Penyakit Amebiasis Gejala Penyebab Serta Pengobatan Di Rumah
Penyakit Amebiasis Gejala Penyebab Serta Pengobatan Di Rumah

Penyakit Amebiasis: Gejala, Penyebab Serta Pengobatan Di Rumah

Diposting pada

Penyakit Amebiasis merupakan sebuah penyakit yang di tumbulkan oleh sejenis parasit yang berada pada tubuh kita. Namun dalam pengertian lain penyakit ini juga di artikan sebagai sebuah penyakit yang dimana terjadi infeksi pada usus besar maupun juga bidsa menjalar sampai ke hati.

Dan yang perlu anda ketahui adalah jenis parasit penyabab terjadinya penyakit ini adalah amoeba jenis Entamoeba histolytica. Pada dasarnya dalam tubuh kita juga di dalamnya memiliki bebrapa jenis amoeba yang berguna dalam beberapa proses pencernaa. Namun amoeba jenis Entamoeba histolytica ini menjadi penyebab penyakit ambisiasis secara umum.

Tanda-tanda & gejala Amebiasis

Tanda-tanda & gejala Amebiasis

Gejala ambisiasis ini biasanya muncul setelah 2-4 minggu anda terinfeksi, namun mungkin butuh beberapa bulan untuk mendeteksi penyakitnya. Beberapa Gejala amebiasis adalah sakit perut, perut terasa kram, dan feses cair. Namun, berbeda dengan kebanyakan orang penderita lainnya penyakit ini tidak akan mengalami gejala signifikan.

Dalam bebrapa data Gejala umum pada penyakit ini diantaranya adalah :

  • Mengalami Diare ( setidakny 10 hingga 12 kali per hari)
  • disertai darah saat Diare
  • perut Kram
  • ketika Buang air besar dengan ciri-ciri feses kental
  • terdapat Gas dalam perut
  • demam,
  • sakit punggung,
  • dan lelah.

Penyebab Amebiasis

Untuk penyebab terjadinya penyakit ini kemungkinan besar adalah ketika anda mengkonsumsi makanan yang tidak higenis ataupun makanan yang sebelumnya sudah terkontaminasi oleh jenis parasit di atas. Selain itu adanya parasit ini biasanya akan menyebabkan beberapa gangguan pada sistem pencernaan anda seperti diare atau bahkan mengakibatkan kerusakan pada organ pencernaan anda.

Beberapa hewan yang umum kita jumpai disekitaran rumah kita nampaknya juga harus kita waspadai di karenakan beberapa hewan tersebut juga bisa menularkan parasit kedalam tubuh kita. Seperti nyamuk lalat dan serangga lainnya memiliki peran akan hal ini. jadi jagalah kebersihan rumah anda agar terhindar dari beberapa hewan diatas yang kemungkinan akan membawa penyakit ini.

Untuk penularan ke manusia melalui pasangan biasanya terjadi ketika anda melakukan hubungan anal dengan pasangan yang sudah terkena akan penyakit ini.

Faktor-faktor risiko Amebiasis

Untuk faktor-faktor risoko yang menjadi pendorong anda rentan terkena penyakit amebiasis adalah sebagai berikut:

Faktor-faktor risiko Amebiasis

  • ketika anda melakukam liburan atau Bepergian ke tempat-tampat yang memiliki kondisi kebersihan buruk
  • jika anda salah satu dari Orang yang melakukan seks oral dan anal
  • mereka Orang-orang dengan sistem ketahanan tubuh yang lemah atau menderita penyakit kronis lainnya sehingga mudah parasit ini masuk.
  • Orang yang tinggal di lingkungan dengan sanitasi sangat buruk, seperti penjara dan tempat- yang tidak layak
  • Bebrapa Orang dengan sistem kekebalan tubuh terganggu dan kondisi kesehatan lainnya

Obat & Pengobatan Amebiasis

Untuk pengobatan biasanya dokter menyarankan beberpa obat  diantaranya Metronidazole dan Iodoquinol. Penggunaan obat-obatan tersebut di percaya bisa menurunkan rasa sakit yang di akibatkan oleh parasit tadi. Namun yang perlu anda waspadai adalah efek samping dari obat ini biasaya anda akan mengalami mulut kering, mual, dan sakit kepala. Dan biasanya dalam urin anda akan berubah menjadi gelap setelah anda  konsumsi obat ini.

Dalam jangka waktu sembuh dari penyakit ini biasanya sekitar 1-2 minggu saja. Meskipun demikian anda harus tetap dalam perawatan yang intensif oleh dokter.

Karena di takutkan jika tanpa adanya campur tangan dokter, pasien yang terinfeksi akan Entamoeba dapat berisiko meninggal. Karena seperti yang telah di lansir Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada setiap tahunnya terdapat 70.000 orang meninggal akibat penyakit Amebiasis ini.

Pengobatan di rumah Amebiasis

Pengobatan di rumah Amebiasis

Pengobatan di rumah di maksudkan guna untuk Apa saja perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk mengatasi amebiasis yang sedang anda derita.

  • Mengkonsumsi obat-obatan sesuai dosis dan bekerja sama dengan dokter dalam proses perawatan agar penyakit ini bisa tepat dan cepat di tangani
  • Cobalah untuk Minum banyak air untuk mencegah dehidrasi atau diare
  • Jangan lupa juga untuk Rajin cuci tangan Anda dengan sabun dan air hangat untuk mencegah infeksi parasit ini bisa masuk dalam tubuh anda
  • Pastikan terlebih dahulu semua makanan dimasak dengan matang sebelum anda makan
  • Terakhir Pastikan jug dalam melakukan hubungan seksual yang sehat ( atau gunakan kondom)
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *