Teriak Teriak Rentan Dengan Penyakit Nodul Dan Polip Pita Suara
Teriak Teriak Rentan Dengan Penyakit Nodul Dan Polip Pita Suara

Teriak-Teriak Rentan Dengan Penyakit Nodul Dan Polip Pita Suara

Diposting pada

Penyakit dengan nama Nodul dan Polip Pita Suara ini sebebarnya dua masalah yang berbeda tetapi terdapat dalam satu tempat. Dalam pengertian Nodul pita suara ini adalah adanya pertumbuhan tidak wajar di kedua pita suara anda akibat anda menggunakan pita suara dengan berlebihan. Perlu di ingat bahwa pertumbuhan ini bukannlah suatu kanker. Walaupun dari sini lama-lama akan menimbulkan suatu modul lunak yang membengkak pada kedua pita suara. Untuk anda yang belum mengerti apa itu modul, modul merupakan sejenis lunak yang dapat tumbuh dan kemudian mengeras katika anda terus menggunakannya, terutama pada pita suara ini.

Sedangkan pada polip pita suara merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mengalami pembengkakan dan tumbuh di luar yang mirip dengan cabang tanaman atau juga seperti lepuhan yang berisi cairan. Akibat munculnya polip ini umumnya sama pada nodul di atas, yaitu akibat adanya penggunaan berlebih pada pita suara. Dan hanya yang memebedakan bentuknya saja.

Nodul Dan Polip Pita Suara

Dalam ukurannya sediri polip lebih besar di bandingkan nodul. Selain itu juga dapat di bedakan dengan bentuk polip berupa lepuhan sedangkan nodul cenderung lebih keras.

Pada beberapa kasus yang sering terjadi, polip dan nodul ini juga memiliki perbedaan dalam orang yang terkena. Jika polip biasanya lebih sering terjdi pada orang dewasa. Namun pada nodul terjadi pada anak-anak. Yang perlua anda waspadai, menurut penelitan wanita lebih rentan akan penyakit ini di bandingkan pria yang mengarah pada usia-usia antara 20-50 tahun.

Tanda-tanda dan gejala Nodul dan Polip Pita Suara

Untuk beberapa gejala dan tanda-tanda yang umum di temui dengan pasien Nodul dan Polip Pita Suara ini, kebanyakan mengalami hal-hal di bawah ini seperti:

  • Mengalami Suara serak
  • Mengalami Suara seperti habis
  • Mengalami Sakit yang menusuk dari telinga kiri ke kanan
  • Mengalami Serasa ada yang mengganjal di tenggorokan
  • Mengalami Leher sakit
  • Umumnya mereka Tidak bisa bicara dengan suara atau nada yang tinggi
  • Mengalami Badan lemas
  • Mengalami Sulit berbicara

Penyebab

Seperti yang telah anda baca di atas sebelumnya, adapun untuk penyebab pasti dari penyakit Nodul dan Polip Pita Suara ini adanya berlebihan ketika seseorang mnggunakan pita suaranya dan dalam jangka waktu yang tergolong lama. Hal ini dapat terjadi seperti ketika menonton konser, teriak-teriak, atau barnyanyi terlalu keras hingga mengkibatkan hilang suara.

Selain beberapa penyebab tersebut, terdapat pula beberapa penyebab lain yang di duga dapat berpengaruh atau memicu terjadinya Nodul dan Polip Pita Suara ini, diantaranya adalah:

  • Kebiasaan merokok,
  • hipotiroidisme,
  • dan penyakit GERD atau refluks asam lambung

selain beberapa penyebab di atas, terdapat pula beberapa penyebab yang belum di sebutkan yang mungkin juga di alami oleh seseoran dengan masalah Nodul dan Polip Pita Suara ini.

Pengobatan  nodul dan polip pita suara

Pengobatan  nodul dan polip pita suara

Pada dasarnya ada dua metode yang biasanya akan di lakukan dokter guna menangani masalah Nodul dan Polip Pita Suara ini.

yang pertama adalah medis. Yaitu di lakukannya pembendahan dengan tujuan menghilangkan dengan cara mengangkat Nodul dan Polip Pita Suara tersebut. Untuk melakukan penanganan ini tentunya tidaklah semua jenis Nodul dan Polip Pita Suara bisa di lakuakn pembedahan. Namun hanya berlaku jika Nodul dan Polip Pita Suara ini sudah dalam kondisi yang sangat besar dan mengakibatkan si penderitanya mengalami gangguan atau masalah ketika makan atau minum.

Namun jika Nodul dan Polip Pita Suara ini di picu akibat adanya masalah lambung anda atau GERD, ini biasanya hanya di berikan beberapa obat untuk mengobati si GERD rtersebut.

Dan yang kedua adalah dengan cara terapis suara. Cara ini umumnya di lakukan untuk membantu anda dalam mngendalikan kekuatan suara yang keluar. Selain itu, cara ini juga dapat membantu dalam pernapasan, hingga berbagai terkhnik dalam mengatasi seres.

Selain itu, Pasien dengan masalah Nodul dan Polip Pita Suara juga direkomendasikan untuk berhenti merokok dan menjaga asupan makanan yang masuk .

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *