Penyebab Charcot Marie Tooth atau CMT. Penyakit kelemahan otot
Penyebab Charcot Marie Tooth atau CMT. Penyakit kelemahan otot

Penyebab Charcot-Marie-Tooth atau (CMT). Penyakit kelemahan otot

Diposting pada

Charcot-Marie-Tooth atau dalam istilah lain di singkat dengan penyakit CMT merupakan jenis penyakit yang menyebabkan pasien mengalami sakit pada ototnya seperti otot kaki, otot tangan, otot kehilangan kemampuan merasakan atau otot yang menjadi lemah.

Pada dasarnya penyakit ini bisa terjadi karena warisan atau di turunkan dari anggota keluarga anda. namun umumnya penyakit CMT ini masih jarang di sadari karena biasanya akanmuncul pada saat usia si pengidap beranjak pada 10 sampai 20 tahun. Namun pada kasus langka penyakit CMT ini juga terjadi pada usia 60 tahun.

Untuk anda seorang laki-laki nampaknya lebih rentan akan terkena penyakit jenis CMT ini di bandingkan dengan wanita.yang perlu adan ketahui, bahwa CMT ini buka suatu masalah yang mengkhawatirkan. Melainkan hanya panykit biasan yang tidak akan mberbahaya pada jiwa anda.

CMT

Tanda-tanda & gejala CMT

Pada dasarnya penyakit CMT ini tidak memiliki gejala pada penderitanya sebelum penyakit muncul. Namun ketika penyakit CMT ini sudah dalam kondisi yang lumayan, baru akan menunjukkan beberapa geja dan tanda-tandanya, seperti di bawah ini:

  • Mengalami masalah Lemah otot
  • Mengalami Kehilangan bentuk otot yaitu otot tidak mampu berkontraksi sampai ke lutut.
  • Mengalami Kelainan bentuk kaki yang di tandai dengan lengkungan tinggi, telapak kaki yang melengkung)
  • Mengalami kesulitan ketika mencoba berjalan mundur
  • Sering mengalami Kram otot
  • Nyeri pada tulang dan otot
  • Terdapat Bisul pada kaki yang dimana tidak dapat sembuh.

Selain beberapa gejala tersebut, terdapat pula beberapa gejala lain yang kadang muncul saat bersamaan dengan gejala-gejala di atas, diantaranya adalah:

  • Mengalami masalah Perubahan bentuk telapak kaki
  • Mengalami masalah pada Pergelangan kaki yang tidak dapat digerakkan
  • Terdapat Mati rasa seperti panas, dingin, atau sentuhan
  • Terdapat Rasa kaku yang ekstrem
  • Dan yang terakhir Merasa hilang keseimbangan

selain beberpaa geja umum di atas, terdapat pula beberap gejala yang belum di sebutkan yang mungkin juga di alami oleh seseoran dengan penyakit CMT. Jika anda mengalami masalah itu, segeralah lakukan konsultasi kepada dokter terdekat guna mendapatkan penanganan yang baik dan tepat.

Penyebab CMT

Penyebab CMT

Untuk penyebabnya sendiri pada kasus CMT ini pada mulanya di sebabkan karena adanya mutasi struktur gen dan masalah fungsi saraf priferal. Akibat adanya mutasi ini menyebabkan kelainan pada fungsi saraf  tersebut. Dan setelah ini terjadi maka akan berujung pada melemahnya atau kehilangan fungi gerak pada bagian-bagian tubuh tetentu. Selain itu, pada masalah ini juga kadang di iringi dengan hilangnya indra perasa pada kulit, sehingga kulit serasa sakit  dan panas.

Faktor-faktor risiko CMT

Faktor resiko tertinggi dari jenis penyakit CMT ini adalah, jika di lihat kembali bahwa penyakit CMT ini merupakan turunan atau warisan, tentu saja bagi anda atau salah satu keluarga anda ada yang pernah mengalami masalah CMT ini, maka dapat di pastikan untuk beberapa tahun kedepan anda juga mungkin akan terkena penyakit CMT ini dengan gejala dan tanda-tanda yang serupa.

Pengobatan di rumah CMT

Pengobatan rumah ini di tujukan agar anda melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dengan kebiasaan-kebiasaan atau rutinitas sehari-hari anda di rumah, dan jangan lupa untuk tidak meninggalkan saran dan beberapa anjuran yang telah di sampaikan dokter. Dengan kebiasaan dan tetap menjaga anjuran dari dokter ini, anda diharapkan dapat terbebas dan mengatasi masalah CMT dengan mudah.

Dintara perubahan gaya hidup yang bisa anda terapkan di rumah guna mengatasi CMT adalah:

  • Langkah pertama yaitu dengan Terus periksa ke dokter untuk mengawasi perkembangan gejala yang anda alami sekaligus status kesehatan anda sekarang
  • Jangan lupa unutk Dengarkan petunjuk dokter dengan baik, danperlu di ingat jangan minum obat sembarangan atau menghentikannya tanpa resep dokter
  • Selalu Berpikir positif
  • Selain itu, anda juga bisa coba untuk terapi fisik dan rehabilitasi
  • Cari dan gali lebih jauh serta Dapatkan nasihat dari orang yang telah menderita penyakit ini
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *