Varises Esofagus: Gejala, Penyebab, faktor resiko dan juga pengbotan yang bisa anda lakukan di rumah

Diposting pada

Penyakit jenis ini banyak di alami terutama bagi yang sudah terkena penyakit pada organ hati. Karena dalam penertian penyakit Varises Esofagus ini adalah suatu penyumbatan pada aliran hati yang di sebabkan terjadinya luka padan hati tersebut. Atau di karenakan adanya pembengkakan pembuluh darah yang melebihi batas yang di mana pembuluh darah ini adalah menghubungkan antara kerongkongan dan lambung.

Tanda-tanda & gejala

Penyakit Varises esofagus  ini kebanyakan dengan muncul nya  gejala yang langsung merujuk pada terjadinya  perdarahan.

Tanda-tanda & gejala Varises Esofagus

Selain itu gejala dari perdarahan varises esofagus diantaranya adalah:

  • Jumlah darah yang signifikan pada saat terjadi muntahan
  • Feses memiliki warna gelap dan juga di sertai darah
  • Kepala Pusing
  • Sering Kehilangan kesadaran (namun pada kasus yang sudah parah)
  • Merupakan Gejala dari penyakit hati kronis seperti menguningnya pada bagian kulit dan mata, mudah berdarah atau memar, dan juga terjadinya penumpukkan cairan pada perut.

Penyebab

Untuk penyebab dari penyakit varises esofagus tentunya berbagai macam diantranya kami sajikan kepada anda di bawah ini:

Sirosis atau terjadinya  Luka parah pada organ hati. Munculnya Beberapa penyakit hati – termasuk gangguan saluran empedu yang disebut sirosis empedu primer  , penyakit hati alkoholik, penyakit hati berlemak dan juga infeksi hepatitis.

trombosis atau Pembekuan darah . terjadinya Pembekuan darah pada pembuluh darah yang paling inti.

Akibat Infeksi parasitis. Parasit  Schistosomiasis adalah jenis infeksi parasit yang terdapat di bagian Asia Tenggara, Amerika Selatan, Karibia, Timur Tengah dan Afrika. Jenis Parasit ini dapat merusak kemih , paru-paru, usus dan tentunya hati.

Faktor-faktor risiko

Anda nampak nya juga harus tahu hal-hal apa saja yang menjadikan penykit ini dapat menyerang anda .

Diantara banyak faktor yang membuat seseorang lebih berisiko terkena varises esofagus, beberapa diantaranya adalah:

  • pada pembuluh darah portal terjadi Tekanan tinggi
  • Varise syang besar
  • pada varises terdapat Tanda merah
  • gagal hati atau  Sirosis parah
  • jika anda menggunaan alkohol secara berkepanjangan.

Obat & Pengobatan

Apabila  Anda termasuk memiliki sirosis, dokter akan mencari varises esofagus ini saat mendiagnosis anda. dinataranya seperti Seberapa sering Anda melakukan tes tergantung pada kondisi kesehatan organ hati anda . beberapa  Tes utama yang digunakan untuk mendiagnosis varises esofagus apakah terjangkit pada anda atau tidak adalah:

Obat & Pengobatan Varises Esofagus

  • melalui Pemeriksaan endoskopi. Biasanya pemeriksaan endoskopi ini di lakukan oleh Dokter guna melihat pembuluh darah yang melebar pada pebuluh darah anda ,dengan cara  mengukurnya dan memeriksa adanya garis dan bintik merah atau bercak merah, yang biasanya dari kedua tanda tersebut sebagai  indikasi risiko perdarahan yang signifikan.
  • Penggunakan Endoskopi kapsul. Cara ini di lakukan untuk orang yang tidak mau melakukan pemeriksaan endoskopi secara langsung seperti diatas.

Pengobatan di rumah

Beberapa pengobatan rumah ini tentunya sangat cocok bagi anda yang ingin terhindar maupun untuk mengurangi bahaya akan penyakit bahaya ini masuk kedalam tubuh anda.

Diantara langkah-langah yang bisa anda coba adalah:

  1. Jangan mengonsumsi alkohol atau minuman sejenis . kebanykan Orang dengan penyakit hati sanagat disarankan untuk berhenti mengonsumsi alkohol, karena hati adalah salah satu organ terberat saat anda mengkonsumsi alkohol. Meminum alkohol dapat membebani hati yang sudah bekerja dengan tidak baik apalagi anda sudah terajangkit akan masalah hati lainnya.
  2. Cobalah untuk pola makan yang sehat. Pilihlah beberapa makanan dengan banyak buah dan sayuran.atau juga bisa Pilihlah gandum utuh dan sumber protein tanpa lemak.dan jangan lupa  Kurangi asupan makanan berlemak dan gorengan karena di dalamnya mengandung lemak yang sangat tidak baik bagi tubuh anda.
  3. Jaga berat badan anda. dalam kondisi Kelebihan berat badan tentunya lemak tubuh dapat membahayakan hati. Obesitas adalah suatu kondisi yang menyebabkan berbagai  risiko komplikasi sirosis yang lebih besar. Cobalah untuk mengurangi berat badan jika Anda obesitas atau kelebihan berat badan secara abnormal.
  4. Gunakan zat kimia dengan baik dan benar . Ikuti petunjuk yang terdapat pada kemasan zat kimia untuk rumah tangga, seperti zat kimia yang berguna sebagai pembersih dan semprotan serangga.
  5. Langkah terakhir adalah Kurangi risiko hepatitis. Lindungi diri Anda dengan menjauhi seks bebas atau menggunakan pengaman Jangan lupa juga  Tanyakan pada dokter apakah Anda harus divaksinasi untuk hepatitis B dan hepatitis A.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *