Cara Mengatasi Alergi Dingin Yang Sebabkan Kulit Gatal Dan Bentol
Cara Mengatasi Alergi Dingin Yang Sebabkan Kulit Gatal Dan Bentol

Cara Mengatasi Alergi Dingin Yang Sebabkan Kulit Gatal Dan Bentol

Diposting pada

Jika anda mengalami suatu reaksi pada kulit terutama ketika anda hendak mandi atau ketika turun hujan dengan udara yang sangat dingin maka dapat diartikan bahwa anda terkena Alergi Dingin. Dalam istilah kedokteran Alergi Dingin ini mempunyai nama dengan sebutan urtikaria.

Urtikaria atau Alergi Dingin ini dapat di lihat pada kulit anda dengan jelas yang di tandai dengan adanya bercak merah dengan rasa yang amat gatal. Sedangkan faktor untuk penyebab dari masalah Alergi Dingin ini ada beberapa hal misalnya:

  • Anda sedang berada di ruangan ber-AC
  • Anda sedang berenang
  • Atu juga bisa setelah anda mandi pagi

Tidak semua orang memiliki gejala dan tanda-tanda seperti di atas, tedapat pula di sebagian kasus orang yang terkena Alergi Dingin ini mengalami gejala yang cukup parah hingga membutuhkan pertolongan medis, namun ada juga yang hanya mengalaminya beberpa saat dan setelah suhu tubuh menjadi normal, maka sembuh pula penyakit Alergi Dingin ini.

Alergi Dingin

Bagi orang yang mengalami Alergi Dingin yang cukup parah biasanya di karenakan adanya syok anafilaktik yang dapat di lihat orang tersebut mengalamai berbagai masalah seperti:

  • penurunan tekanan darah secara drastis
  • tidak bisa bernapas,
  • pingsan

Tanda-tanda & gejala Alergi Dingin

Gatal-gatal dan muncul ruam kemerahan

Gejala ini umumnya muncul yang di sertai dengan adanya rasa gatal. Butuh waktu yang lumayan lama dalam menghilangkan ruam merah ini pada kulit anda.

Tangan bengkak

Tangan bengkak bisa terjadi lantaran anda memegang benda dengan suhu dingin dan dari sini biasanya akan mengakibatkan anda terkena Alergi Dingin. Selain di tangan , pembengkakan ini juga bisa terjadi pada bagian tubuh lainnya.

Muncul bentol-bentol merah

Bentol merah merupakan gejal umum bagi orang yang mengalami gejala apapun, karena adanya reaksi dari kulit hingga membentuk suatu gumpalan yang di sebut dengan bentol.

Penyebab Alergi Dingin

Penyebab Alergi Dingin

Dalam penyebab untuk jenis penyakit Alergi Dingin sampai sekarangpun masih belum bisa di pastikan. Namun dari berbagai studi mengemukakan bahwa kebanyakan orang yang menjadi sensitif terhadap dingin di karenakan adanya sejenis virus yang menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap hal dingin apapun.

Selain perkiraan di atas, menurut badan penelitan luar negeri yang di lakukan pada tahun 2012 melalui badan penelitian terpercaya mengemukakan bahwa Alergi Dingin juga dapat di sebabkan oleh adanya keturunan baik dari ibu maupun ayah kita. Jadi, ketika anda mengalami Alergi Dingin cobalah untuk bertanya apakah dari kedua orang tua anda mengalami hal yang sama.

Dilihat dari sisi medis, pada dasarnya ketika terjadi udara maupun reaksi dingin di sekitar kita, maka tubuh kita secara alami akan melepaskan suatu zat dengan nama histamin dan beberapa zat lainnya dan mengalirkannya de dalam darah sehingga menyebabkan munculnya kemerahan yang di sertai dengan adanya rasa gatal-gatal.

Pengobatan di rumah Alergi Dingin

Pengobatan rumah ini di tujukan agar anda melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dengan kebiasaan-kebiasaan atau rutinitas sehari-hari anda di rumah, dan jangan lupa untuk tidak meninggalkan saran dan beberapa anjuran yang telah di sampaikan dokter. Dengan kebiasaan dan tetap menjaga anjuran dari dokter ini, anda diharapkan dapat terbebas dan mengatasi masalah Alergi dingin dengan mudah.

Dintara perubahan gaya hidup yang bisa anda terapkan di rumah guna mengatasi alergi dinginĀ  adalah:

jangan lupa untuk Minum obat alergi dingin dengan baik.

  • konsumsi obat alergi dingin seperti antihistamin biasanya bisa membantu menghentikan histamin yang menyebabkan alergi dingin

Lindungi kulit dari perubahan suhu yang mendadak.

  • Jika anda ingin bepergian ke daerah dataran dengan udara yang lumayan dingin, pastikan juga Anda membawa pakaian hangat seperti jaket, celana dan baju panjang, penutup kepala, dan juga sarung tangan

Bawa suntikan epinefrin atau adrenalin

  • bawalah selalu suntikan epinefrin (EpiPen, Auvi-Q, lainnya) kemana pun Anda pergi untuk membantu mencegah reaksi serius ketika alergi Anda kambuh.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *