Mengetahui Penyebab Lemak Darah Tinggi Gejala Dan Juga Cara Mencegahnya
Mengetahui Penyebab Lemak Darah Tinggi Gejala Dan Juga Cara Mencegahnya

Penyebab Lemak Darah Tinggi, Gejala Dan Juga Cara Mencegahnya

Diposting pada

Lemak darah dalam istilah kedokteran lebih sering di kenal dengan kolesterol. Kolestrol sendiri merupakan salah satu zat yang penting dan juga di perlukan oleh tubuh. Bisa di katakan demikian karena di dalam kolesterol berfungsi dalam pembentukan membran-membran sel dalam tubuh manusia seperti berbagai hormon penting dan juga vitamin D. Adapun untuk kolesterol ini merupakan hasil yang di produksi dari liver anda secara alami. Karena kolesterol ini tidak bisa menyebar secara alami pada tubuh manusia maka akan di butuhkan beberapa zat guna bermanfaat pada tubuh anda.

Tanda dan Gejala Lemak Darah Tinggi

Lemak darah dalam tanda-tanda dan gejala  sendiri kadang tidak menunjukkan apapun. Namun , ada ada cara lain untuk mengetahui apakah anda terkena lemak darah atau tidak yaitu dengan melakukan tes darah. Selain itu, cara ini juga di lakukan untuk mendeteksi apakan kadar kolesterol di dalam darah anda termasuk dalam batas normal atau bahkan berlebih.

Lemak Darah Tinggi

Jika seseorang dengan kondisi lemak darah biasanya di dalam darahnya terdapat penumpukan za yang berlebih terutama pada arteri anda.

Jika penumpukan dari lemak darah ini di biarkan berlama-lama maka akan mengakibatkan sejumlah plak yang menyebabkan gangguan pada arteri tersebut berupa penyempitan. Dan apabila ini terjadi tentunya akan berakibat fatal pada tubuh dan organ-organ penting dalam tubuh anda.

Ujung dari penyempitan arteri akibat penumpukan plak ini biasanya akan terjadi pemecahan pada hingga terbentuk gumpalan-gumpalan darah dari arteri. Dan ini akan memberikan efek buruk pada jantung. Pada kasus yang parah bisa terjadi serangan jantung jika tidak segera di lakukan tindakan pencegahan.

Penyebab Lemak Darah Tinggi

Penyebab dalam masalah lemak darah tinggi ini biasanya terajadi di karenakan kolesterol menempel pada protein. Sedangakan protein ini akan berkombinasi dengan kolesterol dan menyebabkan lipoprotein.

Dari sinilah akan terbagi 2 jenis lipoprotein kolesterol pada tubuh manusia, yaitu:

Low-density lipoprotein atau LDL dalam arti lain juga di sebut dengan “kolesterol jahat”, zat ini akan menghantarkan partikel ke seluruh tubuh. Dan yang perlu anda ketahui LDL ini bisa  menumpuk pada dinding arteri hingga membuat arteri keras dan sempit.

High-density lipoprotein (HDL)

High-density lipoprotein HDL  disebut juga dengan “ kolesterol “baik”, ini akann mengangkat partikel zat ini berlebih dan mengembalikannya ke hati.

Zat High-density lipoprotein ini merupakan produksi alami oleh hati. Namun meskipun demikian terdapat pula beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan kadar  High-density lipoprotein dalam tubuh anda.

Faktorْ Risiko Lemak Darah Tinggi

Faktorْ Risiko Lemak Darah Tinggi

Faktor-faktor Risiko disini di maksudkan guna anda mengetahui hal-hal apa saja yang menjadikan anda lebih rentan terkena penyakit Lemak Darah Tinggi ini . Dan diharapkan setalah anda mengetahui dari beberapa faktor-faktor risiko tersebut anda bisa berhati-hati ketika anda dalam kondisi seperti di bawah ini.

Diantara  yang meningkatkan seseorang lebih rentan terkena penyakit Lemak Darah Tinggi ini adalah:

Pola makan buruk

Pola makan buruk ini biasanya merupakan hasil dari makanan yang mempunyai lemak trans tinggi seperti kue kering yang dijual bebas di pasaran anda.

 Kurang berolahraga

Pada orang yang kurang berolahraga biasanya akan mempunyai kolesterol yang meningkat. Ini di dapat karena orang yang kurang berolahraga cenderung mengalami obesitas dan dan tentunya mempunyai kadar lemak yang tinggi.

Pencegahan Lemak Darah Tinggi

Di bawah ini merupakan beberapa gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda guna menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah.

Terapkan pola makan sehat

Konsumsi makanan yang rendah akan lemak kolesterol dan juga kaya akan omega 3. Dan jahi beberapa makanan penyebab kadar kolesterol naik.

Jaga berat badan ideal

Jaga berat badan ideal

Jangan lupa untuk menjaga berat badan anda tetap setabil guna bisa terhindar dari masalah lemak darah yang tinggi.

Kurangi konsumsi alkohol dan hindari merokok

Bagi anda seorang dengan rutin konsumsi alkohol dan seorang perokok, kami sarankan untuk segera menghentikan kebisan buruk itu, di karenakan keduanya merupakan salah satu penyebab kadar kolesterol dalam darah anda bisa naik.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *