Cedera Hamstring Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasinya
Cedera Hamstring Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Cedera Hamstring: Gejala, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Apakah anda tahu Apa itu cedera hamstring?

Cedera hamstring adalah kondisi dimana saat salah satu otot hamstring Anda mengalami, tertarik, yaitu tiga otot yang berada di bagian belakang pah anda. Anda mungkin terkena cedera satu  ini ketika anda bermain sepak bola, basket, tenis, maupun olahraga sejenis yang meliputi aktivitas berlari dengan cepat dan berhenti secara mendadak. Pelari dan juga penari juga bisa mengalami masalah cedera ini.

Kondisi satu  ini juga dapat digambarkan saat otot di paha anda pada bagian belakang meregang tertarik dan juga sobek. Terdapat tiga tahap di bawah ini menurut keparahan yang berdasarkan jumlah serat otot anda yang terluka:

  1. Tahap 1 (ringan) berarti bahwa ada otot anda yang meregang dan sobekan yang sangat sedikit dan tentunya hanya kecil.
  2. Tahap 2 (parsial) berarti ada sebagian otot anda yang sobek.
  3. Tahap 3 (parah) dan berarti otot anda benar-benar sobek total dan mungkin memerlukan tindakan operasi.

cedera hamstring

Tanda dan gejala

Berikut hal-hal  Apa saja tanda dan gejalanya?

Cedera hamstring yang ringan ini biasanya tidak begitu sakit. Namun, berbeda dengan cedera yang berat bisa begitu menyakitkan hingga tak memungkinkan untuk anda  jalan atau berdiri. Jika Anda meregangkan hamstring anda saat berlari kencang, Anda akan biasanya akan merasakan sakit secara tiba-tiba dan tajam di belakang paha Anda.

Berikut dibawah ini adalah gejala umum cedera hamstring diantarnya adalah:

  • Cedera hamstring ringan (tahap 1)

Gejala pada cedera tahap 1 ini menimbulkan rasa sakit yang tiba-tiba di belakang paha Anda. Kaki Anda mungkin akan memilki rasa sakit ketika digerakkan, tapi cedera satu ini tidak mempengaruhi kekuatan otot anda.

  • Cedera hamstring parsial (tahap 2)

Pada tahap kedua ini, Anda akan merasakan kesakitan yang lebih parah dari pertama. Anda mungkin juga akan merasakan memar dan bengkak pada bagian belakang paha anda. Kekuatan otot di kaki anda pun akan terasa berkurang dari semula.

  • Cedera hamstring parah (tahap 3)

Pada tahap ini, Anda akan merasakan sakit, memar, dan juga bengkak yang sangat  parah. Sensasi “meletus” pada saat cedera juga akan anda rasakan . Pada tahap ini juga Anda tak akan bisa menggunakan kaki Anda baik secara maksimal maupun sedikit saja .

Penyebab

Apakah anda tahu hal-hal Apa penyebab cedera hamstring yang sering terjadi ?

Cedera hamstring biasanya disebabkan ketika otot berkontraksi atau terlalu meregang saat anda jogging, berpartisipasi dalam olahraga seperti sepakbola dan kegiatan atletik lainnya . Ketika anda melakukan aktivitas ini, hamstring anda akan tertarik dan meregang secara berlebihan. Kondisi ini yang kemudian mungkin merobek otot dan mengakibatkan otot hamstring anda tertarik.

Faktor yang mungkin meningkatkan risiko mengalami cedera hamstring diantaranya adalah:

Penyebab Cedera Hamstring

1. Kegiatan olahraga

Olahraga yang berkaitan dengan lari atau aktivitas lain, seperti menari, yang melibatkan peregangan terlalu kencang pada otot bisa meningkatkan risiko cedera hamstring.

2. Cedera hamstring sebelumnya

Apabila  Anda pernah merasakan cedera hamstring sebelumnya, Anda cenderung lebih mudah untuk mengalaminya lagi. Terlebih apalagi jika  Anda melakukan aktivitas seperti saat sebelum cedera, dengan intensitas yang tergolong sama.

3. Kelenturan yang buruk

Jika Anda salah satu memiliki kelenturan yang buruk, otot Anda mungkin juga tak bisa melakukan usaha penuh yang dibutuhkan saat anda beraktivitas.

4.Ketidak seimbangan otot

Meskipun tidak semua ahli setuju dengan hal  ini , beberapa ahli menyebut bahwa akibat ketidak seimbangan otot bisa mengakibatkan cedera hamstring anda . Ketika otot anda yang berada di depan paha Anda menjadi lebih kuat dan dikembangkan melebihi otot hamstring pada ukuran biasanya , Anda akan cenderung lebih mudah terkena cedera satu ini.

Pengobatan di rumah

Lalu Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang bisa  membantu anda mengatasi kondisi ini?

Cobalah Kembali melakukan aktivitas berat setelah cedera setelah Anda benar-benar pulih. Namun, yang perlu di ingat jangan pula menghindari kegiatan olahraga sama sekali karena malah  membuat otot hemstring Anda menyusut dan membentuk jaringan parut di sekitar sobekan otot anda.

Pengobatan di rumah Cedera Hamstring

dokter biasanya akan memberikan saran soal aktivitas yang tepat bagi anda , atau jika perlu, tanya kepada fisioterapis soal hal tersebut. Cara Untuk menghindari cedera serupa di kemudian hari, Anda bisa  menunggu waktu yang tepat untuk kembali melakuka olahraga dengan tingkatan serupa dengan sebelum anda mengalami cedera tadi.

Selain beberapa hal diatas  gaya hidup dan pengobatan rumahan di bawah ini mungkin membantu mengatasi cedera hamstring yang anda alami, diantarany adalah :

  • Mulailah Berhenti beraktivitas yang menyebabkan nyeri sampai dokter mengatakan bahwa Anda bisa memulainya kembali di kemudian hari .
  • Pastikan bahwa jika Anda menggunakan teknik olahraga yang benar.
  • Jangan lupa Latihan pemanasan, misalnya latihan aerobik ringan dengan cara benar.
  • Melakukan Peregangan sebelum dan sesudah anda berolahraga atau latihan.

Cobalah Perkuat otot paha, pelvis, dan punggung bawah guna  keseimbangan otot yang baik.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *