Cara Mengatasi Dermatitis atopik Eksim Serta Gejala Penyebabnya
Cara Mengatasi Dermatitis atopik Eksim Serta Gejala Penyebabnya

Cara Mengatasi Dermatitis atopik (Eksim) Serta Gejala Penyebabnya

Diposting pada

Penyakit Dermatitis atopik merupakan jenis penyakit yang  menyerang pada kulit anda terutama pad kulit kepala, dahi dan wajah biasanya paling umum di pipi. Nama lain penyakit ini seirng juga di sebut oleh masyarakat luas dengan sebutan penyakit eksim. Biasanya penyakit ini memiliki efek gatal yang terasa pada beberapa bagian kulit tadi apalagi ketika malam rasa gatal ini biasanya menambah parah. Selain gatal biasanya penyakit ini juga di iringi dengan kulit meradang, pecah-pecah, dan kering.

Dan yang perlu anda tahu adalah jenis penyakit kulit ini tidak dapat di sembuhkan. Namun and abisa mengurangi dan mengendalikan penyakit kulit ini menggunakan perawatan-perawatan yang tepat dari dokter spesialis. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mencari pertolongsn medis guna mencegah penyakit ini menyerang pada tubuh anda.

Tanda-tanda & gejala

Dari tanda-tanda dan gejala penyakit ini dapat di bedakan dari beberapa kategori  yang terjadi. Berikut di bawah ini merupakan beberpa kategorinya:

Tanda-tanda & gejala Eksim

Pada bayi

Penyakit ini akan Biasanya gejala muncul saat anak berusia 2 sampai 3 bulan. Kemunculan awalnya biasa ditandai dengan adanya:

  • Tiba-tiba muncul  Ruam
  • Kulit gatal , bersisik, dan kering
  • Muncul terutama di pipi atau kulit kepala dan wajah (bisa juga muncul pada area lain)
  • Biasanya bersisik meneteskan cairan dan retak
  • kulit terasa sangat gatal mengakibatkan Sulit tidur
  • Menggaruk kulit hingga terluka hingga mengakibatkann infeksi

Pada anak-anak

Berbeda pada bayi penykit ini juga bisa menyerang Pada anak-anak. Biasanya kondisi ini muncul di usia 2 tahun hingga masa pubertas. Adapun beberapa gejala yang  muncul diantaranya adalah:

  • Ruam terutama di lipatan lutut atau siku. Namun juga bisa muncul di leher, pergelangan tangan, kaki, atau kaki dan lipatan bokong
  • Terdapat Rasa gatal yang tak tertahankan di area kulit yang meradang
  • Ada tonjolan atau penebalan kulit yang kadang permanen yang mengakibatkan Permukaan kulit bergelombang
  • Warna Kulit di area yang terkena lebih terang atau lebih gelap akibat penyakit ini

Pada orang dewasa

Sebenarnya dermatitis atopik jarang terjadi pada orang dewasa di kebanyakan. Hanya Sekitar 5o persen orang dewasa yang terserang masalah kulit ini. selain itu biasanya orang dewasa yang terkena  penyakit ini biasanya sudah pernah terserang di masa kanak-kanak. Berikut berbagai gejala yang biasanya ditunjukkan pada orang dewasa yaitu:

  • Biasanya Muncul di lipatan siku atau lutut dan tengkuk
  • Atau juga bisa Menyerang bagian tubuh dengan area yang cukup luas
  • Kadang menyerang area di sekitar mata
  • Kulit menjadi sangat kering
  • Rasa gatal yang tak tertahankan
  • Kulit menjadi lebih bersisik
  • Yang paling serius adalah infeksi kulit

Penyebab

Penyebab Eksim

Dari penyebab penyakit eksim ini para peniliti nampaknya sampai sekarang belum mengatahui asal-muasalnya. Namun di lihat dari data yang ada bahwa biasanya penyakit ini di sebabkan jika salah satu teman, saudara atau bahkan orang tua anda menderita penyakit yang sama dan kemungkinan  penyebaran  penyakit terebut dari orang-orang terdekat anda. selain itu faktor genetik juga sangat  menentukan. Jika gen ada sama dengan orang tersebut maka anda juga lebih atau gampang terkena penyakit kulit ini

Pengobatan di rumah

Di bawah ini merupakan beberapa pengobatan rumah guna mengatasi masalah penyakit kulit yang dengan mudah bisa anda terapkan di rumah menggunakan bahan-bahan yang mudah anda dapatkan.

Diantara pengobatan rumahan adalah:

Menjaga kulit tetap lembap

Gunakan pelembap kulit  di seluruh tubuh saat kulit masih lembap setelah mandi agar air terkunci di dalamnya sehingga bisa lenbab maksimal. Adapun waktu yang tepat untuk melakukannya adalah Anda perlu diberi pelembap setidaknya 2 kali sehari.

Sedangkan untuk bahan pelembabnya ialah Anda dapat memakai minyak atau krim pelembap yang sesuai dengan jenis kulit yang biasa di jual di apotik-apotik terdekat anda . dan Jika ragu, tanyakan pada dokter kira-kira produk apa saja kah yang cocok untuk kondisi kulit Anda. di takutkan apabila pelembab yang anda pilih tidak benar bahkan akan memperparah kondisi nya.

Tidak menggaruk kulit

Tidak menggaruk kulit

Cara menggaruk mungkin cara yang paling efektif jika tiba-tiba tubuh anda terasa gatal. Namun untuk penyakit ini anda harus meniggalkannya karena pada saat anda menggaruk malah akan memperparah kondisi penyakit ini. cobalah untuk sebisa mungkin menahan keinginan anda untuk menggaruk atau juga bisa mengakali dengan memberi salep atau minyak kayu putih agar rasa gatal menghilang.

Namun Jangan lupa juga untuk rajin menggunting kuku dan jangan membiarkannya panjang di karenakan pada malam hari ada kemungkinan bahwa Anda akan menggaruk kulit tanpa anda sadari. Cara mengatasinya adalah coba Pakai sarung tangan bila perlu saat tidur agar kulit tidak terluka atau lecet akibat digaruk dengan kuku.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *