Waspadai Bronkitis Kronis. Di Tandai Dengan Batuk Lama Yang Tak Kunjung Sembuh
Waspadai Bronkitis Kronis. Di Tandai Dengan Batuk Lama Yang Tak Kunjung Sembuh

Waspadai Bronkitis Kronis. Di Tandai Dengan Batuk Lama Yang Tak Kunjung Sembuh

Diposting pada

Bronkitis kronis merupakan suatu penyakit dari perkembangan Bronkitis yang tidak dalam penanganan dengan tepat atau bahkan tanpa adanya penanganan sama sekali. Bronkitis kronis ini merupakan suatu kondisi seseorang yang mengalami peradangan pada salah satu bagian dari paru-paru yaitu bronkial.

Bronkial ini sendiri merupakan suatu saluran pernapasan yang membawa udara ke paru-paru. Tentu saja jika saluran ini mengalami masalah berupa peradangan tentu saja akan menimbulkan gejala, dan gejala yang paling umum di temui pada pasien dengan Bronkitis kronis ini adalah adanya batuk yang sulit sekali untuk di sembuhkan. Batuk ini pula kadang di iringi dengan adanya landir tebal di dalamnya.

Bronkitis Kronis

Selain kemunculan lendir ketika anda sedang batuk, terkadang pada pasien Bronkitis kronis ini juga mengeluhkan sesak napas. Pada kebanyakan kasus yang terjadi, Bronkitis kronis ini dapat terjadi pada usia berapapun namun lebih kebanyakn menyerang pada seorang wanita ketimbang pria.

Tanda-tanda & gejala Bronkitis Kronis

Untuk tanda-tanda dan gejala yang umum terjadi pada seseorng yang mengidap Bronkitis kronis, biasanya akan menunjukkan beberapa gejala, diantaranya:

  • Mengalami batuk
  • Keluar yang bersamaan dengan batuk lendir putih, abu-abu-kuning atau hijau
  • Mengalami kelelahan
  • Mengalami sesak napas
  • Mengalami demam ringan dan kedinginan
  • Mengalami rasa tidak nyaman pada dada

selain beberapa geja umum di atas, terdapat pula beberap gejala yang belum di sebutkan yang mungkin juga di alami oleh seseoran dengan penyakit Bronkitis kronis. Jika anda mengalami masalah itu, segeralah lakukan konsultasi kepada dokter terdekat guna mendapatkan penanganan yang baik dan tepat agar tidak sampai menyebabkan masalah yang lebih serius dan mengancam jiwa anda.

Penyebab Bronkitis Kronis

Penyebab umum terjadinya penyakit Bronkitis kronis ini paling sering di sebabkan oleh adanya virus. Yang perlua anda ketahui bahwa virus ini jugalah yang menyebabkan anda mengalami pilek dan juga flu.

Jika anda sudah terdeteksi mengalami Bronkitis kronis, mengobatinya dengan antibiotik bukanlah suatu solusi, karena pada padarnya antibiotik ini tidak dapat membunuh virus jenis tersebut, jadi bisa di katakan sia-sia.

Selain itu ada penyebab lain dari masalah Bronkitis kronis ini, seperti:

  • Merokok
  • Adanya Polusi udara dan debu
  • gas beracun di lingkungan tempat kerja anda

Faktor-faktor risiko Bronkitis Kronis

Faktor-faktor risiko Bronkitis Kronis

Ada banyak faktor yang menimbulkan penyakit pernapasan terutama pada kasus Bronkitis kronis ini. di bawah ini kami sajikan beberapa faktor-faktor resiko yang memungkinkan seseorang untuk retan mengalami Bronkitis kronis.

Diantara faktor-faktor resiko ini adalah:

  • Asap rokok. Baik orang yang merokok maupun perokok pasif
  • Sistem imun anda rendah. Biasanya paling sering terlihat pada Orang lanjut usia, bayi, dan anak-anak
  • Sering terpapar terhadap iritan di tempat kerja. Jika anda bekerja pada tempat biji-bijian atau tekstil, atau terpapar uap kimia.
  • Seseorang yang mengalami Refluks asam lambung yaitu sebuah Serangan heartburn kambuhan

Pengobatan di rumah Bronkitis Kronis

Pengobatan rumah ini di tujukan agar anda melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dengan kebiasaan-kebiasaan atau rutinitas sehari-hari anda di rumah, dan jangan lupa untuk tidak meninggalkan saran dan beberapa anjuran yang telah di sampaikan dokter. Dengan kebiasaan dan tetap menjaga anjuran dari dokter ini, anda diharapkan dapat terbebas dan mengatasi masalah Bronkitis kronis dengan mudah.

Dintara perubahan gaya hidup yang bisa anda terapkan di rumah guna mengatasi Bronkitis kronis adalah:

  • Jangan merokok atau jika anda seorang perokok, segera hentikan kebiasaan anda
  • Jangan lupa untuk selalu mengenakan masker saat udara tercemar atau jika saat anda di tuntut bekerja yang berhadapan dengan zat iritan, seperti mengecat atau membersihkan rumah tangga dengan usap yang kuat.
  • Ciptakan udara hangat dengan menggunakan humidifier. Karena Udara hangat dan lembab dapat membantu meredakan batuk dan mengencerkan lendir di saluran pernapasan.
  • Jangan lupa pula untuk kenakan masker sebelum Anda pergi keluar jika udara di tempat tinggal anda dingin. Karena dapat memperburuk batuk dan menyebabkan sesak napas anda.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *