Cara Mengatasinya Dermatomyositis Serta Gejala Dan Penyebabnya.
Cara Mengatasinya Dermatomyositis Serta Gejala Dan Penyebabnya.

Cara Mengatasi Dermatomyositis Serta Gejala Dan Penyebabnya.

Diposting pada

Dermatomyositis pada dasarnya merupakan kasus yang jarang terjadi, meskipun demikian kasus ini juga dapat menimbulkan beberapa gejala yang cukup membuat anda merasakan sakit di beberapa bagian tubuh, seperti otot lemah, radang otot, dan juga pada radang miopati serta munculnya ruam peradangan.

Untuk penyakit Dermatomyositis ini merupakan sebuah kondisi dimana seseorang akan mengalami masalah berupa peradangan pada tubuhnya.

Tanda-tanda & gejala Dermatomyositis 

Tanda-tanda & gejala Dermatomyositis 

Untuk tanda-tanda yang biasanya di alami pada pasien Dermatomyositis ini, akan muncul berbagai macam gejala yang terbagi atas dua faktor, seperti di bawah ini:

Masalah kulit.

Dermatomyositis juga menunjukkan gejalanya pada daerah kulit anda, gejala ini umumnya akan timbul dengan bentuk ruam. Ruam ini biasanya memiliki warna keunguan atau kemerahan yang letaknya pada:

  • terutama pada wajah,
  • kelopak mata,
  • ibu jari,
  • siku,
  • lutut,
  • dada,
  • serta punggung

adapun gejala ruam pada kulit ini, biasanya akan menimbulkan rasa gatal dan tentunya dengan munculnya rasa sakit di sekitaran ruam. yang dari gejala pada kulit ini umumnya menjadi gejala awal daripada penyakit Dermatomyositis

Otot lemah.

Dermatomyositis juga menunjukkan gejalanya pada otot-otot anda. namun pada otot ini biasanya tidak langsung merasakan sakit seketika, melainkan secara bertahap dan perlahan-lahan hingga menyebabkan Dermatomyositis. Untuk otot bagian-bagian tubuh yang biasanya mengalami masalah ini, umumnya di mulai dari:

  • pinggul,
  • kemudian paha,
  • bahu,
  • lengan atas,
  • serta leher baik di sisi kanan dan kiri tubuh

apabila gejala pada otot ini di biarkan saja maka akan menimbulkan gejala yang lebih parah lagi. Maka dari itu, jika anda sudah merasakan beberapa gejala berada pada tubuh anda, segera lakuakan penanganan yang tepat pada dokter sepesialis dan coba gali lebih jauh informasi-informasi tentang masalah Dermatomyositis ini.

Diagnosis & pengobatan Dermatomyositis 

Beberapa cara di bawah ini umumnya di pakai sebagian bersar dokter guna menentukan apakah pasiennya benar mengalami Dermatomyositis atau hanya gejala-gejala lain saja. Beberapa tes dan penanganan medis juga di perlukan seperti:

Diagnosis & pengobatan Dermatomyositis 

Tes darah

Tes darah ini di lakukan untuk mengetahui secara pasti kadar enzim otot anda seperti kreatinin kinase dan aldolase. Karena beberapa enzim tersebut umumnya dapat menjadi tanda-tanda adanya kerusakan otot pada tubuh anda.

Rontgen (sinar X) dada

Rontgen (sinar X) dada  ini biasanya di lakukan guna memeriksa kerusakan organ paru-paru  yang memang sering dilaporkan pada pasien dermatomyositis.

Menyuntikkan jarum tipis ke kulit

cara ini berguna untuk menguji aktivitas listrik saat otot dikencangkan dan dilemaskan. Jika di ketahui otot melemah saat di kencangkan, menggunakan cara ini bisa di ketahui dengan mudah.

Pengobatan di rumah Dermatomyositis 

Pengobatan rumah ini di tujukan agar anda melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dengan kebiasaan-kebiasaan atau rutinitas sehari-hari anda di rumah, dan jangan lupa untuk tidak meninggalkan saran dan beberapa anjuran yang telah di sampaikan dokter. Dengan kebiasaan dan tetap menjaga anjuran dari dokter ini, anda diharapkan dapat terbebas dan mengatasi masalah Dermatomyositis dengan mudah.

Dintara perubahan gaya hidup yang bisa anda terapkan di rumah guna mengatasi Dermatomyositis adalah:

  • gali lebih banyak lagi soal penyakit yang anda alami melalui dokter atau dengan bergabung dengan komunitas penyandang dermatomyositis.
  • Jika muncul gejala lain, segera lakukan konsultasi dengan dokter anda atau jika terjadi efek samping dari obat yang anda minum.
  • Jangan lupa untuk selalu lakukan aktifitas fisik seperti olahraga untuk menjaga kekuatan otot anda. Namun lakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk olahraga apa yang tepat.
  • Istirahat yang cukup, jangan sampai anda memaksakan diri.
  • Anda harus pintar dalam mengolah emosi anda. lakukan pembicaraan kepada orang-orang terdekat anda guna mendapatkan arahan yang bisa membuat anda tenang.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *