Penyakit Dishidrosis Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasinya 1
Penyakit Dishidrosis Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasinya 1

Penyakit Dishidrosis: Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Jika anda mengalami lepuhan pada bagian telapak tangan maupun telapak kaki bisa jadi anda terkena jenis penyakit Dishidrosis ini. karena pada pengertiannya penyakit Dishidrosis ini merupakan suatu penyakit yang biasa muncul pada telapak tangan maupun kaki desertai dengan adanya lepuhan.  Selain itu penyakit ini juga bisa mengakibatkan retakan dan penebalan pada kulit yang telah terjangkit. Sering kambuh yang biasanya pada dua sampai tiga minggu dan ciri lain adalah adanya lebuhan tersebut memiliki ukuran 1 sampai  2 milimeter.

Gejala dari penyakit dishidrosis

Tanda-Tanda dan Gejala dari penyakit dishidrosis

Selain beberapa hal di atas tadi ada beberpa hal yang lain menjadi ciri sesungguhnya dari penyakit hidrosis ini, diantaranya adalah:

  • muncul di telapak , jari kaki, telapak tangan, dan kaki ujung dan tepi jari tangan . Lepuhan ini berukuran sangat kecil (dengan diameter 3 mm atau bahkan  kurang),
  • Lepuhan dari penyakit ini memiliki warna buram dan juga cenderung masuk ke dalam. Bisa rata dengan kulit maupun sedikit menonjol dan ciri lain adalah tidak mudah pecah. Jika ini di biarkan begitu saja , lepuhan-lepuhan yang kecil taki akan bergabung menjadi satu dan membentuk lepuhan besar.
  • Terjadinya Lepuhan ini biasanya memiliki rasa gatal, menyebabkan nyeri, atau bahkan tidak menimbulkan gejala sama sekali. Lepuhan ini akan menjadi lebih buruk setelah di kenakan dengan  air, sabun, atau bahan-bahan yang bisa mengiritasi dari lepuhan ini.
  • Menggaruk lepuhan ini akan dapat memecahkan lepuhan, atau mengeluarkan cairan di dalamnya,dapat menyebabkan kulit mengerak dan ujungnya akan berakibat Retakan ini akan terasa menyakitkan serta tidak sedap dipandang mata dan menjijikan dan biasanya memerlukan berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan,hanya  untuk sembuh dari penyakit dishidrosis ini . pada permukaan Kulit biasanya akan kering dan bersisik selama proses  ini.
  • Cairan yang berada dalam lepuhan ini merupakan kotoran atau serum yang terakumulasi di antara sel-sel kulit yang sudah teriritasi. Namun kebanyakan orang menyangka hal tersebut adalah sebuah keringat .
  • Lain halnya pada sejumlah kasus, karena terjadi lepuhan ini bisa muncul di telapak tangan atau jari tangan anda , wabah lepuhan ini bisa terjadi disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening. Yang ditandai dengan perasaan menggelitik di lengan bawah anda dan benjolan yang muncul di bagian ketiak.
  • Kuku yang terkena akan penyakit tampak berbintik-bintik pada setiap bagiannya .

Faktor pemicu

Faktor pemicu penyakit dishidrosis

Faktor yang dapat memicu penyakit dishidrosis pada diri anda biasanya adalah:

Stres.

Jenis Penyakit dishidrosis ini  tampaknya lebih umum terjadi pada saat masa-masa emosional atau stres fisik yang memuncak.

Paparan terhadap logam tertentu.

Jenis-jenis logam juga termasuk penyebab dari penyakit ini apalagi anda berada atau bekerja  dalam lingkungan industrial.

Kulit sensitif.

Lain halnya dengan Orang yang berkulit sensitif mereka akan cenderung lebih rentan terkena atau tertular jenis penyakit satu ini. seperti  munculnya ruam setelah terpapar atau setelah anda bersentuhan dengan orang Yang telah teririrtasi  dari penyakit ini akan lebih mungkin untuk mengalami penyakit dishidrosis.

Eczema atopik.

Sejumlah orang dengan masalah eczema atopic dapat terkena dishidrosis ini .

Pengobatan untuk dishidrosis

Berbeda dengan penyakit lain jenis peyakit satu ini dalam penangannya harus bergantung pada seberapa parahnya anda mengalami masalah akan hal ini.

pengobatan untuk dishidrosis

Adapun pengobatannya adalah :

1. Kortikosteroid

Pemakain Krim dan salep kortikosteroid bermanfaat  untuk membantu mempercepat hilangnya lepuhan pada jari maupun telapak tangan anda . selain itu dengan Membalut area yang telah  diobati juga dapat meningkatkan dalam proes  penyerapan. Melakukan pengkompresan dengan  lembap juga dapat diterapkan setelah mengoleskan kortikosteroid ini. namun Dalam kasus yang sudah dalm kategori parah,  biasanya dokter meresepkan pil kortikosteroid, seperti prednisone dan jenis pil lain agar masalah anda dapat segera teratasi.

2.Fototerapi

Jika pengobatan pertama tadi di rasa tidak memiliki dampak yang  efektif, dokter biasanya menganjurkan satu jenis terapi yang berguna menyembuhkan masalah anda yaitu dengan jenis terapi cahaya yaitu mengombinasikan paparan cahaya ultraviolet dengan pemakaian obat yang dapat membuat kulit Anda lebih reseptif terhadap efek jenis cahaya ini.

3.Salep penekan imun

Jenis Obat-obatan penekan imun seperti halnya pimecrolimus (Elidel) dan tacrolimus (Protopic) dapat membantu anda menangani masalah kulit ini .namun yang perlu anda tahu Efek samping dari obat ini biasanya akan terjadi peningkatan risiko infeksi pada kulit anda.

4.Suntikan botulinum toxin

mengobati kasus dishidrosis yang parah Sejumlah dokter biasanya mempertimbangkan anjuran suntik botox (botulinum toxin) .

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *