Masalah Edema Gejala Penyebab Pengobatan Dan Pencegahan
Masalah Edema Gejala Penyebab Pengobatan Dan Pencegahan

Masalah Edema : Gejala, Penyebab , Pengobatan Dan Pencegahan

Diposting pada

Edema merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi berupa pembengkakan yang di sebabkan oleh penimbunan atau penumpukan cairan secara terus menerus. Pada masalah ini biasanya dapat berpengaruh di bebrapa anggota badan misalnya paling umum adalah di bagian tangan, lengan, pergelangan kedua kali maupun pada tangan bagian atas.

Edema memberi tanda kepada tubuh anda bahwa adanya kebocoran cairan tubuh melalui dinding pembuluh darah. Adanya Cairan ini akan menumpuk pada jaringan di sekitar dan berefek pada pembengkakan. Selain munculnya berupa pembengkakan, nampaknya masalah satu ini juga memiliki ciri berupa kulit yang tampak meregang. Ketika ditekan, akan terbentuk cekungan pada kulit yang lebih lama kembali ke posisi semua. Sedangkan apabila masalah edema ini terjadi pada rongga perut, akan menyebabkan perut tampak membesar.

Salah satu  ciri dari edema ini adalah apabila pembengkakan yang menjalar di berbagai anggota tubuh dan apabila bengkak ini tekan atau di tahan maka tidak akan cepat kembali atau cekung selain itu dalam kasus lain terdapat pula ciri pada kulit yaitu kulit berubah menjadi meregang. Lain halnya apabila penyakit edema ini berada di perut maka otomatis perut ada akan berubah menjadi besar. Hal ini dapat terjadi di karenakan munculnya Edema adalah adanya kebocoran berupa cairan pada tubuh anda yang kemudian keluar melalui dinding pembuluh darah.

Faktor yang Menjadi Penyebab Edema

Faktor yang Menjadi Penyebab Edema

Edema sering terjadi apalagi anda seorang wanita yang berapa pada masa kehamilan. Maka edema ini akan anda alami seperti pada kaki dan juga pergelangan kaki sehingga membuat anda tidak merasa normal. Selain dari itu jika anda sering berada pada posisi duduk dalam jangkau lama seperti pekerja kantoran, sopir maupun dalam perjalanan jauh menggunakan kendaraan darat maka anda akan lebih rentan terhadap masalah ini. menkonsumsi makanan dengan kandungan garam secara berlebih di jelas kan juga dapat berpengaruh dalam hal ini.

Selain hal-hal di atas Edema juga dapat di sebabkan apabila anda menglami masalah kesehatan serius. Berikut di bawah ini beberapa penyakit yang dapat menimbulkan efek edema diantaranya adalah:

  • Anda berada pada Gagal jantung kongestif
  • Penyakit Sirosis
  • Terjadinya Infeksi
  • Reaksi alergi yang parah sehingga berkemungkinan berefek edema
  • Adanya Penyumbatan pembuluh darah
  • Penyakit ginjal baik itu parah maupun sedang
  • Adanya Gangguan peredaran cairan kelenjar getah bening (sistem limfatik)
  • Gangguan Defisiensi protein jangka panjang yang berat (malnutrisi energi protein).

Cara Penanganan Edema

Masalah Edema ini juga dapat tangani dengan mandiri di rumah maupun juga dengan mengonsumsi obat-obatan melalui konsultasi dokter.

Masalah edema nampaknya jangan anda remehkan karena seperti di sampaikan di atas bisa jadi gejala  dari penyakit-penyakit serius. Namun apabila anda sudah termasuk kategori penderita edema ini kami akan berikan solusi pengobatan rumahan maupun pengobatan menggunakan obat-obat dari dokter.

Cara Penanganan Edema

Berbeda dengan kasus edema yang masih tergolong ringan, dalam  penanganan maupun mengatasinya pun hanya memerluka pengibatan di rumah saja, hal ini berguna untuk meringankan edema dan gejala yang biasanya ditimbulkannya.

Berikut beberapa cara pengobatan edema ringan di rumah menggunakan beberapa kebiasaan sehat yang mudah untuk anda terapkan, diantaranya adalah:

  • Memakan makanan sehat, cobalah untuk menghindari makanan produk yang sudah dikemas dan diproses yang memiliki kandungan garam yang tinggi.
  • Jauhi merokok dan minum alkohol.
  • Rubahlah gaya hidup malas anda menjadi Rutin melakukan olahraga ringan, yang dapat membantu mencegah masala pembengkakan ini.

Pengunaan jenis obat deuretik menjadi salah satu cara apabila edema yang anda alami akibat dari penyakit yang anda derita dan penyakit ini tentunya cukup parah. Namun untuk menggukana obat jenis deuretik ini tentunya harus menggunakan resep dokter dikarenaka dari beberapa kasus lain obat ini termasuk obat keras yang penggunaan nya biasaya untuk penderita edema akibat penyakit jantung. Dan yang perlu anda ketahui efek deuretik ini di ambil karena dapat menghilangkan edema melalui urine. Dan apabila pemberian  obat ini tidak melalui resep dokter di khawatirkan malah akan membuat anda dehidrasi dan kehabisan cairan karena efe obat tersebut.

Pencegahan

Beberapa Hal yang penting yang harus dilakukan guna mencegah dan mengatasi masalah edema ini adalah melakukan perubahan pola hidup dan juga buka itu saja pola makan menjadi lebih sehat juga harus di jaga, misalnya adalah dengan menghindari makanan yang berlebihan dalam menggunakan garam. Jika anda sudah terdeteksin mengalami gejala edema, lakukan segera konsultasi  lebih lanjut pada dokter di klinik-klinik kesehatan terdejat anda agar dapat diberikan penanganan yang cepat dan tepat sesegera mungkin.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *