Tuberkulosis TB Milier Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasinya
Tuberkulosis TB Milier Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Tuberkulosis (TB) Milier : Gejala, Penyebab. Dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Tuberkulosis (TB) milier merupakan jenis penyakit yang masaih masuk dalam kategori penyakit paru-paru lainnya seperti TBC dan lain-lannya. Adanya penyakit ini biasanya dapat di ketahui melalui adanya persebaran bakteri jenis Mycobacterium tuberculosis pada tubuh anda dengan ukuran luka sekitar 1-5 mm saja.

Penyakit TB milier dapat mempengaruhi organ apapun seperti diantaranya  paru-paru, hati, dan kelenjar getah bening. Perlu anda ketahui kata “milier” ini di ambil dari bercak-bercak merah yang biasanya menjadi tanda dari penyakit ini. di karenakan bercak tersebut mirip dengan biji millet maka dari itu tersebutlah kata milier.

Tanda-tanda & gejala Tuberkulosis (TB) Milier

Tanda-tanda & gejala Tuberkulosis (TB) Milier

Tanda-tanda dan gejala tuberkulosis milier seringkali menunjukkan gejala yang tidak begitu spesifik seperti munculny batuk dan juga terjadi pembesaran kelenjar getah bening.

Namun dari beberapa gejala di atas TB milier juga biasanya disertai dengan gejala-gejala sebagai berikut daintaranya adalah:

  • hepatomegali Pembesaran hati atau (40%)
  • Peradangan pankreas sekitar (<5%)
  • Mengalami Disfungsi berbagai organ dengan insufisiensi adreanal
  • TB milier terkadang juga dapat disertai dengan pneumothorax unilateral atau bilateral
  • Tekstur feses anda juga dapat menyerupai kondisi diare

Penyebab

TB milier merupakan jenis penyakit yang di sebabkan oleh bakteri yang berkembang biak secara luas. Jenis bakteri ini adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis yang berkembang luas melalui peredaran darah atau dalam istilah medis nya di sebut dengan hematogenous spread

para ahli menyatakan bahwasannya Salah satu dugaan terjadinya penyakit ini adalah adalah infeksi tuberkulosis pada paru-paru yang mengakibatkan erosi pada lapisan epithelial pada sel alveolar dan kemudian penyebaran infeksi pada pembuluh darah paru-paru anda.

seletah proses tersebut Begitu bakteri mencapai bagian kiri jantung kemudian bakteri-bakteri tersebut akan memasuki peredaran sistemik,kemudian bakteri dapat berkembang dan mempengaruhi organ selain paru-paru seperti hati dan linnya. Ketika anda sudah dalam keadaan  terinfeksi, respon imun dari sel-sel tubuh anda akan teraktivasi. Jika Area yang terinfeksi dikelilingi oleh makrofag, yang membentuk granuloma, memberikan tampilan tipikal dari TB milier tersebut.

Dari beberapa proses diatas kemudian Bakteri akan  menyerang lapisan sel alveoli dan memasuki kelenjar limpa anda. selain itu masalah akan timbul lagi dikarenakan Bakteri kemudian masuk ke dalam pembuluh darah sistemik dan mencapai bagian kanan jantung anda. setelah Dari bagian kanan jantung, bakteri akan menjangkiti paru-paru anda dan yang terakhir akan menyebabkan tampilan milier.

Obat & Pengobatan Tuberkulosis (TB) Milier

Beberapa pengobatan di bawah ini merupakan pengobatan yang biasanya di lakukan dokter untuk mengatasi penyakit yang anda derita agar tidak sampai menyebar ke yang lebih jauh lagi.

Obat & Pengobatan Tuberkulosis (TB) Milier

Diantara pengobatannya adalah:

  • X-ray yang di lakukan dada
  • Melakukan Kultur sputum atau dahak
  • Menggunakan Bronkoskopi
  • Melakukan Biopsi paru-paru terbuka
  • Melakukan CT/MRI scan pada kepala
  • Melakukan Kultur darah
  • Melakukan Fundoskopi
  • Dan yang terakhir adalah Elektrokardiografi

Biasanya juga akan di lakukan Tes darah tuberkulosis, atau dalam istilah dokternya disebut juga dengan Interferon Gamma Release Assay (IGRA), merupakan salah satu cara untuk mendiagnosis tuberkulosis apakah anda terjangkit atau tidak. Cara ini atau Tes darah dilakukan untuk mengetahui bagaimana sistem imun tubuh Anda merespon bakteri penyebab TBC.

Pengobatan di rumah

  • Pengobatan di rumah bertujuan untuk merubah gaya hidup anda menjadi lebih baik guna menjaga atau mengatasi masalah TBC milier yang anda idap.
  • Diantara perubahan gaya hidup sehat diantaranya sebagai berikut:
  • terutama pada anak-anak Cara paling efektif untuk mencegah penyakit TB milier adalah dengan suntik vaksinasi yang di lakukan oleh dokter.
  • Memberikan vaksinasi TBC bernama Bacillus Calmette-Guerin (BCG) yang dapat diberikan untuk mencegah penyebaran penyakit agar tidak meluas.
  • mencegah penyebaran TBC juga dapat dilakukan dengan mengobati orang-orang yang sudah terinfeksi akan bakteri TBC di dalam tubuhnya, dengan cara baik yang bersifat aktif maupun laten.
  • Kesimpulannya adalah penting untuk menyuntikkan vaksin ini dan melindungi diri Anda dari kondisi ini.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *