Gangguan Kecemasan Anxiety Disorder 1
Gangguan Kecemasan Anxiety Disorder 1

Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder): Penyebab, Jenis, Pencegahan

Diposting pada

Apakah anda tahu  Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder)?

Gangguan kecemasan atau anxiety disorder adalah rasa cemas berlebihan yang dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari anda. Kondisi ini umumnya dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Dan yang Perlu anda ketahui juga, kelainan atau gangguan kecemasan ini dapat menyebabkan penderitaan dan mengganggu kemampuan seseorang untuk menjalani hidup normal seperti kebanykan manusia biasa.

Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder)

Berikut ini Penyebab Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder)

Penyebab gangguan kecemasan dapat merupakan kombinasi dari beberapa faktor di antaranya adalah:

  • munculnya aktivitas berlebihan dari bagian otak yang mengendalikan emosi dan tingkah laku anda secara pribadi .
  • Senyawa serotonin dan noradrenalin yang tidak seimbang di dalam bagian otak.
  • Pernah mengalami suatu hal trauma, misalnya kekerasan dalam rumah tangga serta perundungan.
  • Penggunaan obat terlarang dan mengonsumsi minum minuman beralkohol secara berlebih .

Faktor Risiko Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder)

Di bawah ini Terdapat beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena gangguan kecemasan di antaranya adalah:

  1. Trauma
  2. Stres karena penyakit tertentu
  3. Stres yang menumpuk
  4. Memiliki kepribadian tertentu
  5. Gangguan kesehatan mental lain
  6. Memiliki kerabat yang memiliki gangguan kecemasan
  7. Menggunakan obat-obatan terlarang dan alkohol

Jenis-Jenis Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder)

Bukan hanya gejala kecemasan (anxiety disorder ) yang harus Anda kenali dan perhatikan ,namun juga jenis gangguan kecemasan berikut ini, di antaranya ialah :

1. Gangguan Panik

Orang dengan Gangguan Panik  ini memiliki perasaan yang meneeror juga  menyerang secara tiba-tiba dan berulang kali tanpa peringatan terlebih dahulu dari respon otak.

Gejala dari kondisi ini termasuk berkeringat, nyeri pada dada, palpitasi (detak jantung kencang atau tidak teratur), dan perasaan tersedak atau tercekik pada tenggorokan . Gangguan ini juga dapat berisiko membuat Anda mengalami serangan jantung .

Gangguan Panik

2. Gangguan Kecemasan Sosial

Biasa juga dikenal dengan fobia sosial adalah gangguan yang melibatkan rasa khawatir berlebihan dan kesadaran diri tentang situasi sosial sehari-hari.

Rasa khawatir di sini sering disebabkan oleh rasa takut dihakimi oleh orang lain, atau ketakutan ketika Anda akan berperilaku memalukan atau menimbulkan ejekan.

3. Gangguan Kecemasan Umum

Ini adalah rasa khawatir yang berlebihan dan ketegangan yang tidak realistis. Kondisi ini terjadi meskipun hanya ada sedikit masalah yang menimbulkan kecemasan atau justru tidak ada pemicunya sama sekali.

Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan dengan Perubahan Gaya Hidup

Sebelum masuk ke dalam perawatan gangguan kecemasan secara psikologis dan medis, perlu diketahui juga bahwa gejala gangguan kecemasan juga dapat diredakan dengan perawatan mandiri berupa perubahan gaya hidup.

Berikut adalah beberapa perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk membantu meringankan gejala gangguan kecemasan:

  1. Aktivitas fisik. Olahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan mood dan menjaga kesehatan fisik, aktivitas ini dapat membantu meredam gejala gangguan kecemasan.
  2. Atur pola makan. Konsumsi makanan sehat dan seimbang gizi dapat membantu Anda lebih sehat secara fisik maupun mental.
  3. Hindari alkohol dan narkoba. Zat-zat ini sangat berpotensi untuk memperburuk gangguan kecemasan sehingga wajib dihindari.
  4. Berhenti merokok dan kurangi konsumsi kafein. Nikotin dan kafein juga dapat memperburuk gejala kecemasan.
  5. Manajemen stres dan teknik relaksasi. Teknik relaksasi yang mampu meredakan gejala gangguan kecemasan meliputi teknik visualisasi, meditasi, dan yoga.
  6. Pastikan tidur cukup. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat memengaruhi kondisi mental Anda.

Pencegahan Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder)

Pencegahan Gangguan Kecemasan

Tidak ada cara pasti yang dapat dilakukan untuk memprediksi gejala kecemasan. Meskipun begitu, beberapa langkah berikut ini dapat dilakukan untuk mengurangi dampak gejala gangguan kecemasan:

  • Mencari bantuan lebih awal. Jika sudah merasakan gejala, jangan menunggu, semakin dibiarkan makan kondisi mental dapat semakin sulit diatasi.
  • Tetap aktif. Menjalani aktivitas yang menyenangkan dan membuat Anda nyaman sangat baik. Menikmati interaksi sosial dapat mengurangi kekhawatiran Anda.
  • Hindari penggunaan alkohol dan narkoba. Apabila Anda terlanjur mengalami kecanduan terhadap zat ini, segera berkonsultasi ke ahli untuk mengatasinya.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *