Idap Degenerasi Makula Hati Hati Karena Dapat Picu Bebutaan
Idap Degenerasi Makula Hati Hati Karena Dapat Picu Bebutaan

Idap Degenerasi Makula, Hati-Hati Karena Dapat Picu Kebutaan

Diposting pada

Pada kasus ini biasanya merupakan penyebab utama dari seseorang mengalami kebutaan. Degenerasi Makula ini sendiri merupakan mempunyai arti sebuah penyakit yang menyerang mata, terutama pada pada usia-usia lanjut yang mengkibatkan kurangnya kemampuan untuk melihat.

Adapun untuk jenis Degenerasi Makula ini sendiri terbagi atas dua jenis

  • degenerasi makula kering dan
  • degenerasi makula basah.

Degenerasi Makula

Yang perlu anda ketahui adalah dari pada laki-laki, penyakit degenerasi makula ini lebih rentan terjadi pada perempuan terutama pada usia-usia lanjut sekitar 60 tahun ke atas. Dari sinilah jika anda mempunyai nenek yang kirnaya sudah berusia 60 tahun cobalah untuk menjaga kesehaatan mata beliau dengan rajin mengajak check up ke dokter mata minimal 3 bulan sekali. Langkah ini di lakukan sebagai langkah pencegahan demi kesehatan mata orang tersayang anda.

Tanda-tanda & gejala Degenerasi Makula

Untuk melihat tanda-tanda dan gejala dari penyakti Degenerasi makula ini, kita harusnya melihat dari jenis Degenerasi makula ini sendiri. Karean pada dasarnya jika jenis Degenerasi makula berbeda, maka akan berbeda pula tanda-tanda dan gejalanya.

Degenerasi makula kering

  • mengalami Gangguan penglihatan,
  • terdapat rasa kabur ketika melihat sesuatu benda.
  • Dan yang terkhir pada Saat penyakit semakin memburuk, titik redup ini akan muncul antara penglihatan Anda dan menjadi lebih gelap lagi.

Degenerasi makula basah

Berbeda dengan tanda-tanda dan gejal dari degenerasi makula kering di atas, pada degenerasi makula basah biasanya seseorang akan mengalami beberapa hal di bawah ini, diantaranaya adalah:

  • Saat meilhat sesuatu akan terutama pada benda lurus akan akan terlihat bergelombang
  • pandangan terlihat redup
  • kesulitan penglihatan pun

selain beberpaa geja umum di atas, terdapat pula beberap gejala yang belum di sebutkan yang mungkin juga di alami oleh seseoran dengan penyakit Degenerasi makula. Jika anda mengalami masalah itu, segeralah lakukan konsultasi kepada dokter terdekat guna mendapatkan penanganan yang baik dan tepat agar tidak sampai menyebabkan masalah yang lebih serius dan mengancam jiwa anda.

Penyebab Degenerasi Makula

Penyebab Degenerasi Makula

Sama seperti tanda-tanda dan gejala di atas, peyebab dalam masalah Degenerasi makula ini tergantung pula pada jenisnya. Untuk itu simak beberap penyebab berdasarkan jenisnya di bawah ini.

  1. Denegerasi makula kering:

Dalam makula kering Penyebab yang paling umum adalah lapisan makula yang semakin menipis dan juga kehilangan kemampuan untuk berfungsi.

  1. Degenerasi makula basah

Untuk penyebab makula basah  adalah Terjadi ketika pembuluh darah abnormal di belakang retina anda mulai tumbuh. Pembuluh darah baru yang rapuh ini dapat menyebabkan perdarahan di makula. Hal ini merupakan alasan utama yang menyebabkan kehilangan penglihatan.

Faktor-faktor risiko Degenerasi Makula

Faktor-faktor Risiko disini di maksudkan guna anda mengetahui hal-hal apa saja yang menjadikan anda lebih rentan terkena penyakit Degenerasi Makula ini . Dan diharapkan setalah anda mengetahui dari beberapa faktor-faktor risiko tersebut anda bisa berhati-hati ketika anda dalam kondisi seperti di bawah ini.

Diantara  yang meningkatkan seseorang lebih rentan terkena penyakit Degenerasi Makula ini adalah:

  • pada Usia. Degenerasi makula semakin rentan terjadi pada usia lanjut.
  • Jika anda mempunyai Riwayat keluarga yang juga punya masalah degenerasi makula.
  • Seorang yang mempunyai kebiasaan Merokok.
  • Setelah melakukan Obesitas.
  • Jika seseorang Pola makan tidak sehat.’

Pengobatan di rumah Degenerasi Makula

Pengobatan di rumah Degenerasi Makula

Pengobatan rumah ini di tujukan agar anda melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dengan kebiasaan-kebiasaan atau rutinitas sehari-hari anda di rumah dan jangan lupa untuk tidak meninggalkan saran dan beberapa anjuran yang telah di sampaikan dokter. Dengan kebiasaan dan tetap menjaga anjuran dari dokter ini anda diharapkan dapat terbebas dan mengatasi masalah Degenerasi Makula dengan mudah.

Dintara perubahan gaya hidup yang bisa anda terapkan di rumah guna mengatasi Degenerasi Makula adalah:

  • Jangan lupa untuk Makan lebih banyak buah-buahan, sayuran, ikan, dan menghindari makanan tinggi lemak
  • Dilarang merokok pada Degenerasi Makula ini
  • Jangan lupa pula Lakukan pemeriksaan mata berkala dan ikuti petunjuk dokter
  • Hindari Membaca atau melakukan hal-hal yang membutuhkan ketajaman mata berlebih.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *