Disfagia Susah Menelan Jenis Gejala Dan Pengobatan Dengan Teknik Tersendiri Yang Bisa AndaCoba Di Rumah
Disfagia Susah Menelan Jenis Gejala Dan Pengobatan Dengan Teknik Tersendiri Yang Bisa AndaCoba Di Rumah

Disfagia (Susah Menelan): Jenis, Gejala Dan Pengobatan Di Rumah

Diposting pada

Mungkin dari sebagian anda ketika membaca artikel ini belum vamiliar atau masih terdengar asing. Karena bisa jadi anda sudah biasa mengalami masalah ini ketika anda makan. Disfagia atau bisa di sebut denga masalah Susah Menelan merupakan suatu kondisi dimana yang menggambakan terjadinya masalah tubuh anda yang memerlukan lebih banyak waktu yang di gunakan untuk menelan sesuatu baik itu makanan maupun berupa cairan di bandingkan dengan ukuran normal.

Masalah Disfagia ini dalam masyarakat umum bisa terjadi biasanya ketika anda makan terlalu terburu-buru hingga tidak megunyah dengan cukup sehingga seperti tertahan di tenggirokan. Namun adanya masalah ini bukan sesuatu hal yang perlu anda khawatirkan karena hanya bersifat normal saja akibat kebiasaan terburu-buru tadi.

Namun, akan lain halnya jika masalah susah menelan atu di sebut juga  disfagia ini memiliki efek  yang berkepanjangan. Karena hal tersebut dapat mengindikasi kondisi medis serius yang harus memerlukan perawatan yang cepat dan tepat.

Disfagia

Jenis-jenis kondisi disfagia

adpaun jenis-jenis Disfagia dibedakan menjadi dua yaitu :

  1. kesulitan memulai menelan (disebut disfagia orofaringeal) dan
  2. sensasi makanan yang tersangkut di leher atau dada (disebut disfagia esofagus).

Untuk masalah Perawatan biasanya  dokter akan bergantung dengan jenis gangguan susah menelan di atas tersebut. Berbeda jenis maka berbeda pula cara penangananya.

Disfagia orofaringeal

Untuk yang pertama Kondisi ini bisa terjadi akibat fungsi yang tidak normal dari saraf dan otot mulut, faring yang letaknya berapa dibelakang tenggorokan dan sfingter esofagus bagian atas atau berada pada otot di ujung atas tabung penelanan.

Disfagia esofagus

Yang kedua Disfagia esofagus merupakan Gangguan yang melibatkan tabung penelanan (esofagus) bisa menyebabkan disfagia esofagus.

Kondisi disfagia ini masih perlu dibedakan lagi dengan masalah yang serupa yaitu odinofagia. odinofagia  yaitu rasa sakit saat menelan yang berbeda dengan disfagia masalah ini dapat timbul dari infeksi atau peradangan pada kerongkongan anda .

Gejala

Pada dasarnya kita sendiri harus tahu terlebih dahulu di mana letak sensasi susah menelan yang anda alami. Karena pengertian dari susah menelan itu sendiri adalah dimana ketika anda minum maupun makan namun tidak melewati jalur yang seharusnya  atau salah jalur sehingga muncul rasa sakit seperti tersedak.

Gejala Disfagia

Adapun untuk hal-hal yang menjadi gejala-gejala disfagia kami telah  mengurutkan tanda-tanda dan gejala umum dari yang terjdi di kebanyakan kasus adalah:

  • Sakit ketika menelan (odynophagia)
  • Tidak bisa menelan
  • di tenggorokan atau dada atau di belakang tulang dada (sternum) Memiliki ada sensasi makanan yang tersangkut
  • air liur keluar
  • suara Serak
  • Makanan berbalik naik ke atas (regurgitasi)
  • Naikny Asam lambung
  • secara tiba-tiba Berat badan turun
  • Batuk atau ingin muntah saat menelan
  • Untuk menghindari makanan tertentu karena kesulitan menelan Perlu memotong makanan menjadi bagian-bagian kecil .

Pengobatan

Disfagia orofaringeal

Untuk pengobatan masalah Disfagia orofaringeal  ini , kami memiliki beberapa tips dan trik guna anda bisa mengobati akan masalah ini. diantaranya adalaha:

  • Cobalah untuk Mengganti makanan yang akan Anda konsumsi. Biasanya Dokter akan meminta Anda untuk mengonsumsi makanan dan cairan tertentu agar mempermudah saat anda menelan.
  • Beberapa olahraga ringan nampaknya bisa membantu Anda mengkoordinasi otot menelan dan menstimulasi ulang saraf yang memicu refleks menelan Anda.
  • teknik menelan yang benar. Cara ini di lakukan seperti menempatkan makanan di dalam mulut Anda untuk menyiapkan posisi tubuh dan kepala untuk menelan sehingga masalah disfagia bisa di hindari.

Pengobatan di rumah

Dalam pengobatan rumah biasanya dokter akan memberikan saran untuk  merubah  gaya hidup anda danjuga  pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi disfagia ini, diantara pengobatan rumah yang bisa anda coba terapkan dengan mudah adalah:

Pengobatan di rumahDisfagia

Olahraga

mengkoordinasi otot untuk menelan atau menstimulasi saraf yang memicu refleks menelan  denagn beberapa Latihan olahraga tertentu.

Mengubah kebiasaan makan

Jika biasanya anda makan dengan bentuk makanan yang besar sekarang cobalah makan dengan potongan yang lebih kecil. Dan jangan lupa untuk mengunyah makanan secara perlahan sampai halus.

Mempelajari teknik menelan

memposisikan tubuh dan kepala Andas secra benar untuk menelan  adalah beberapa teknik yang Anda juga dapat mempelajari ketika anda hendak makan.

Menghindari alkohol

Hindari minuman berakohol , Tembakau dan kafein yang dapat memperburuk heartburn.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *