Cara Mengatasi Cedera Tendon Achilles Cedera Achilles Tendon Penyebab Serta Gejalanya
Cara Mengatasi Cedera Tendon Achilles Cedera Achilles Tendon Penyebab Serta Gejalanya

Cara Mengatasi Cedera Tendon Achilles (Cedera Achilles Tendon) Penyebab Serta Gejalanya

Diposting pada

Masih membahas cedera tetapi kali ini lebih mengarah pada cedera tendon atau urat anda yaitu penyakit Cedera Achilles Tendon atau dalam bahasa indonesia lebih di kenal dengan Cedera Tendon Achilles. Untuk pengertiannya dari masalah Cedera Tendon Achilles ini merupakan dimana sesorang mengalami cedera pada urat atau tendon yang letaknya menghubungkan otot betis ke tumit anda. dalam artian lain Tendon achilles ini merupakan sebuah tali yang berserat dan kuat.

Yang perlu untuk anda ketahui apabila tendon ini mengalami penegangan ini akan berakibat fatal pada tendon tersebut seperti tendon robek dan berujung pada cedera. Tentu saja dari kejadin ini akan mengakibatkan anda merasakan kesakitan yang amat parah dan juga menyebabkan kesulitkan ketika anda hendak berjalan.

Cedera Tendon Achilles

Jika anda mengalami masalah tersebut, biasanya tanda yang paling awala adalah akan muncul suara dari kaki anda. dan kemudian di ikuti dengan rasa nyeri yang sangat parah yang lerakknya di belakang pergelangan kaki anda.

Di lihat dari berbagai kasus yang ada, bahwa penyakit ini leibih umum menyerang pada orang dengan usia-usia 40-50 tahun, namun juga sering di temukan pada seorang atlet yang melakukan olahraga setelah sekian lama tidak melakuakan latihan secara rutin.

Tanda-tanda & gejala Cedera Tendon Achilles

Adapun untuk tanda-tanda dan gejala yang sering terjadi pada seseorang yang mengalami Cedera Tendon Achilles ini biasanya ada beberapa hal, diantaranya adalah:

  • Mengalami Sakit luar biasa pada otot kaki bagian bawah.
  • Mengalami dan muncul rasa nyeri saat jalan-jalan.
  • Mengalami Pembengkakan pada betis.
  • Dan yang terakhir tentunya Tidak bisa berjingkat

Penyebab Cedera Tendon Achilles

Peneybab utama dari masalah Cedera Tendon Achilles ini merupakan jika anda melakukan olah raga ataupun aktifitas yang sangat memberatkan bagi tendon tersebut seperti melompat dan menekuk bagian ini . Karena jika ini terjadi biasanya akan menyebabkan Urat robek baik sebagian maupun sepenuhnya.

Selain itu beberapa penyebab lain yang meskipun jarang diantaranya adalah:

  • Ketika anda Jatuh dari ketinggian
  • mengalami kecelakaan tertentu,
  • beberapa obat seperti antibiotik quinolone mungkin meningkatkan risiko kondisi ini.

Faktor-faktor risiko Cedera Tendon Achilles

Faktor-faktor risiko Cedera Tendon Achilles

Faktor-faktor Risiko disini di maksudkan guna anda mengetahui hal-hal apa saja yang menjadikan anda lebih rentan terkena penyakit Cedera Tendon Achilles. Dan diharapkan setalah anda mengetahui dari beberapa faktor-faktor risiko tersebut anda bisa berhati-hati ketika anda dalam kondisi seperti di bawah ini.

Diantara  yang meningkatkan seseorang lebih rentan terkena penyakit Cedera Tendon Achilles ini adalah:

  • Kebanyakn Usia pasien dengan penyakit ini berkisar antara 40-50 tahun.
  • Jenis kelamin: laki-laki lebih rentan terkena Cedera Tendon Achilles.
  • Olahraga: seperti lari, lompat, sepakbola, basket, dan tenis merupakan beberapa olahraga yang paling rentan untuk mengalami Cedera Tendon Achilles.
  • Suntikan steroid: suntikan ini merupakn dapat melemahkan tendon di sekitar kaki dan mengakibatkan cedera tendon.
  • Beberapa antibiotik: obat dengan jenis Antibiotik Fluoroquinolone adalah Ciprofloxacin (Cipro) atau Levofloxacin (levaquin),

Pengobatan di rumah Cedera Tendon Achilles

Pengobatan rumah ini di tujukan agar anda melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dengan kebiasaan-kebiasaan atau rutinitas sehari-hari anda di rumah, dan jangan lupa untuk tidak meninggalkan saran dan beberapa anjuran yang telah di sampaikan dokter. Dengan kebiasaan dan tetap menjaga anjuran dari dokter ini, anda diharapkan dapat terbebas dan mengatasi masalah Cedera Tendon Achilles dengan mudah.

Dintara perubahan gaya hidup yang bisa anda terapkan di rumah guna mengatasi Cedera Tendon Achilles adalah:

  • Jangan lupa untuk melindungi bagian yang telah digips agar tetap dan aman serta tanpa benjolan agar tak ada perubahan bentuk sampai dokter melepasnya.
  • Jangan lupa untuk Minum obat penghilang nyeri sesuai petunjuk dokter.
  • Segera Hubungi dokter Anda jika rusak plester atau terluka lagi.
  • Dan yang terakhir segera Hubungi dokter jika rasa sakit pada otot betis anda semakin parah dan semakin menjadi, apalagi Anda tidak dapat berjingkat.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *