Ketahui Lebih Dalam Tetang Penyebab Divertikulitis Atau Peradangan Di Usus Besar
Ketahui Lebih Dalam Tetang Penyebab Divertikulitis Atau Peradangan Di Usus Besar

Ketahui Lebih Dalam Tetang Penyebab Divertikulitis Atau Peradangan Di Usus Besar

Diposting pada

Diverkulitis merupakan sebuah penyakit yang terjadi pada organ dalam anda yaitu usus. Dalam pengartiannya sendiri penyakit Diverkulitis ini merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada kantung-kantung usus besar anda. selain peradangan, masalah ini juga dapat di akibatkan karena adanya sebuah infeks. Radang ini biasanya dapat berkembang menjadi radang minor, adapun jika di sebabkan oleh infeksi biasanya infeksi ini jika di biarkan akan menjadi infeksi serius.

Akibat adanya Diverkulitis ini kadang juga menimbulkan masalah berkelanjutan yaitu komplikasi. Untuk beberapa komplikasi yang di sebabkan dari penyakit Diverkulitis ini biasanya adalah, mengalami pendarahan dari usus besar, usus mengalami penyumbatan, terjadinya abses, dan juga kemungkinan dindinng pada usus besar bisa mengalami pecah.

Divertikulitis

Yang perlu anda ketahui sebelumnya adalah, usus besar ini merupakan bagian akhir dari saluran pencernaan anda, dimana usus besar ini mempunyai tugas penting yaitu sebagai media penyerap air dan juga vitamin dari makanan. Setelah itu, usus besar ini juga berfungsi sebagai pengubah dari makanan menjadi feses yang kemudian di keluarkan melalui lubang anus.

Tanda-tanda & gejala Divertikulitis 

Untuk tanda-tanda dan gejala dari penyakit Diverkulitis ini yang paling umum di temui pada pasien biasanya mengalami beberapa hal berikut, sepertia:

  • Untuk gejala yang pertama biasanya mengalami Kram dan nyeri pada perut bawah secara tidak teratur,
  • Rasa nyeri ini akan semakin sering dan menjadi konstan
  • Kemudian mengalami Kembung
  • mengalami Demam
  • mengalami Menggigil
  • mengalami Sembelit atau diare
  • mengalami Kehilangan napsu makan
  • dan mengalami mual.

Perlu anda waspadai, pada kasus Divertikulitis ringan biasanya tidak memunculkan gejala dan tanda-tanda apapun. namun jika anda mengalami beberapa gejala dan tanda-tanda di bawah ini, Divertikulitis yang anda derita sudah masuk dalam kategori parah. Gejalanya adalah:

  • mengalami Sakit pada perut yang semakin parah, terutama pada sisi kiri perut anda
  • mengalami Demam dengan 38 derajat Celcius atau bahkan lebih.

Penyebab Divertikulitis 

Seperti yang telah di katakan di atas sebelumnya, kasus Divertikulitis ini di sebabkan kerena adanya infeksi atau peradangan pada lapisan usus yang berbentuk kantong-kantong.

Selain itu, kadang infeksi ini juga dapat di sebabkan karena adanya keterlambatan pencernaan makanan dlaam melewati usus besar. Ketika Divertikulitis ini tersumbat oleh makanan atau feses maka dapat menyebabkan kerobekan pada kantung usus tersebut. Yang di takutkan jika sobekan ini terus melebar, karena akan meningkatkan jumlah bakteri yang masuk pada usus tersebut. Dari bakteri ini kemudian menyebabkan bakteri, setelah itu,  biasanya akan menimbulkan semacam rongga dengan isi nanah di dalamnya.

Faktor-faktor risiko Divertikulitis 

Faktor-faktor risiko Divertikulitis 

Faktor-faktor Risiko disini di maksudkan guna anda mengetahui hal-hal apa saja yang menjadikan anda lebih rentan terkena penyakit Divertikulitis. Dan diharapkan setalah anda mengetahui dari beberapa faktor-faktor risiko tersebut anda bisa berhati-hati ketika anda dalam kondisi seperti di bawah ini.

Diantara  yang meningkatkan seseorang lebih rentan terkena penyakit Divertikulitis ini adalah:

  • jika anda Mengonsumsi makanan yang rendah serat
  • dalam keluarga anda, ada salah satu anggota pernah mengalami diverkulitis
  • Penggunaan obat jenis nonsteroidal anti-inflammatory drugs atau NSAIDs
  • Penggunaan obat aspirin secara rutin selama bertahun-tahun.

Pengobatan di rumah Divertikulitis 

Pengobatan rumah ini di tujukan agar anda melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dengan kebiasaan-kebiasaan atau rutinitas sehari-hari anda di rumah, dan jangan lupa untuk tidak meninggalkan saran dan beberapa anjuran yang telah di sampaikan dokter. Dengan kebiasaan dan tetap menjaga anjuran dari dokter ini, anda diharapkan dapat terbebas dan mengatasi masalah Divertikulitis dengan mudah.

Dintara perubahan gaya hidup yang bisa anda terapkan di rumah guna mengatasi Divertikulitis adalah:

  • Melakukan aktifitas fisik atau Olahraga rutin setidaknya 30 menit untuk mendorong fungsi usus yang normal serta mengurangi tekanan pada usus besar.
  • Makan makanan yang kaya akan serat karena makanan jenis ini dapat melunakkan material pembuangan dalammelewati usus besar dengan cepat.
  • Jangan lupa untuk Minum banyak cairan, karena minum air pula dapat membantu pencernaan anda lancar tanpa sembelit.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *