Cara Mengatasinya Clubfoot. Kelainan Kaki Sejak Lahir
Cara Mengatasinya Clubfoot. Kelainan Kaki Sejak Lahir

Cara Mengatasi Clubfoot. Kelainan Bentuk Kaki Sejak Lahir

Diposting pada

Clubfoot merupakan masalah yang terjadi pada kaki yang di bawa dari lahir atau dalam artian lain bisa di katakan dengan cacat lahir. Pada kasus Clubfoot ini biasanya pada penderitanya mengalami sebuah kelainan pada kaki dimana kaki berbentuk tidak sebagaimana mestinya seperti terkilir atau bengkok serta bentuk-bentuk lain dalam artian tidak wajar di kebanyakan manusia normal.

Pada kasus Clubfoot ini biasanya sering di alami pada bayi yang baru lahir oleh di sebabkan karena pada jaringan yang menghubungkan antara otot ke tulang paha mengalami masalah pemendekan. Selain itu, pada kasus Clubfoot ini bisanya bayi juga mengalami masalah beberapa gangguan kesehatan atau juga kadang bayi lahir dalam keadaan sehat.

Clubfoot

Jenis-jenis clubfoot 

Untuk jenis pada kasus Clubfoot ini dalam pandangan medis dapat di bagi atas dua jenis Clubfoot yaitu:

Isolated clubfoot

Pada kasus Isolated clubfoot ini bisanya terjadi pada anak-anak yang baru lahir. Jenis Isolated clubfoot ini adalah jenis penyakit kelainan kaki yang paling umum di derita pada bayi yang baru lahir. Untuk anda ketahui bahwa Isolated clubfoot ini biasanya dalam kemuculannya tidak di barengi dengan masalah kesehatan lainnya.

Nonisolated clubfoot

Berbeda dengan kasus di atas, pada Nonisolated clubfoot  ini bayi atau anak penderitanya akan di barengi dengan berbagai masalah kesehatan lainnya seperti pada arthrogryposis atau spina bifida. Akibat terjadinya masalah ini di kebanyakan bayi akan mengalami kesulitan dalam bergerak tangan maupun kaki di karenakan adanya masalah pada sendi dari efek arthrogryposis tadi.

Tanda dan gejala Clubfoot

Pada kasus clubfoot ini tentunya akan menunjukkan berbagai gejal sebagai ciri khasnya diantaranya seperti:

  • Mengalami kelainan pada Punggung kaki yang bengkok ke bawah
  • Selain itu terkadan juga telapak menghadap atas sementara punggung bengkok ke bawah.
  • melemah pada Otot betis
  • Kaki dengan clubfoot biasanya lebih pendek dari sisi satunya sehingga tidak seimbang

Pada sebagian kasus, seorang dengan kondisi clubfoot ini biasanya tidak merasakan sakit ketika ia berjalan atau melakukan aktifitas apapun namun hanya mengalami kesulitan. Tapi rasa ini umumnya juga akan timbul sakit dengan seiringnya waktu seperti menua atau dengan munculnya masalah lain.

Penyebab Clubfoot

Untuk peneyebabnya sendiri pada orang dengan clubfoot ini adanya beberapa faktor yang mendasarinya, seperti diantaranya adalah:

Penyebab Clubfoot

  • Faktor genetik.
  • oleh posisi bayi di dalam rahim
  • kombinasi genetik dan paparan lingkungan yang mengkatkan risiko untuk bayi cacat lahir.
  • Pernah mengalami cedera saraf, cidera pada otot, dan sistem tulang anak , seperti stroke atau  trauma otak.

Pengobatan Clubfoot

Beberapa tahapan pengobatan di bawah ini biasanya di ambil dokter guna mengatasi masalah pada penderita clubfoot. Penanganan dan juga pengobatan tersebut adalah:

Langakah pertama dengan menggunakan metode terapi seperti Memindahkan kaki bayi ke posisi sebenarnya dan menempatkannya gips untuk disanggah.

  • Cara di atas akan di ulang setidaknya sekali dalam seminggu sampai hitungan bulan.
  • Selain cara tersebut beberapa pembedaan kecil juga di lakukan untuk memanjangkan tendon Achilles pada bayi dan tendon besar di pergelangan kaki, ini di lakukan penutup dalam metode ini.

Operasi

Tindakan operasi ini juga kadang sangat di butuhkan jika clubfoot dapat mengganggu dalam si anak berakfititas dengan baik. Tindakan operasi ini biasanya di mulai dengan memanjangkan atau memposisikan tulang tendon pada anak guna memudahkan kaki untuk di posisikan dengan baik.

Setelah di lakukannya tindakan operasi, bayi biasanya di haruskan mengenakan gips pada dua bulan atau selama setahun untuk mencegah clubfoot ini kembali.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *