Cara Mengatasi Varises Dan Cari Tahu Gejala Dan Penyebabnya
Cara Mengatasi Varises Dan Cari Tahu Gejala Dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Varises Dan Cari Tahu Gejala Dan Penyebabnya

Diposting pada

Varises merupakan sebuah masalah yang biasanya menimpa bada bagian tubuh anda terutama pada kulit. Varises ini juga umum terjadi di kalangan masyarakat baik itu perempuan maupun laki-laki. Dari pengertiannya sendiri varises merupakan pembukuh darah vena yang mengalami pembengkakan yang letaknya dekat dengan permukaan kulit sehingga mudah di lihat oleh mata telanjang.

Selain itu pada bagian kaki andalah yang paling rentan terkena akan varises ini selain di bagaian-bagian tubuh lainnya. Di karenakan pada kaki merupakan sebagai tumpuan pasti ketika anda berjalan maupun sedang mengangkat beban berat. Akibat aktifitas yang melelahkan ini biasanya akan mucullah pembengkakan pada pembuluh darah vena atau yang di sebut varises.

Tanda-tanda & gejala varises

Tanda-tanda & gejala varises

Tanda-tanda dan gejala varises biasanya paling umum adalah munculnya rasa berdenyut pada bagian tubuh yang terkena masalah ini.

Selain tanda dan gejala di atas masih ada lagi gejala-gejala lain diantarannya sebagai berikut:

  • Pada Pembuluh vena terlihat di permukaan kulit menyerupai serabut atau garis-garis berwarna biru keunguan
  • Munculnya Nyeri kaki atau kaki terasa berat, khususnya setelah anda berdiri atau duduk dalam rentang waktu yang cukup lama
  • Vena terlihat membengkak dan menonjol sepanjang lutut , mata kaki, atau paha.
  • Pada bagian Kulit juga terasa gatal, terutama biasanya akan terjadi pada area tungkai bawah dan pergelangan kaki anda
  • Biasanya juga akan Terjadi perubahan warna kulit, kulit jadi lebih tipis, dan terbentuk luka atau infeksi jaringan lunak di dekat mata kaki
  • Pada bagian Kaki atau area yang terjadi pembengkakan vena ini akan terasa berdenyut atau kram yang menimbulkan sensasi tidak nyaman

Penyebab varises

Dalam penyabab masalah ini terjadi di karenakan melemahnya katup vena yang berfungsi sebagai madia tempatnya darah mengalir namun vena tersebut tidak mampu menahan akumulasi darah yang besar. Untuk proses terjadinya biasanya vena yang bertugas membawa darah dari jantung dan menyebarkannya keseluruh tubuh namun jika terjadi kerusakan atau melemah darah akan kembali menyatu di pembuluh darah anda sehingga menyebabkan pembuluh darah vena ini mengalami pembengkakan , menonjol, dan akibatnya bisa terlihat jelas di permukaan kulit.

Namun untuk penyakit satu ini yang perlu anda ketahui adalah penyakit ini tidak menular dan tidak dapat di turunkan.

Obat & Pengobatan varises

Obat & Pengobatan varises

  • Stoking kompresi
  • Skleroterapi (meningkatkan sirkulasi pada area yang bermasalah dan mengurangi pembengkakan)
  • Perawatan laser cara ini akan di lakukan biasanya dengan mengarahkan sinar laser pada vena yang membengkak

Pengobatan di rumah varises

Pakai stocking kompresi

Stocking kompresi ini bisa membantu melancarkan peredaran darah pergelangan tangan, di kaki, dan bagian tubuh lainnya yang terkena varises .untuk bahan pembuatan dari Stocking kompresi ini merupakan terbuat dari kain fleksibel yang bisa meregang ketika dipakai sehingga bisa dengan mudah menyesuaikan bagian tubuh anda.

Rutin olahraga

Melakukan Olahraga juga kadang malah akan menambah rasa berdenyut pada bagian varises anda bila anda melakukan olahraga terebut secara berlebihan. Namun berbeda dengan olahraga yang di gunakan sebagai pengobatan biasanya olahraga yang di sarankan dokter yang ringan-ringan saja seperti jalan kaki dengan rentang waktu 30 menit sebanyak kurang lebih 5 kali dalam seminggu. Dan cobalah untuk menghindari beberapa olahraga berat yang dapat memperparah diantaranya angkat beban, marathon, yoga dan olahraga-olahraga yang bersifat memaksa otot untuk meregang.

Jaga berat badan normal

Pengobatan di rumah varises

Jika anda mengalami Kelebihan berat badan anda nampaknya lebih beresiko terkena masalah kulit ini. hal ini dapat di katakan demikian karena seseorang dengan berat badan berlebih akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah yang ada di kaki. Dari hal ini maka dapat meningkatkan risiko terbentuknya varises di kaki.

Hindari pakaian ketat dan memakai sepatu tinggi

Cobalah untuk menghindari memakai segala jenis pakaian maupun perlengkapan yang tergolong ketat seperti sabuk,kaus kaki sempit,sepatu kekecilan, atau celana ketat karena beberapa hal tersebut dapat menyebabkan pembuluh darah anda terganggu dan sehingga bisa memunculkan masalah tersebut.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *