Mengenal Labih Jauh Tentang Penyakit Alergi Makanan
Mengenal Labih Jauh Tentang Penyakit Alergi Makanan

Mengenal Labih Jauh Tentang Penyakit Alergi Makanan

Diposting pada

Pada hakikatnya penyakit ini muncul sudah di anggap umum di kalangan masyarakayt kita. Karena dari sekian banyak penyakit pada manusia, penyakit Alergi Makanan ini pasti sudah pernah di alami oleh semua orang baik yang sadar terkena masalah ini atu hanya menganggapnya sepele.

Dalam pengertiannya sendiri penykit Alergi Makanan ini merupakan suatu kondisi dimana alergi yang muncul di sebabkan setalah memakan makanan jenis tertentu. Selain itu, hal ini juga dapat di lihat dari adanya reaksi yang berlebih dari imun anda terhadap makanan yang masuk dan menganggapnya berbahya untuk tubuh anda padahal sebenarnya tidak.

Alergi Makanan

Dari reaksi imun anda tersebut maka dapat memunculkan suatu reaksi yang bermacam-macam pada tubuh dari yang tergolong ringan hingga dapat menmbulkan suatu reaksi yang cukup parah. Dalam kasus yang ringan umumya akan memumculkan rasa gatal, demam, bibir bengkak dan sebagainya. Namun pada kasus yang terbilang parah biasanya akan mengakibatkan adanya syok anafilaktik. Yang perlu anda ketahui sebelumnya adalah syok anafilaktik ini berarti suatu gejala yang dapat  membahayakan jiwa anda apabila tidak segera mendapatkan pengobatan yang serius.

Tanda-tanda & gejala Alergi Makanan

Untuk gejala dan tanda-tanda yang umumnya di alami seseorang dengan masalah Alergi Makanan sebenarnya sudah kami sebutkan di atas tadi, namun kadang juga beberapa gejala lain bisa muncul setelah anda mengkosumsi makanan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Munculnya Sensasi geli atau gatal di mulut.
  • Mengalami Bintik-bintik merah, gatal, atau eksim.
  • Mengalami Bengkak pada bibir, wajah, lidah, tenggorokan, atau bagian tubuh lainnya.
  • Mengalami Hidung tersumbat.
  • Mengalami Sakit perut, diare, mual, atau muntah.
  • Mengalami Pusing, terasa mau pingsan, atau pingsan

Yang anda harus pahami, beberapa gejala yang muncul di atas ini umumnya akan muncul sekitar satu jam atau lebih setelah anda menyantap makanan yang kiranya dapat menimbulkan alergi.

Penyebab Alergi Makanan

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, bahwa alergi makanan ini dapat terjadi di karenakan pada sisitem imun anda secara berlebihan mendeteksi masuknya makanan atau zat asing sebagai pertanda bahaya bagi tubuh. Pada kasus ini umumnya rerjadi pada makanan dengan jenis protein. Adapaun untuk zat sebagai pemicu dari munculnya alergi di sebut dengan alergen.

Penyebab Alergi Makanan

Untuk memunculkan adanya alergi di butuhkan beberapa takaran tertentu sebagai  jumlah zat alergen yang masuk. Namun bila masuknya hanya sedkit saja, kadang ini tidak akan menimbulkan suatu alergi atau tidak memberikan efek sama sekali.

Dan jika pada masuknya zat alergen sudah melewati batas atau kebanyakan biasanya tubuh akan memberikan suatu reaksi berupa munculnyaalergi tersebut. Maka dari itu munculnya masalah  Alergi Makanan bisa di lihat pada saat dewasa saja.

Makanan pemicu Alergi Makanan

Dari sekian banyak penyebab Alergi Makanan, berikut di bawah ini merupakan beberpa penyebab Alergi Makanan yang umum di alami pada masyarakat kita, diantaranya adalah:

Kacang

Biji-bijin dengan jenis kacang ini umumnya menjadi penyebab utama pada timbulnya Alergi Makanan pada tubuh anda. karena pada dasarnya kacang merupakan suatu pemicu alergi yang bisa mengkibatkan efek yang sangat buruk pada tubuh anda.

Telur

Selain kacang, telur yang kaya akan manfaat juga dapat menjadi faktor utama seseorang menglami Alergi Makanan.

Makanan laut

Alergi Makanan makanan juga kadang dapat terjadi pada saat seseorang mengkonsumsi makanan laut seperti kerang, cumi-cumi dan beberapa hewan laut yang kayaa akan protein.

Gandum

Beberapa jenis gandung juga dapat menjadi faktor seseorang mengalami Alergi Makanan yaitu gandung yang kaya albumin, globulin, gliadin, dan gluten.

Bawang putih

Seperti dalam penyebab-penyeba sebelumnya bawang putih juga dapat menjadi faktor untuk seseorang mengalami  Alergi Makanan di karenakan Ketika imun tubuh keliru mendeteksi zat di dalam bawang, tubuh akan menimbulkan reaksi alergi.

Pengobatan di rumah Alergi Makanan

Pengobatan di rumah Alergi Makanan

  • Cobalah untuk Menghindari makanan yang bermasalah
  • Terlebih dahulu untuk membaca label kandungan makanan dengan saksama di dalamnya.
  • Selalu bawa obat alergi.
  • Jangan ragu untuk memberi tahu keluarga Anda atau orang-orang terdekat anda sepeti guru jika anak Anda memiliki alergi makanan.

Dan yang terakhir untuk selalu mencuci peralatan dengan hati-hati sebelum menyiapkan makanan bayi anda. karena kebiasaan  ini dapat membantu mencegah penyebab alergi.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *