Dislokasi Dapat Terjadi Di Seluruh Sendi Bagian Tubuh Anda
Dislokasi Dapat Terjadi Di Seluruh Sendi Bagian Tubuh Anda

Dislokasi Dapat Terjadi Di Seluruh Sendi Bagian Tubuh Anda

Diposting pada

Dislokasi merupakan suatu masalah pada tubuh yang berkaitan erat dengan posisi tulang. Karena dalam pengertiannya Dislokasi ini merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami pergeseran tulang dari posisi awalnya. Sebagai contoh pada tulang bagian atas lengan seharusnya berada dan menempel pada sendi bahu, namun jika posisi ini bergeser atau berubah dan keluar dari sendi tersebut maka dari sini akan di sebut dengan Dislokasi bahu.

Akibat adanya pergeseran ini tentunya akan menimbulkan rasa sakit yang amat parah sekali dan tentunya akan menjadikan anda susah dalam bergerak dan juga melakukan beberapa aktifitas lainnya. Dalam penyebabnya sendiri Dislokasi ini dapat terjadi pada saat seseorang  melakukan gerakan secara tiba-tiba yang berefek pada gerak sendi tersebut. Selain itu, penyebab lain teradinya masalah Dislokasi ini dapat terjadi jika seseorang mengalami kecelakaan maupun benturan keras pada sendi tersebut.

Dislokasi

Jika anda mengalami masalah Dislokasi ini hendaknya segera meminta pertolongan pada dokter atau ahli medis lainnya. Karena jika masalah ini telat atau bahkan tanpa adanya pengobatan secara langsung dapat menyebab kerusakan pada titik-titik saraf penting tertntu dan juga dapat terjadi kerusakan pembuluh darah.

Tanda-tanda & gejala Dislokasi 

Untuk tanda-tanda dan gejala yang biasanya di temui pada pasien dengan masalah Dislokasi ini yang paling umum adalah sebagai berikut di bawah ini, antaralain:

  • KodisiTulang terlihat tidak pada tempat yang seharusnya
  • Mengalami Bengkak dan muncul memar pada area Dislokasi
  • Mengalami Nyeri saat Anda menggerakkan bagian tubuh tersebut
  • Mengalami Mati rasa atau juga kesemutan di sekitar area yang terdislokasi
  • Tidak dapat bergerak sama sekali atau kaku

Penyebab Dislokasi 

Penyebab paling sering terjadinya Dislokasi ini pada bagian tubuh anda adalah ketika anda melakukan gerakan yang tiba-tiba secara ekstrim dan mendadak yang kemudian dari sini megakibatkan tulang tersebut berpindah posisi. Selain hal utama tersebut terdapat beberapa peneyebab lain dalam masalah munculnya Dislokasi pada tubuh anda, diantaranya adalah:

  • benturan yang tidak seimbang juga dapat menjadi Dislokasi
  • mengalami kecelakaan kendaraan bermotor,
  • pada seseorang yang terjatuh di posisi yang tidak tepat,
  • atau juga bisa jika anda pernah mengalami trauma dari peristiwa lainnya.

Pada dasarnya Dislokasi ini juga mempunyai hubungan dengan ligamen yang bisanya sebagai jaringan penghubung antar tulang. Biasanya pada saat Dislokasi ini terjadi, ligamen yang terdapat pada sendi tersebut menglami kerobekan dan juga menimbulkan rasa yang amat sakit, nyeri dan beberapa gejala lainnya.

Faktor-faktor risiko Dislokasi 

Faktor-faktor risiko Dislokasi 

Faktor-faktor Risiko disini di maksudkan guna anda mengetahui hal-hal apa saja yang menjadikan anda lebih rentan terkena penyakit Dislokasi. Dan diharapkan setalah anda mengetahui dari beberapa faktor-faktor risiko tersebut anda bisa berhati-hati ketika anda dalam kondisi seperti di bawah ini.

Diantara  yang meningkatkan seseorang lebih rentan terkena Dislokasi ini adalah:

  1. Usia. Usia yang semakin menua memudahkan akan terjadinya cedera seperti terjatuh dan sebagainya.
  2. Tubuh rentan jatuh. Jika anda memiliki kondisi tubuh yang lemah atau dalam masalah kesehatan lain yang mengakibatkan anda rentan terjatuh, sebaiknya anda berbaring saja dan meminta bantuan orang lain dalam melakukan segala sesuatunya.
  3. Keturunan keluarga. Pada kasus Dislokasi ini juga dapat terjadi secara tueub temurun, yang berarti penyakit Dislokasi ini biasa anda dapatkan jika salah satu keluarga anda menderita penyakit yang serupa.
  4. Berpartisipasi dalam kegiatan olahraga. Dari kebanyakan kausus memang Dislokasi sering menimpa para atlet yang sedang melakukan berbagai kegiatan olahraganya.
  5. Kecelakaan. Kecelakaan juga faktor paling beresiko karena akan terjadi benturan di berbagai sisi pada tubuh pasien jika kecelakaan ini sangat parah.

Pengobatan di rumah Dislokasi 

Beberapa hal yang bisa dengan mudah anda lakukan di rumah guna mengatasi masalah Dislokasi ini adalah:

  • Istirahatkan sendi yang terdislokasi dengan cara menghindari aktivitas yang menyebabkan rasa sakit.
  • Cara yang bisa anda lakukan di rumah dengan menempelkan panas atau es pada sendi yang terdislokasi.
  • Konsumsi obat dengan penawar rasa sakit seperti ibuprofen, naproxen atau acetaminophen.
  • Setelah di rasa sendi sydah pulih, Latihan pergerakannya dengan beberapa latihan ringan beruna sebagai membantu menjaga fungsi normal sendi anda.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *