5 Trik Jitu Cara Mengetik Dengan Cepat

4 min


Mengetik di perangkat PC atau laptop saat ini sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Namun masih sedikit orang yang mampu menulis di keyboard dengan cepat dan benar menggunakan 10 jari. Cara mengetik 10 jari memang agak susah untuk diterapkan apabila kita sudah terbiasa mengetik dengan menggunakan 2 jari saja.

mengetik cepat

Jika Anda mencari-cari dan melirik tombol huruf saat sedang mengetik, kecepatan mengetik Anda pastilah buruk. Untuk mengetik dengan cepat, Anda harus mempelajari teknik yang tepat. Mengetik dengan sentuhan adalah teknik mengetik yang mengharuskan Anda mengetik menggunakan perasaan bukan dengan mencari-cari tombol huruf dengan penglihatan. Dengan melakukan latihan dan mengikuti beberapa trik, Anda akan dapat menggunakan teknik ini untuk mengetik dengan sangat cepat.

Berikut triknya saya rangkum dalam panduan berikut :

1.Beli papan ketik (keyword) yang bagus

Inilah kerangka dasarr orang mengetik dengan cepat.

Beberapa orang menyukai rasa papan ketik laptop sementara yang lain senang menekan tombol yang besar. Bila mementingkan angka, mungkin Anda perlu membeli papan ketik yang memiliki bantalan angka – tidak semua laptop memilikinya.

2.Posisi dan pengaturan fungsi jari tangan

Perhatian kita di sini adalah apa tugas atau fungsi dari tiap jari yang kita miliki, dan agar mudah penjelasannya kami akan memetakan pada dua bagian, yakni jari kiri dan kanan. Manakala ada satu jari saja yang tidak digunakan sebagaimana tugasnya maka tentu tips yang anda pelajari ini tidak sempurna, apalagi jika sudah terbiasa tentu akan sulit dirubah.

3.Mengetik dengan menggunakan 10 jari

Anda harus mulai mengetik dengan menggunakan 10 jari. Jika Anda melihat atau meraba keyboard dengan seksama, maka Anda akan melihat tonjolan kecil di atas huruf F dan juga J. kedua tonjolan tersebut berfungsi untuk membantu Anda menempatkan jari secara tepat di atas keyboard tanpa perlu melihatnya.

4.Posisi badan pada saat mengetik

Kini saatnya memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan, yaitu mengamankan posisi badan dari hal-hal yang tidak diinginkan manakala sedang belajar mengtik tersebut. Yaitu posisi badan yang semestinya pada saat mengetik.dan juga mengetik dengan badan dalam keadaan santai akan  lebih lama dibandingkan badan dalam kondisi sipa.

posisi duduk yang tepat

Mengatur cara duduk yang benar pada saat sedang mengetik juga dapat membantu Anda dalam melatih mengetik dengan 10 jari lebih efektif dan tidak membuat Anda sakit. Dengan cara duduk yang benar tentu saja membuat Anda akan lebih mudah mengetik dengan menggunakan 10 jari.

5.Aplikasi untuk belajar mengetik dengan 10 jari

Solusi lain jika ingin lancar mengetik dengan semua jari maka Anda bisa menggunakan aplikasi atau software yang banyak dipakai para pemula. Tujuan utamanya adalah untuk latihan dan mengulang-ulang semua fungsi tombol agar bisa menguasai letaknya tanpa harus melihat lagi. Saran saya gunakan yang simple dan mudah pengoperasiannya serta tidak memakan banyak space pada komputer PC Anda. Umumnya dalam pemakaian Apk semacam ini ada semacam tantangan yang harus dilakukan dan terkadang juga dibuat bertingkat atau ber-level untuk menguji sudah seberapa mahir anda dari praktek yang sudah lakukan sebelumnya.

6.Tambatkan diri anda pada komputer

Singkirkan telepon genggam dan iPad, mulailah mengirim email lewat komputer. Bila Anda tidak sering berkirim email, mulailah berkirim pesan Facebook dengan beberapa teman lama. Ini akan memberi Anda lebih banyak latihan. Dengan mengetik sedikit setiap hari, Anda akan bisa mengembangkan stamina untuk mengetik dengan cepat.

 

Itulah beberapa trik yang paling jitu untuk mengetik dengan cepat sesuai pengalaman dari saya.semoga bermanfaat dann selamat mencoba!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Rendy Wijaya

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *