Penyakit Malaria 1
Penyakit Malaria 1

Penyakit Malaria: Jenis, Penyebab, Gejala, Dan Pengobatan

Diposting pada

Apa Itu Malaria?

Malaria adalah jenis penyakit serius akibat parasit yang gejalanya mirip dengan flu yaitu seperti demam tinggi dan kedinginan pada badan. Saat parasit ada di dalam tubuh anda, parasit akan pergi ke hati dan hati tersebut tempat untuk berkembang biak.

Apakah Penyebab Malaria ?

Penyakit Malaria

Penyebab Malaria  adalah Nyamuk yang terinfeksi parasit adalah penyebab malaria yang paling utama. Parasit ini akan ditularkan ke manusia melalui gigitan yang di lakukan nyamuk. Parasit P. falciparum ini akan menyebabkan bentuk penyakit yang lebih parah dan seseorang yang terkena malaria jenis ini memiliki risiko kematian yang lebih tinggi dan tergolong sangat berbahaya.

Jenis Malaria

Hingga saat ini terdapat lebih dari 100 jenis Plasmodium malaria, namun para ilmuwan telah mengidentifikasi lima jenis Plasmodium yang secara khusus mampu menginfeksi kepada  manusia, di antaranya sebgai berikut:

1. Malaria P. falciparum

Parasit penyebab pada malaria ini berada di seluruh dunia, tapi berada mayoritas di Afrika. Diperkirakan saja 1 juta orang telah meninggal karena parasit ini setiap tahunnya. Jenis parasit ini dapat berkembang  biak dengan cepat dan baik  menjadi malaria yagn tergolong berat, misalnya hingga menyerang otak anda . Namun, parasit ini tidak menimbulkan kekambuhan sehingga penanganannya cukup susah.

2. Malaria P. vivax

Parasit jenis ini umumnya terletak di Amerika terutama Amerika Latin, Afrika, dan Asia (terbanyak di Asia termasuk indonesia). Jenis parasit ini memiliki stadium aktif yang bisa mengaktifkan dan menyerang darah setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun pada saatanda pertama kali di gigit.

Malaria P. vivax

Gejala umum pada penderita  Malaria

Gejala malaria biasanya akan berkembang dalam 10 hari hingga 4 minggu setelah infeksi yang di lakukan nyamuk . Dalam beberapa kasus tertentu , gejala mungkin tidak berkembang selama beberapa bulan secara berkelanjutan . Beberapa parasit malaria dapat memasuki tubuh anda akan tetapi tidak aktif untuk jangka waktu yang cukup lama.

Berikut adalah gejala malaria yang umum terjadi, antara lain:

  • Demam dengan tekanan tinggi
  • Berkeringat banyak.
  • Kepala Sakit
  • Munculnya Mual.
  • Munculnya Sakit perut.
  • Munculnya Nyeri otot.
  • Munculnya
  • Terjadinya Koma.
  • Tinja mengeluarkan bersamaan darah.

Pengobatan Malaria

Malaria bisa di kategorikan menjadi kondisi yang bisa mengancam nyawa anda , terutama jika Anda terinfeksi parasit P. falciparum ini. Perawatan untuk penyakit malaria ini biasanya disediakan di rumah sakit. Biasanya Dokter akan meresepkan beberapa obat berdasarkan jenis parasit yang menyerang pada tubuh anda.

Berikut ini adalah obat malaria yang paling umum digunakan untuk pasien malaria , di antaranya adalah:

  • Artemisinin-based combination therapies (ACTs). Ini adalah jenis pengobatan pertama untuk penderita malaria. Terdapat beberapa jenis ACT, contohnya artemether-lumefantrine dan artesunate-amodiaquine dalam obat ini. ACT adalah kombinasi dari dua atau lebih obat yang bekerja guna  melawan parasit malaria dengan cara yang berbeda dan secra cepat tentunya .
  • Chloroquine phosphate. Chloroquine adalah jenis pengobatan yang disukai untuk semua parasit yang sensitif terhadap obat terutama malria . Akan tetapi di beberapa negara lain, parasit ini bisa menyebabkan malaria resisten terhadap chloroquine, sehingga obat ini tidak lagi merupakan pengobatan yang efektif yang seharusnya layak untuk di gunakan .

Pencegahan Malaria

Sampai Saat ini belum ada vaksin yang ampuh dan mampu  mencegah terjadinya penyakit  malaria ini . Konsultasi dengan dokter  maupun ahli lainnya  jika Anda anakn bepergian di mana malaria biasa terjadi atau tinggal di daerah tersebut. Anda biasanya akan diberi obat resep untuk mencegah penyakit di antaranya .

  • Tidur menggunakan penutup Langkah Ini adalah cara paling efektif dalam mencegah malaria datang . Jika memungkinkan tutup semua area tempat tidur hingga ke lantai agar nyamuk tidak bisa masuk sehingga meminmalisir penyakit ini datang.
  • Pakaian juga harus tertutup. Jika Anda menggunakan pakaian tertutup hal itu akan mengurangi risiko gigitan nyamuk penyebab masalah satu ini . Sebagai tambahan saja , Anda juga bisa menggunakan kaus kaki dan oleskan obat anti nyamuk untuk mencegah gigitan nyamuk lebih jauh sehingga anda bisa terlindungi secara sempurna.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *