Penyebab Cedera Posterior Cruciate Ligament PCL. Gejala Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Cedera Posterior Cruciate Ligament PCL. Gejala Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Cedera Posterior Cruciate Ligament (PCL). Gejala Dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Salah satu peyakit Cedera Posterior Cruciate Ligament atau yang lebih sering di singkat dengan PCL merupakan sebuah penyakit yang umumnya menyerang pada lutut anda. untuk pengertiannya sendiri dari masalah Cedera Posterior Cruciate Ligament  ini adalah dimana seseorang mengalami  rasa sakit atau nyeri yang berada di lutut. Dan lebih tepatnya penyakit ini terjadi ligamen lutut anda. bagi anda yang belum mengerti apakah ligamen tersebut merupakan bagian dari jaringan-jaringan yang keras yang berfungsi menghubungkan antara satu tulang dengan tulang lainnya.

Pada dasarnya PCL ini juga mirip dengan salah satu masalah lutut lainnya yaitu ACL atau anterior cruciate ligament. Dimana pana pada ACL juga kumpulan jaringan yang menghubungkan tulang paha dengan tulang kering pada manusia. Meskipun pada bentuknya lebih besar PCL  di bandingkan ACL tetapi PCL juga dapat mengalami cedera yang sama.

Selain itu, akibat adanya masalah kerusakan pada jaringan PCL  ini akibat  cedera akan berimbas pada tulang rawan  lainnya di lutut. Bahkan jika kasus ini sampai dalam kategori yang parah maka dapat pula mematahkan dari beberapa tulang yang tersambung dengan ligamen ini.

PCL

Tanda-tanda dan gejala PCL

Untuk tanda-tanda dan gejela yang umumnya di alami pada pasien dengan masalah PCL ini akan mengeluhkan beberapa gejala yang dapat di dilihat dengan jelas , seperti

  • Mengalami Rasa sakit pada lutut
  • Sakit pada lutut ini kemudian menyebabkan kaki sedikit pincang atau susah berjalan.
  • Lutut mengalami pembengkakan dalam waktu beberapa jam setelah pasien mengalami cedera.
  • Pada lutut biasanya terasa longgar, seolah-olah mau lepas.

Yang perlu anda wasapadai jika cedera ini tidak terjadi pada lutut. Karena tidak akan menimbulkan gejala apapun seketika anda mengalami sedera. Namun barulah sekitar beberapa hari kemudian barulah akan muncul rasa sakit yang dimana itu hasil dari anda cedera beberapa hari  yang lalu.

Penyebab PCL

Sedangkan untuk penyebab umum dalam terjadinya kasus PCL adalah jika pada tulang kering anda terbentur dengan keras tepatnya tulang yang berada beberapa sentimeter di bawah lutut anda. ini biasa terjadi ketika anda terjatuh dengan posisi berlutut atau menekuk dengan beralaskan lutut anda.

Adapun Cedera ini paling sering terjadi pada kondisi seseorang saat:

Kecelakaan kendaraan bermotor. Ini biasanya terjadi ketika kaki tertebrak dengan modil di depan dan mengakibatkan kaki patah dan sebagainya.

Olahraga Pemain sepak bola. Ini merupan kondisi yang paling sering kita temui karena saat beradu kaki dengan pemain lawan atau karena cedera saat berlari dan jatuh dengan posisi berlutut.

Pengobatan rumah PCL

Pengobatan rumah PCL

Pengobatan rumah ini di tujukan agar anda melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dengan kebiasaan-kebiasaan atau rutinitas sehari-hari anda di rumah, dan jangan lupa untuk tidak meninggalkan saran dan beberapa anjuran yang telah di sampaikan dokter. Dengan kebiasaan dan tetap menjaga anjuran dari dokter ini, anda diharapkan dapat terbebas dan mengatasi masalah Cedera Posterior Cruciate Ligament dengan mudah.

Dintara perubahan gaya hidup yang bisa anda terapkan di rumah guna mengatasi Cedera Posterior Cruciate Ligament adalah:

  • Segera Istirahatkan lutut anda dan lindungi lutut yang cedera dengan gips atau pengaman lainnya.jika untuk berjalan Anda mungkin butuh kruk.
  • Cara lain dengan mengkompres dengan air dingin lutut Anda selama 20 hingga 30 menit selama 3 jam untuk mengurangi dari
  • Jangan lupa pula Balut area lutut Anda dengan perban.
  • Dan jika anda ingin beristirahat dirumah bisa juga dengan berbaring terlentang dan taruh bantal yang agak tinggi di bawah lutut Anda guna mengurangi pembengkakan pada lutut anda.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *