Penyebab Bibir Sumbing Di Sebagian Besar Kasus
Penyebab Bibir Sumbing Di Sebagian Besar Kasus

Penyebab Bibir Sumbing Di Sebagian Besar Kasus

Diposting pada

Setidaknya dari anda pasti pernah mendengar atau juga bahkan pernah melihat pada orang yang mengalami Bibir Sumbing. Dalam pengertiannya sendiri masalah Bibir Sumbing ini merupakan suatu kondisi dimana terjadinya selah bibir sebagai cacat lahir yang terdapat pada bibir atas sehingga membuatnya terpisah dan tdak menyatu. Selain terjaidi di bibir pada penderita Bibir Sumbing ini juga kadang biasanya mengalami kondisi yang serupa pada langit-langit mulutnya.

Dalam penyebabnya sendiri kondisi seseorang yang mengalami Bibir Sumbing ini biasanya dalat terjadi pada awal pembentukan janin dalam kandungan. Sebab lain ialah terjadinya gangguan genetik atau juga terpapar dari lingkungan tempat tinggal pada saat masa kehamilan.

Tanda-tanda & gejala Bibir Sumbing

Bibir Sumbing

Seperti yang telah di sebutkan di atas sebelumnya, masalah Bibir Sumbing ini dapat di lihat dai gejala dan tanda-tanda berupa munculnya celah pada bibir atu langit-langit di saat bayi ini di lahirkan. Selain itu, ada pendapat lain yang menyebutkan di kutip dari Mayo Clinic  mengatakan bahwa untuk tanda-tanda dan gejala dari masalah Bibir Sumbing ini adalah sebagai berikut:

  • Adanya suatu Celah pada bibir dan juga di langit-langit mulut yang dimana ini dapat mempengaruhi salah satu sisi wajah atau kedua sisi wajah.
  • Celah pada bibir ini dapat terlihat sebagai torehan yang ukurannya dapat berkisar dari bibir kemudian melalui gusi atas hingga bagian bawah hidung
  • Jika terjadi Celah pada langit-langit mulut, umumnya tidak akan mempengaruhi tampilan pada wajah penderita
  • Selain itu, pada kasus lain celah ini hanya terjadi pada otot dari langit-langit yang terletak di bagian belakang mulut dan tertutup oleh lapisan mulut.

Ada beberap keberadaan celah ini yang tidak dapat di lihat langsung oleh mata , sehingga sulit sekali dalam mendiagnosisnya karena terjadi di dalam mulut. Meskipun demikian terdapat beberapa gejala dan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa si anak tersebut sebenarnya mengalami masalah Bibir Sumbing. diantaranya adalah:

  • Mengalmai Kesulitan menelan
  • Mengalmai Suara berbicara dari hidung (suara sengau)
  • Mengalmai Infeksi telinga yang berulang

Penyebab Bibir Sumbing

Penyebab Bibir Sumbing

Menurut dari sumber terpercaya yaitu Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa, terjadinya kelainan pada seseorang yang mengalami Bibir Sumbing ini dapat di sebabkan oleh adanya wajah dan mulut yang tidak terbentuk dengan sempurna semenjak janin masih dalam kandungan ibu.

Selain pendapat tersebut, terdapat pula pendapat pula yang mengatakan bahwa Bibir Sumbing ini terjadi di karenakan adanya faktor genetik dan juga lingkungan tempat dimana si ibu tinggal. Selain itu, pada penelitian lain mengungkapkan bahwa Orang tua juga dapat mewariskan gen yang sama sehingga dapat menyebabkan terjadinya cacar bibir pada bayinya, ini di pengaruhi baik dalam bentuk gen sendiri atau juga dari bagian sindrom genetik yang memiliki gejala cacat bibir.

Penanganan jika anak anda menderita bibir sumbing

Di bawah ini merupakan bebepa tips dan saran yang bisa anda lakukan apabila anda memiliki anak dengan kondisi Bibir Sumbing. Diantaranya adalah:

  • Fokus untuk mendukung dan membantu tumbuh kembang anak. Dan Jangan salahkan diri Anda bahwa anda menjadi penyebabnya.
  • Kendalikan emosi Anda. jangan terpengaruh pada omongan-omongan di luar yang bersifat menjatuhkan semangat anda dalam merawat si anak.
  • Cari dukungan seperti komunitas,yang dapat membantu dalam finansial  anda dan edukasi

Pada dasarnya anak yang  mengalami masalah Bibir Sumbing  ini juga dapat berbicara, namun anda harus tetap menggunakan beberapa metode pembelajaran berikut ini diantaranya adalah:

  • Fokus kepada anak Anda bukan pada kondisinya
  • Yang kedua dengan menunjukkan atribut positif pada orang lain yang tidak melibatkan tampilan fisik anak anda
  • Yang ketiga dengan membantu anak meningkatkan rasa percaya diri caranya adalah membiarkannya mengambil keputusannya sendiri
  • Yang ke empat dengan memberikan dorongan bahasa tubuh yang percaya diri, seperti tersenyum, menegakkan kepala dan pundak
  • Jaga agar komunikasi anda dengan anak selau terbuka. Apabila ada cemooh atau masalah kepercayaan diri muncul ketika di sekolah, pastikan anak Anda merasa aman dan berterus terang untuk membicarakannya dengan Anda.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *