Sebarapa Bahayakah Penyakit Torsi Testis torsio testis Jika Terjadi Pada Pria
Sebarapa Bahayakah Penyakit Torsi Testis torsio testis Jika Terjadi Pada Pria

Sebarapa Bahayakah Penyakit Torsi Testis (Torsio Testis) Jika Terjadi Pada Pria

Diposting pada

Pada pembahasan kali ini untuk jenis penyakit satu ini terjadi hanya pada kaum pria saja. Di karenakan penyakit ini penyerang pada salah satu organ inti pria yaitu testis. Dalam pengertian sebenarnya penyakit Torsi Testis (torsio testis) merupakan sebuah penyakit yang dimana testis mengalami gangguan karena adanya belitan tali-tali kristal. Dalam masalah ini tentunya juga masuk ke dalam kategori penyakit yang berbahaya pada pria. Di karenakan testis merupakan sebuah wadah sperma yang di miliki pria dan juga sebagai wadah dalam proses sistem endokrin untuk memproduksi hormon testosteron.

Torsi Testis

Namun anda juga harus jahu bahwa testis sebenar nya juga memerlukan tali-tali kristal tersebut karena berguna sebagai tali tempat menggantung testis tersebut. Adapun selain sebagai  fungsi tersebut tali-tali kristal juga berfungsi yang di mana di dalamnya mengandung pembuluh darah dan syaraf . adapun letak testis itu sendiri berada pada dalam skrotum.

Tanda-tanda & gejala Torsi Testis

Adapun tanda-tanda dan gejala penyakit ini merupakan Belitan oleh tali-tali kristal hingga memotong suplai darah ke dalam testis. Apabila terus kejadian ini di biarkan berlama-lama dan di sepelekan  testis akan terluka dan mungkin dapat terjadi necrosis. Yang perlu anda kawatirkan adalah penyakti Torsi testis ini dapat terjadi tiba-tiba tanpa alasan atau karena anda cedera.

Penyebab Torsi Testis

Untuk Gejala-gejala dari torsi testis ini secara umum biasanya adalah sebagai berikut :

  • Pada skrotum muncul Perasaan sakit yang intens secara tiba-tiba
  • Skrotum mengalami Pembengkakan
  • Perut Sakit
  • Muntah dan Mual
  • Pada Posisi testis lebih tinggi dari biasanya atau sudut rotasinya tak seperti biasa
  • Munculnya Rasa sakit
  • Mengalami Demam

Penyebab

Hal ini dapat di sebabkan mulai dari Testis menempel pada abdomen dengan ikatan kristal dan terpasang pada jaringan yang mengelilinginya. Terkadang adanya ikatan tersebut terlalu longgar dan malah menjadikan testis menggantung pada saluran sperma.

Untuk Torsi sendiri lebih umum terjadi pada orang-orang yang memiliki masalah dengan jaringan pada area ini. namun Pada beberapa kasus, tumor berdaging juga dapat menyebabkan testis berubah dari posisi normal yang kemudian membuat ikatan terbelit hingga terhalngnya sistem peredaran darah.

Faktor-faktor risiko

  • Pada faktor resiko penyakit ini kebanyakan menyerang pada Usia remaja antara usia 12 hingga. Dalam usia tersebut akan lebih berisiko terkena kondisi ini
  • Jika anda pernah mengalami torsio testis dan torsi hilang tanpa adanya pengobatan, Anda juga memiliki risiko lebih tinggi.
  • Dapat pula di sebabkan jika Riwayat keluarga anda mengidap torsi testis

Obat & Pengobatan

Dalam penggunaan obat dan juga pengobatan harus segera di lakukan apabila anda sedah merasakan dari gejala-gejala di atas. Dan dalam pengobatannya biasanya haurus menggunakan tindakan operasi agar menghindari kerusakan permanen pada testis anda. caranya adalah dengan mengangkat ikatan-ikatan tali yang membelit tadi dan mengembalikan testis ke posisi normal anda.

Obat & Pengobatan Torsi Testis

Dan yang perlu anda ketahui adalah Apabila operasi ditunda lebih dari 4-6 jam setelah rasa sakit mulai muncul pada testis anda, kemungkinan testis anda tidak dapat diselamatkan. adapun untuk Testis yang tersisa biasanya diperbaiki untuk menghindari belitan yang serupa.

Dan yang paling di takutkan adalah Apabila testis sudah tidak berfungsi, maka biasanya dokter akan melakukan tindakan operasi pengangkatan testis. Namun  Apabila testis masih normal dan tidak diangkat,dan juga seksualitas dan kemampuan untuk bereproduksi tidak akan terganggu.

Selain itu cobalah untuk menghindari mengangkat benda berat atau olahraga kontak, dan seks untuk sementara waktu sampai dokter menyatakan sudah sembuh total.

Pengobatan di rumah

Dalam pengobatan rumah di maksudkan dapat membantu anda dalm mengatasi masalah Torsi Testis ini dengan merubah beberapa gaya hidup anda yang cenderung akan menyebabkan masalah ini terjadi.

Apabila Anda sudah didiagnosis oleh dokter dengan hasil  torsio testis dan juga di sarankan untuk menjalani operasi perbaikan, kondisi ini mungkin akan membatasi aktivitas anda, apalagi  jika operasi dilakukan di kedua testis. Langkah- langkah yang perlu anda lakukan di rumah biasanya hanya untuk menghindari berpartisipasi dalam olahraga yang berat, karena hal tersebut dapat menjadi  hantaman kuat ke testis saat berolahraga dan juga dapat membelit ikatan testis.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *