Musim Penghujan Waspada Terkena Chikungunya Flu Tulang. Cegah Sebelum Terlambat
Musim Penghujan Waspada Terkena Chikungunya Flu Tulang. Cegah Sebelum Terlambat

Musim Penghujan Waspada Terkena Chikungunya (Flu Tulang). Cegah Sebelum Terlambat

Diposting pada

Siapa sih yang tidak kenal dengan penyakit jenis Chikungunya ini. penyakit ini begitu banyak di laporkan terutama pada tahun 2017. Di sebagian kota-kota besar indosnesia memiliki data akan kasus Chikungunya ini.

Dalam istilah lain penyakit Chikungunya ini juga di sebut dengan nama Flu Tulang. Dimana ini di ambil karena pada dasarnya penyakit ini terjadi secara tiba-tiba yang menyebabkan nyeri pada sendi dan munculnya demem secara mendadak. Adapaun untuk penularannya sendiri Chikungunya ini di tularkan oleh sebuah nyamuk dengan jenis Aedes aegypti, yang dimana nyamuk ini juga merupakan penyebab dari terjadinya penyakit demam berdarah.

Penyebab Chikungunya

Seperti yang telah di katakan sebelumnya bahwa penyakit Chikungunya ini merupakan sebuah penyakit yang di bawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Selain nyamuk jenis itu, terdapat pula nyamuk yang menyebabkan masalah yang sama yaitu nyamuk dengan jenis Aedes albopictus.

Chikungunya

Dalam penularannya sendiri yang perlu anda pahami penyakit ini tidak di tularkan secara kontak langsung atau dengan memegang benda yang telah terkontaminasi sebelumnya, melainkan di sebabkan oleh gigitan nyamuk yang terlebih dahulu nyamuk tersebut menggigit pada orang yang telah terinfeksi akan penyakit Chikungunya ini sehingga nyamuk tersebut membawa virus penyebabnya.

Teruntuk pada bayi yang baru lahir dan pada lansia dengan umur 65 ke atas paling rentan akan penyakit ini. namun tidak sampai di situ saja pada orang-orang yang mengalami masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, diabetes, dan juga hipertensi juga rentan terjadi pada mereka. Dan bagi anda yang tidak pada beberap risiko di atas, agar tetap berhati-hati, karena pada dasarnya penyakit jenisĀ  Chikungunya ini dapat menyerang siapa saja.

Gejala Chikungunya

Di sebagian kasus yang muncul di permukaan, penyakit Chikungunya ini tidak menunjukkan gejala dan tanda-tanda nya sama sekali. Namun umumnya pada kasus yang sering terjadi, pada pasien akan menunjukkan beberapa gejala dan tand-tandanya seperti:

  • Mengalami Demam hingga 39 derajat Celsius
  • Mengalami Nyeri pada otot dan sendi
  • Mengalami Sendi bengkak
  • Mengalami Nyeri pada tulang
  • Mengalami Sakit kepala
  • Mengalami Muncul ruam di tubuh
  • Mengalami Lemas
  • Mengalami Mual

Beberapa gejala di atas umumnya hanya terjadi pada kisaran 3-7 hari saat sesorang setelah tergigit nyamuk penyebab Chikungunya. Setelah ini keadaan mulai membaik kira-kira setelah seminggu anda mengalami sakit tersebut. Yang paling parah dari penyakit Chikungunya ini adalah anda akan mengalami kelumpuhan yang bersifat sementara akibat adanya infeksi pada tulang-tulang anda. dan jika hanya terjadi nyeri biasanya gejala ini dapat berlangsung lama hingga berbulan-bulan.

Pengobatan Chikungunya

UntukĀ  kasus Chikungunya ini pada dasarnya penyakit biasa sembuh dengan sendirinya, maka dari itu untuk pengobatan khuususnya tidaklah di perlukan.

Namun jika dirasa penyakit Chikungunya ini sangat mengganggu aktifitas anda, mungkin beberapa obat dari dokter juga akan di perlukan seperti

  • Obat dengan jenis paracetamol
  • Obat ibuprofen

Di samping pemakaian obat-obatan stersebut , pasien juga akan disarankan untuk banyak minum dan istirahat yang cukup

Pengobatan Chikungunya

Pencegahan Chikungunya

Beberpa langkah yang bisa anda lakukan dirumah guna mengatasi masalah Chikungunya ini umumnya di sebut dengan 3M. Apakah 3M itu..?? berikut penjelasannya:

  • M yang pertama adalah dengan Menutup rapat tempat penyimpanan air.
  • M yang kedua Menguras tempat penampungan air.
  • M yang ke tiga Mengubur barang bekas yang bisa menampung air.

Sedangkan tindakan Plus (tambahan) yang dapat dilakukan untuk membantu 3M, yaitu:

Bebera tindakan lain juga di perlukan guna membantu dalam mengatasi masalah Chikungunya selain 3M, diantaranya seperti:

  • Langkah pertama dengan Menaburkan bubuk abate pada tempat penampungan air.
  • Kemudian Memasang kawat anti-nyamuk di ventilasi rumah.
  • Setelah itu Menggunakan kelambu saat tidur.
  • Serta Menanam tumbuhan pengusir nyamuk.
  • Dan yang terakhir dengan Menghentikan kebiasaan menggantung pakaian karena dapat menjadi sarang bagi nyamuk
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *