Emfisema Penyebab Resiko Pengobatan Serta Pencegahan Penyakit Ini
Emfisema Penyebab Resiko Pengobatan Serta Pencegahan Penyakit Ini

Emfisema: Penyebab, Resiko, Pengobatan Serta Pencegahan Penyakit Ini

Diposting pada

Emfisema merupakan sebuah penyakit yang menyerang pada paru-paru anda dengan menghilangkan ke elastisan yang harus nya di miliki pada organ paru-paru ini. hal tersebut dapat di akibatkan karena penyakit ini dapat merusak kantung-kantung udara yang terdapat di dalam paru-paru. Namun ada yang menyebutnya pula bahwa penyakit ini mirip dengan penyakit paru Obstruktif Kronis (PPOK).

penyebab

Paparan berlebihan terhadap iritan kimia, seperti asap rokok merupakan salah satu penyebab dari penyakit ini. selain dari itu ada juga akibat polusi udara yang berbahya yang kemungkinan anda hirup apalagi anda seorang  pekerja pabrik yang mengolah berpa tekstil akan lebih rentan terhadap penyakit ini.

Penyebab.Emfisema

Penyebab awal mulanya, biasanya paru-paru Anda mungkin akan meradang akibat paparan yang terlalu sering seperti asap roko, atupu polusi udara yang berbahaya.kemudian Akibat paparan itu, paru-paru Anda akan mengalami kehilangan elastisitasnya sehingga mempersempit saluran napas dan menghambat aliran udara yang masuk.dan kemudian  Terjadilah gangguan pernapasan pada tubuh anda..

Unsur genetika merupan salah satu penyebab dari penyakit ini meskipun masih jarang teradi pada pasien. Namun lain halnya dengan asap rokok, karena umum terjadi penyakit ini akibat merokok. Tidak hanya itu saja, berbagai penyakit bisanya di dasari terlebih dahulu akibat kebiasaan merokok.

Resiko Emfisema

Jika anda seorang perokok apalagi yang sudah dalam kategori akut, hendaknya anda harus segera memberhentikan kebiasaan buruk ini. karena penyakit ini biasanya baru di ketahui setelah usia-usia paruh baya yang pada masa mudanya enggan untuk memberhentikan kebiasaan merokok. Tidak sampai disitu, untuk anda yang perempuan memiliki harus juga berhati-hati karena penyakit ini tidak hanya merang kaum laki-laki tapi juga kaum wanita.

Menurutp enelitian para ahli bahwasannya  para perokok meningkatkan risiko mereka untuk terkena emfisema sebanyak 13 kali lebih besar di bandignkan dengan yang normal. Tidak hanya itu untuk anda yang tidak perokok juga rentan terkena penyakit ini apabila teman maupun lingkungan yang ada tinggali kental sekali dengan asap rokok sehingga anda dapat terpapar asap rokok tersebut.

Para pekerja pabrik tertentu adalah salah satu contoh yang kemungkinan juga terkena penyakit emfisema ini. hal tersebut dapat di katakan demikian karena pekerja pabrik yang terkena paparan polusi akan lebih mudah terganggu sistem kerja paru-paru nya.

Gejala dan tanda-tanda emfisema

Gejala emfisema biasanya akan memburuk ketika Anda berolahraga. Salah satu gejala yang paling umum adalah sesak napas yang juga mungkin disertai batuk. Berikut adalah beberapa gejala lain yang akibat penyakit ini.

Salah satu gejala yang paling umum di alami penderita emfisema adalah sesak napas yang juga mungkin disertai batuk apalagi kondisi ini akan di perparah ketika anda melakukan aktifitas olahraga.

Gejala dan tanda-tanda emfisema

Selain dari kedua gejala umum di atas berikut di bawah ini merupakan gejala-gejala lain yang juga timbul pada penderita emfisema, diantaranya adalah:

  • dari waktu ke waktu Sesak napas yang malah memburuk
  • infeksi Lebih mudah masuk kedalam tubuh anda
  • di paru-paru terdapat Lendir (dahak) yang berlebih
  • merasa Kelelahan, keletihan
  • sebagai upaya tubuh dalam meningkatkan ukuran paru-paru Bagian tengah paru-paru yang membesar. Atau dalam istilah medis Kondisi ini disebut juga barrel chest
  • akibat kekurangan oksigen Kulit atau kuku yang menjadi kebiruan

selain gejala-gejala di atas nampaknya jika anda mengalami detak jantung cepat, penurunan berat badan, depresi, dan Kelelahan adalah gejala lain biasanya juga muncul akibat emfisema. Jika ini terjadi pada anda , segera carilah bantuan medis sehingg dapat di tangani dengan tepat.

Obat dan pengobatan

Pada kebanyakan kasus penyakti Emfisema ini tergolong kepada penyakit kronis. Artinya adalah suatu penyakit ini tidak dapat disembuhkan total . Meskipun dari kebanyakan dokter mengatakan hal demikian  , untuk penangan penyakit ini masih dapat dikendalikan dengan obat-obatan yang tentunya harus dengan resep dokter. Selain penggunaan obat-obatan ada juga tahapan terapi dan operasi juga yang dapat membantu mengendalikan penyakit ini dan meningkatkan kualitas hidup anda

pencegahan

Pencegahan

Beberapa pengobatan di bawah ini merupakan cara mengtasi maupun mencegah agar penyakit berbahaya ini tidak sampai terjangkit pada anda.naumun tentunya bisa anda terapkan beberapa hal tersebut di rumah maupun dengan bantuan dokter.

  • Segera Berhenti merokok adalah pengendalian emfisema dan penyakit paru yang paling efektif untuk segera anda lakukan. Dan juga Menghindari polutan seprti polusi udara yang bahaya juga akan membantu agar kondisi ini tidak memburuk.
  • Memilih Program rehabilitasi paru yang di mana di dalamnya akan mengajarkan Anda cara untuk berlatih pernapasan, cara mengurangi stres, dan cara berolahraga dengan meski anda menderita penyakit emfisema.
  • Melakukan Terapi oksigen.
  • Menggunakan Obat-obatan untuk mengurangi peradangan (anti-inflamasi).
  • Menggunakan Obat-obatan untuk membuka saluran udara dan mengencerkan dahak (bronkodilator) namun hal ini harus dengan resep dokter.
  • Meminta kepada dokter untuk melakukan Antibiotik dan vaksinasi untuk mencegah infeksi ini terjagi pada diri anda sendiri maupun keluarga anda.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *