Cara Mengatasi Efusi Pleura Serta mengetahui Gejala Dan Penyebabnya
Cara Mengatasi Efusi Pleura Serta mengetahui Gejala Dan Penyebabnya

Penyebab Dan Cara Mengatasi Efusi Pleura

Diposting pada

Penumpukan cairan di pada paru-paru terutama di pleura menjadi penyebab dari penyaki jenis ini. penyakit Efusi Pluera pada dasarnya di sebabkan juga oleh adanya komplikasi penyakit lain. Diantaranya adalah emboli paru gagal jantung kongestif, dan juga pneumonia. Selain itu cairan-cairan yang menumpuk tersebut biasanya menempati ronggs-rongga pada paru-paru sehingga terjadilah gangguan pada fungsi organ tersebut.

Pada dasarnya organ paru-paru memang memerlukan adanya cairan ini guna sebgai pelumas pada paru-paru agar dapat bergerak dengan mulus. Namun lain halnya apabila cairan ini terlampau banyak malah akan mengakibat penumpukan cairan. Dan dari berlabihnya cairan pada rongga paru ini akan menyebabkan anda kesulitan bernapas. selain cairan berlebih menyebkan masalah tersebut, terlalu sedikit juga dapat mengakibatkan gangguan pula pada paru-paru anda.

Jenis

Jenis Efusi Pleura

Dalam jenis gangguan masalah pada organ paru-paru ini masih di klasifikasikan lagi menjadi dua jenis sebagai penyebab utamanya, deintaranya  adalah:

1.transudat (disebabkan oleh bocornya pembuluh darah)

2.eksudat (cairan berasal dari peradangan pleura dan paru-paru).

Gejala dan Penyebab

Nampaknya pada penyakit fusi pleura menunjukkan gejala-gejala yang bervariasi,biasanya gejala-gejala ini akan tergantung pada apa yang menjadi penyebab utamanya.

Tidak ada cara yang mudah untuk mengetahui apa penyebabnya tanpa diperiksa secara langsung oleh dokter melalui serangkaian tes medis yang bertahap. Karena tidak semua penyakit ini terjadi akibat adanya penumpukan cairan pada pleura.

Naum dari sekian data yang ada berikut di bawah ini merupakan Gejala umum dari efusi pleura yang terjadi di kebanyakan kasus, adalah sebagai berikut:

  • Dada Nyeri
  • Batuk tanpa dahak atu batuk kering
  • Mengalami Demam
  • Sering terjadi cegukan
  • Terjadi Kesulitan bernapas saat berbaring
  • Dan juga Sesak napas

Faktor-faktor risiko

Adapaun Faktor-faktor risiko yang dapat menjadi pemicu penyakit ini rentan masuk kedalam tubuh anda diantaranya adalah:

Faktor-faktor risiko Efusi Pleura

  • Perokok Aktif
  • Minum minuman denagn kandungan alkohol
  • Mungkin anda Pernah menderita penyakit atau kondisi-kondisi medis yang telah disebutkan di atas
  • Tekanan darah tinggi
  • Berjenis kelamin perempuan
  • Mungkin anda Pernah menjalani prosedur dialisis peritoneal pada ginjal
  • Anda dalam proses Menjalani perawatan atau pengobatan kanker yang mempengaruhi bagaimana tubuh menahan cairan.

Pengobatan di rumah

Pengobatan di rumah ini bertujuan untuk merubah gaya hidup anda yang kurang baik dan cenderung masuk dalam kategori buruk menjadi kebiasaan atu pola hidup sehat, diantara pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit Efusi Pleura adalah:

1. Berhenti merokok

Kandungan zat yang berada di dalam rokok sebenarnya adalah racun yang dapat merusah organ-organ dalam anda diantaranya paru-paru anda. apabila anda perokok aktif maka segeralah berhenti merokok demi menjaga kesehatan anda dan juga agar terhindar dari penyakit Efusi Pleura ini.

2. Hindari minuman beralkohol

Sama seperti rokok di atas namun nampaknya alkohol memiliki efek yang lebih parah darinya. Biasanya seorang yang aktif mengkonsumsi minuman dengan jenis alkohol ini akan terserang penyakit hati. Dan yang anda harus tahu akibat fungsi hati ini terganggu maka tidak dapat bekerja dengan semestinya akan mengakibatkan penumpukan cairan pada paru-paru.

Dengan berhenti mengonsumsi alkohol sama sekali, adalah tindakan dan pencegahan terbaik agar gejala efusi pleura tidak muncul lagi pada tubuh anda.

3. Tidak melakukan aktivitas berat

Jika Anda di diagnosis positif memiliki penumpukan cairan pada pleura maka Anda harus menghindari kegiatan-kegiatan yang terlalu ekstrim dan bersifat melelahkan pada tubuh anda seperti olahraga berat dan mengangkat beban berlebih.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup

Cobalah untuk  beristirahat di sela-sela kesibukan Anda, karena tindakan tersebut sama dengan Anda telah mengurangi kemungkinan munculnya gejala-gejala efusi pleura di lain waktu.

5. Makan makanan yang sehat

Dengan mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang  bergizi seperti sayur dan buah-buahan akan memberikan dampak yang signifikan pada kesehatan paru-paru  khususnya pleura anda . maka jangan pernah ragu untuk mengganti menu makan anda dengan makanan-makanan sehat tersebut.

6. Konsultasi dengan dokter

Jika cara-cara di atas tersebut telah anda lakukan dan anda masih takut jika terjangkit penyakit Efusi Pluera ini cobalah anda segera berkonsultasi pada dokter spesialis guna memastikan kesehatan anda. apalagi dari gejala-gejala di atas anda adalah salah satunya.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *