8 Kesalahan Saat Belanja Yang Patut Untuk Dihindari

4 min


Belanja, belanja, belanja! Siapa sih yang nggak merasa asyik ketika belanja? Pasti banyak banget yang pengin dibeli nih pas belanja. Mulai dari makanan berat, makanan siap saji hingga berbagai macam snack.

Berbelanja tentu merupakan suatu hal yang lumrah dijalani. Kamu tentu sah-sah saja untuk menghabiskan uang hasil jerih payah untuk membeli barang yang sangat diinginkan. Namun kamu juga perlu waspada. Jika tak bisa mengontrol nafsu berbelanja, bisa-bisa uangmu habis tak bersisa.

salah memilih barang

Yups, kesalahan yang selalu sobat lakuin tiap kali belanja terutama belanja kebutuhan sehari-hari di supermarket. Kalo sobat  masih tetep ngeyel dan nggak ngerasa bersalah, P! coba lihat beberapa kesalahan dibawah ini:

1.Tidak mengecek harga

Ini nih kesalahan yang sering banget dilakuin orang saat belanja. Apalagi belanjanya buru-buru. Kemungkinan besar buat asal ambil barang tanpa lihat harga tuh gede banget. Lain kali kalo belanja, lo harus tenang dan teliti. Pastikan harganya cocok di kantong.

2.Belum menyiapkan daftar belanjaan

Ini nih, ke supermarket tanpa tujuan. Beuh, pasti banyak banget yang diambil secara random. Mending persiapin dulu daftar belanjaan yang benar-benar kamu butuhkan. Sehingga kamu gak asal ambil dan dapat mengira-ngira seberapa banyak kamu membutuhkan barang tersebut.

3.Tergiur dengan diskon atau promo

memberikann diskon

Mungkin hal ini terlihat bisa menghemat pengeluaran, padahal jika tidak tepat sama saja ini adalah pemborosan. Misalnya saat ini kamu sedang butuh sabun mandi, sementara sedang ada promo atau diskon baju. Jika mengikuti keinginan untuk membeli baju karena tergiur diskon, sama saja kamu boros karena sebenarnya kamu membeli barang yang gak dibutuhkan.

4.Nggak beli barang tetapi malah beli merek

Barangnya sama, mereknya beda, harganya bakal beda juga. Biasanya harga barang yang mereknya lebih terkenal dan sering nongol di iklan TV bakal lebih mahal. Padahal fungsinya sama loh. Kalo lo mau hemat, mendingan pilih yang leih murah aja. Toh gunanya sama aja.

5. Jangan terjebak dengan tulisan ‘rendah kalori’ atau ‘rendah lemak’

Biasanya beli makanan atau minuman rendah lemak kan? Kamu perlu tahu, biasanya makanan atau minuman yang memiliki tulisan rendah lemak atau rendah kalori itu akan digantikan dengan penambahan bahan lain dan biasanya gula.

Perhatikan lagi, ada gak tulisan less sugar? Kalau mau aman, mending beli snack yang lebih banyak mengandung protein atau serat tinggi deh!

6.Lebih menuruti keinginan daripada kebutuhan

Selalu ikuti kebutuhan bukan keinginan. Jadi sebisa mungkin belilah barang yang memang sesuai dengan kebutuhanmu saat ini. Membeli barang yang sesuai keinginan hanya akan memuaskanmu sementara, setelah itu kamu bakal merasa menyesal karena ternyata tak terlalu membutuhkan barang tersebut.

7.Beli buah yang udah dipotong

buah yanag sudah dipotong

Seringkali orang lebih suka beli buah yang udah dikupas dan dipotong. Harganya pasti lebih mahal dari yang masih utuh. Padahal kalo difikir-fikir, ngupas buah tuh nggak butuh banyak energi dan waktu loh. Daripada buang-buang uang, mendingan ngupas sendiri aja. Kebersihannya juga lebih terjaga.

8.Dalam memilih barang

memilih barang

Ada trik dalam ngambil barang. Kalo lo nggak mau rugi, pastikan lo ngambil barang yang ditata di belakang. Biasanya barang dipajang paling depan adalah barang yang udah mau kedaluwarsa atau yang tanggal kedaluwarsanya duluan. Kalo lo ambil yang paling belakang, lo bisa nyimpan barang itu lebih lama di rumah.

 

Itulah beberapa kesalahan yang biasa ibu-ibu lakukan pada saat belanja .apakah sobat pernah melakukan kesalahan-kesalahan diatas. kalau begitu mulai dari sekarang hindarilah kesalahan-kesalahan dalam berbelanja.berbelanjalah dengan baik,semoga tips yang saya berikan sanggat berguna dan bermanfaat !

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Rendy Wijaya

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *