Sindrom Brugada gejala faktor dan resiko serta pengobatan yang tepat
Sindrom Brugada gejala faktor dan resiko serta pengobatan yang tepat

Sindrom Brugada: Gejala, Faktor Dan Resiko Perta Pengobatan Yang Tepat

Diposting pada

Sindrom brugada merupakan sindrom yang sangat menakutkan. Dikarenakan sindrom ini sering tidak adanya gejala yang dapat di ketahui namun dapat berakibat pada si penderita sindrom ini mengalami henti jantung . mengerikan bukan. Selain itu pengertian dari sindrom ini adalah terjadinya masalah irama jantung akibat kelainan genetik si penderita.

Meskipun dari tanda baik gejalanya tidak mempengaruhi kesehatan , penderita sindrom brugada harus behati-hati karena pada dasarnya fungsi jantung merupakan organ pemompa darah ke seluruh tubuh yang di butuhkan secara optimal. Dan apabila proses ini terganggu maka tentunya sangat bahaya sekali bukan.!!

Sindrom Brugada

Gejala Sindrom Brugada

Meskipun sudah di katakan bahwasannya Sindrom Brugada sering kali tidak memunculkan gejala apapun. Namun dari penelitian dokter ahli yang melakukan uji kepada beberapa penderita, menunjukan bahwa sindrom Brugada ini juga bisa menunjukkan tanda-tandanya yang bisa di katakan tidak jauh berbeda halnya denga penyakit gangguan irama jantung lainnya, diantaranya adalah :

  1. Kepala Pusing
  2. Pingsan
  3. Nyeri pada dada
  4. Jantung memiliki tekanan berdebar
  5. Terjadinya Sesak napas
  6. Dan yang terakhir Kejang

Gejala dan tanda-tanda di aitas bisa muncul dan tidak mengenal pada usia berapa pun, namun dari sekian banyak akan lebih sering terjadi di usia 30 sampai 40 tahun. Selain  Gejala sindrom Brugada diatas nampaknya terdapat gelaja lain yang juga dapat muncul akibat dipicu oleh konsumsi alkohol secara berlebihan , dehidrasi, dan demam.

Penyebab dan Faktor Risiko Sindrom Brugada

Pada dasarnya gen lah yangn menjadi penyebab dari Sindrom Brugada ini terjadi i. akibat terjadinya perubahan atau mutasi pada satu atau beberapa gen yang biasanya berperan menjaga irama jantung agar tetap normal. Gen yang berubah atau  bermutasi inilah yang diturunkan dari salah satu orang tua anda. namun Kondisi sindrom brugada ini nampaknya lebih sering dialami oleh laki-laki dibandingkan perempuan.

Mulai munculnya  gejala Sindrom Brugada ini juga diperburuk oleh kondisi  yang kurang baik daintaranya di bawah ini :

  • Gangguan pada cairan elektrolit.
  • Terjadinya Efek samping obat, seperti obat antidepresan, obat hipertensi, dan obat antiaritmia .
  • Penyalahgunaan jenis narkoba yaitu kokain.
  • Adanya Demam tinggi

Pengobatan Sindrom Brugada

Untuk pengobatan pengobatan sindrom Brugada ini merupakan pemakaian implan alat kejut jantung otomatis atau (ICD) yang pasang di bawah tulang selangka. Perangkat ini akan dihubungkan ke jantung melalui pembuluh darah, guna memonitor detak jantung anda. Jika detak jantung anda mengalami kelainan atau detaknya tidak normal, maka alat ICD ini akan mengirimkan sinyal yang memiliki efek kejut agar detak jantung anda dapat kembali normal sebagaimana biasanya.

Pengobatan Sindrom Brugada

Namun anda juga peru ketahui implan ICD ini tadi dapat mengirimkan sinyal kejut meskipun  detak jantung pasien sedang kondisi normal. Agar mengurangi  dari risiko terjadinya hal tersebut, anda sebagai pasien perlu melakukan pemeriksaan ke dokter secara bertahap dan rutin.

Selain pemakaian alat ICD tersebut , biasanya  dokter  dengan spesialis jantung juga akan memberikan jenis obat –obatan diantaranya obat antiaritmia untuk membuat irama detak jantung pasien kembali normal.

Demikianlah tadi beberapa penjelasan dari penyakit sindrom brugada yang bisa di katakan sangat berbahaya jika anda mengidapnya. Cobalah anda mulai Lakukan perubahan kegiatan yang sehat  berhenti merokok, munum-minman berakohol , beradang atau bahkan bagi anda pengkonsumsi sambu maupun jenis-jenis obat-obatan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan segeralah berhenti demi kesehatan anda. jangan lupa segera berkonultasi kepada dokter ahli apabila dari gejala-gejala di atas anda mengalaminya.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *