7 Fungsi Protein Bagi Tubuh

4 min


Apakah anda sudah mengenali yang namanya protein, yap tentunya protein itu adalah zat yang paling melimpah dan terdapat di dalam tubuh kita. tubuh manusia memproduksi protein dalam bentuk bermacama macam, dan seringkali memanfaatkan sumber sumber sumber makanan yang mengandung protein tinggi.

Dan ternyata protein memiliki fungsi yang penting lho untuk tubuh kita. dan tentunya fungsi protein dapat kita temui di kegiatan sehari sehari kita.

Apa saja sih fungsi- fungsi protein untuk tubuh kita, mari simak penjelasan berikut ini :

1.Perbaikan dan perawatan

Yap fungsi utama protein dalam tubuh adalah untuk perbaikan sel sel yang telah mati. protein ini memang sangat ampuh dalam hal perbaikan, baik perbaikan sel rambut, kulit, mta, otot dan lain sebagainya.

Protein ini sangat di butuhkan oleh seseorang untuk kelangsungan hidupnya . mengapa ? ya karena setiap hari banyak sel sel yang terdapat di dalam tubuh kita itu mati, itulah alasan mengapa kita harus banyak banyak makan- makanan 6yang mengandung protein, dan budayakan makan makanan yang seimbang.

Dan terutama untuk anak anak, harus memperbanyak makan makanan yang mengandung kadar protein tinggi.

2.Sebagai sumber energi

Selain karbohidrat ternyata protein juga bisa menjadi sumber energi lho temen temen, protein ini juga hampir mirip dengan karbohidrat, jika kita mengomsumsi makanan yang memiliki kadar protein dalam jumlah yang banyak, maka otomatis protein tersebut akan di alihkan dan terbuatlah di sana lemak.

Lemak inilah yang menjadi cadangan makanan kita, ketika kita tidak memberi asupan ke tubuh kita.

3.Pembentukan Enzim

protein ternyata juga bermanfaat sekali dalam hal enzim lho ! enzim enzim dalam tubuh kita di bentuk oleh beberapa hal, salah satunya ya dengan protein ini. dengan kebutuhan enzim yang telah terpenuhi di dalam tubuh, maka laju pencernaan dalam tubuh kita akan berjalan dengan lancar.

Banyak enzim enzim yang terdapat di tubuh kita salah satunya di mulut, di lambung, pankreas, usus besar dan lain sebagainya.

4.Pembentukan hormon

Fungsi protein selanjtnya adalah pembentukan hormon, pembentukan hormon ini sangat sering terjadi dan di pengaruhi oleh kadar protein yang ada di dalam tubuh kita.

secretin adalah salah satu jenis hormon yang terbentuk dari protein.secretin berfungsi sekali dalam proses pencernaan di dalam tubuh kita, secretin ini di bentuk oleh adanya protein. jadi dalam pembentukan hormon protein merupakan salah satu hal yang penting dan tidak dapat di lupakan lagi.

5.Antibodi

Protein antibodi sangat bermanfaat sekali, karena dapat melindungi tubuh dari mikro organisme patogen. antibodi ini terbentuk oleh adanya protein dalam tubuh kita.  protein ini membantu zat anti bodi mengurung virus yang menyerang tubuh kita, sampai pada akhirnya virus ini akan di musnahkan oleh sel darh putih.

6.Membantu metabolisme tubuh

Tahukah anda bahwa metabolisme tubuh di bantu oleh protein lho ! protein ini di gunakan untuk mensterilkan ( menyeimbangkan) kadar asam dan basa sehingga mencitakan kestabilan PH dalam cairan tubuh manusia. itulah mengapa kita sangat perlu sekali mengomsumsi protein setiap hari, supaya metabolisme kita juga lancar.

7.Memfasilitasi reaksi kimia

biasanya perotein ini dapat mengikat homoglobin, dan mengankut oksigen dari dlam darah. terjadi reaksi maka hemoglobinlah yang melepas oksigen ke sel jaringan tubuh manusi.

 

Itulah beberapa fungsi fungsi utama dari protein . semoga apa yang saya sampaikan ini sangat bermanfaat bagi temen temen semua ya !

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Rendy Wijaya

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *