Dry Socket. Masalah Yang Terjadi Pasca Cabut Gigi
Dry Socket. Masalah Yang Terjadi Pasca Cabut Gigi

Dry Socket. Masalah Yang Terjadi Pasca Cabut Gigi

Diposting pada

Dry Socket merupakan masalah yang berkaitan erat dengan masalah gigi anda. dalam pengartiannya sendiri Dry Socket ini berarti kondisi seorang yang mengalami rasa sakit setelah melakukan pencabuta gigi. Dry Socket biasanya di tandai dengan adanya gumpalan darah yang terbentuk dari lepasan soket sehingga tulang saraf pada bekas gigi ini terbuka. Apabila masalah ini muncul segeralah hubungi dokter anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat, jangan sampai memgalami infeksi yang berkelanjutan.

Kondisi ini biasanya lebih mengarah akibat pencabutan gigi bungsu. Dilihat dari masalah ini, biasanya Dry Socket dapat terjadi sekitar 3-4 hari setalah di lakukannya pencarbutan gigi. Gejala yang paling umum biasanya adalah munculnya rasa nyeri dan di iringi sakit pada bagian tersebut.

Dry Socket

Tanda-tanda & gejala Dry Socket

Pada masalah Dry Socket Setelah melakukan cabut gigi biasanya akan terlihat kering dan bukan gumpalan darah, namun hanya ada tulang yang berwarna putih di bawahnya. Setelah sekitar 2 hari anda akan merasa nyeri pada gigi, jika ini di biarkan maka di beberapa hari berikutnya rasa sakit akan berkembang dan akan lebih parah dari sebelumnya. Rasa sakit ini umumnya menyebar sampai ke telinga.

Adapun untuk tanda-tanda dan gejala yang sering di alami pada orang dengan Dry Socket ini adalah sebagai berikut:

  • Mengalami Rasa nyeri yang parah
  • Hilangnya sebagian atau seluruh gumpalan darah pada area pencabutan gigi
  • Adanya tulang pada soket
  • Nyeri yang menyebar kemana-mana dari soket ke telinga kemudian mata menuju pelipis dan bahkan sampai leher
  • Terdapat Napas bau dari mulut
  • Mengalami Rasa tidak sedap pada mulut
  • Mengalami Pembengkakan kelenjar limfa pada rahang atau leher
  • Mengalami Demam ringan

saya harus periksa ke dokter gigi

di bawah ini beberapa kondisi yang mengharuskan anda ke dokter gigi secepatnya, diantaranya adalah:

  • rasa sakit dan tidak nyaman
  • pemberian obat rasa sakit tidak bekerja dengan baik
  • rasa sakit semakin memburuk dari hari ke hari

Pencegahan Dry Socket

Setalah anda melakukan pencabuta gigi, tentu anda akan di beri beberapa pentunjuk tentang menjaga dan mengatasi agar Dry Socket ini tidak terjadi. Beberapa perawatan dan hal-hal yang harus di lakukan adalah sebagi berkut:

Aktivitas.

Setelah anda melakukan operasi pencabutan gigi cobalah beristirahat dengan nyaman di rumah selama seharian penuh. Lakuakan beberap aktivifitas yang seharusnya anda lakukan sekarang tunda, dan lakukan besoknya saja. Jika terpaksa harus di lakukan cobalah menghindari aktifitas yang berat yang mengakibatkan peregangan otot anda. namun jika tidak lakukan istirahat ini minimal seminggu penuh, guna mendapatkan penyembuhan ang sempurna.

Minuman.

Jangan lupa untuk minum banyak cairan setelah anda melakukan operasi gigi ini. yang perlu anda ketahui, jangan minum minuman yang beralkohol, cafein dan beberapa minuman berkarbonat lainnya dalam 24 jam setelah anda mengalami operasi pencabutan gigi. Hindari minum dengan menggunakan sedotan, karena di takutkan ketika anda menyedot minuman dengan kuat gumpalan merah tersebut justru ikut tersedot.

Makanan.

Jangan lupa untuk konsumsi makanan yang lembut-lembut saja sepeti yogurt, applesauce atu makanan jenis lainnya yang berbentuk cairan. Jangan pernah untuk memaksakan untuk makan makanan yang keras, pedas, panas, dan kenyal. Karena makanan jenis tersebut dapat tersangkut dan dapat menimbulkan iritasi pada soket anda.

Pencegahan Dry Socket

Membersihkan mulut.

Dalam masalah membersihkan mulut, anda dapat melakukan berkumur dan menyikat gigi secara perlahan atau lembut dan jangan sampai mengenai area pada pencabutan. Berkumur dengan dengan air garam juga sangat di anjurkan dengan syarat setelah satu hari anda mengalami operasi pencabutan. Caranya adalah 2  kali sehari dengan menunggu 2 jam setelah makan dan 2 jam setelah bangun tidur.  Lakukan treatment ini setidaknya selama satu minggu setelah anda melakukan pencabutan gigi.

Merokok.

Hindari merokok untuk 24 jam pertama setelah anda mengalami pencabutan gigi. Karena tembakau dapat menghambat proses penyembuhan pada gigi anda dan malah dapat menimbulkan efek komplikasi.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *