanan pendamping sebagai tambahan ASI. Hal ini dikarenakan pada usia 6 bulan kebutuhan gizi bayi bertambah sehingga tidak dapat dipenuhi oleh ASI saja. Selain itu, pada usia tersebut juga bayi sudah mulai dapat mengkoordinasikan gerakan lidah dan mulut sehingga bisa menelan makanan yang lebih padat.

seorang ibu yang sedang menyuapi bayinya

Anda mungkin memikirkan untuk mulai mengganti makanan anak dari makanan baby ke nasi dan lauk.tetapi  keputusan tersebut sudah pasti akan menimbulkan dilema, terkait apakah memang itu aman atau tidak?

Tetapi untuk memberi makan bayi pikirkanlah terlebih dahulu apakah ada dampak negatif yang dapat timbul terutama usia bayi yang masih dibawahh 1 tahun.

sebaiknya jika anak anda belum genap satu tahun,saya sarankan agar tidak memberikan nasi terlebih dahulu,tetapi jika anda ingin anak anda makan-makanan yang lain berilah makan-makanan yang lembek.karena pemberian nasi pada saat bayi belum berusia satu tahun akan memberikan efek samping pada bayi anda sendiri.

Berikut dampak negatif pemberian nasi pada bayi yang usianya belum genap 1 tahun :

  • Bayi tersedak

Dengan tektur yang masih kasar, bayi tersedak merupakan efek samping pertama yang bisa saja terjadi ketika bayi diberi nasi. Kondisi tersedak harus diwaspadai karena dapat menyebabkan bayi mengalami kesusahan dalam bernafas yang memiliki resiko sangat berbahaya. Kondisi tersedak ini terjadi karena bayi pada usia yang masih muda belum memiliki refleks yang sempurna.

  • Infeksi pada saluran pencernaan

Makanan padat yang diberikan dalam waktu tidak tepat, salah satunya nasi, dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi pada saluran pencernaan bayi. Hal ini dikarenakan antibodi atau sistem imunitas pada bayi yang belum terbentuk secara sempurna sehingga sangat rentan mengalami infeksi.

  • Resiko malnutisi yang lebih besar

Pemberian makanan padat pada bayi sebelum waktunya dapat beresiko bayi mengalami kelebihan maupun kekurangan nutrisi gizi. karena bayi pada saat itu masih polos dan belum mengicipi berbagai macam-gizi-gizi .dan bayi hanya dapat mengandalkan ASI saja.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Rendy Wijaya

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *