Buta Warna Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasinya
Buta Warna Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Buta Warna: Gejala, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Apakah anda tahu Apa itu buta warna?

Buta warna adalah dimana  suatu kondisi kemampuan anda  membedakan warna-warna tertentu menurun. Atau Dengan kata lain, Anda kesulitan dalam melihat warna merah, hijau, biru, atau juga campuran dari warna-warna tersebut.

Karena Dalam retina anda , ada dua sel yang mendeteksi cahaya masuk , yaitu sel batang dan sel kerucut. guna Sel batang ini hanya mendeteksi cahaya terang dan gelap serta sangat sensitif terhadap cahaya intensitas rendah.

buta warna

Kemudian Apa saja jenis kondisi ini ?

Menurut penilitan Ada beberapa tahap kondisi buta warna ini. dalam kasus lain eberapa orang pengidap kondisi sedang namun bisa melihat warna dengan baik dalam cahaya, akan tetapi kesulitan ketika cahaya gelap. Beberapa lain diantaranya  tidak bisa melihat beberapa warna pada cahaya apapun jenisnya.

Kasus paling parah dari kondisi ini sering disebut dengan achromatopsia dapat menyebabkan Anda hanya  melihat warna abu-abu atau hitam putih, dan kondisi ini tidak umum. Kondisi seperti ini  biasanya memengaruhi kedua mata anda secara bersamaan  dan tetap stabil sepanjang hidup.

Berikut Dua jenis buta warna lainnya adalah:

Diwarisi

Kondisi jenis ini lebih umum karena di sebabkan cacat genetik. Ini berarti bahwa jika kondisi tersebut diturunkan melalui keluarga anda .

Jika Seseorang yang memiliki anggota keluarga dekat dengan gangguan  buta warna lebih mungkin anda memiliki kondisi yang sama.

Diperoleh

Jenis kondisi satu  ini berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan juga bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan. Penyakit yang merusak saraf optik atau retina mata ini dapat menyebabkan buta warna.

Gejala

Apakah anda tahu Apa saja tanda-tanda dan gejala buta warna?

Jika Anda mungkin mengalami kondisi seperti ini, tapi anda tidak menyadarinya. Beberapa orang dapat mengetahuinya ketika mereka atau anak mereka mengalami kebingungan, seperti mengalami kesulitan membedakan warna di lampu merah atau mengartikan kode warna dalam materi pembelajaran sewaktu di sekolah.

Berikut ini merupakan tanda dan gejala kondisi tersebut:

  • Anda mungkin Dapat melihat beberapa warna namun tidak semuanya.
  • Biasanya Anda tidak dapat membedakan beberapa warna merah dan hijau, namun dapat membedakan warna biru dan kuning dengan sangat mudah.
  • Anda Hanya melihat warna hitam, putih dan abu-abu, tapi kasus ini lebih jarang terjadi.
  • Anda Memiliki masalah penglihatan namun anda tidak menyadarinya.
  • Mungkin anda Hanya dapat melihat beberapa gradasi warna pada satu objek saja , padahal orang-orang lain dapat melihat ribuan warna.

Namun apakah penyebab buta warna?

Ketika anda Melihat warna di seluruh spektrum cahaya adalah proses rumit yang dimulai dengan kemampuan mata Anda dalam merespon berbagai panjang gelombang cahaya yang masuk.

Ketika Cahaya masuk ke mata anda melalui kornea dan melewati lensa mata anda dan jaringan transparan pada mata menuju ke sel yang peka terhadap panjang gelombang (sel kerucut) pada bagian belakang mata Anda, di dalam retina mata anda.

penyebab buta warna

Kelainan turunan

Mungkin Anda  dilahirkan dengan kondisi ini, namun biasanya kondisi ini lebih sering terjadi pada laki-laki dari pada pada sebagian besar wanita. Merah-hijau biasanya adalah kekurangan warna yang sering dan umum terjadi, dan kekurangan biru-kuning lebih jarang terjadi pada kasus-kasus lain.

Menurut penelitian Tingkat keparahan buta warna berkisar dari ringan, sedang, dan juga parah. Kedua mata anda dapat memiliki gangguan di atas  ini dan tingkat keparahan tidak akan berubah sepanjang hidup Anda.

Penyakit

Jika Anda memiliki memiliki penyakit seperti diabetes, glaukoma, degenerasi makula, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, alkoholisme kronis, leukemia, dan anemia sel sabit, jenis-jenis penyakit tersebut  dapat mengalami buta warna.

Kondisi ini  dapat memengaruhi satu mata, tapi kadang juga dapat memengaruhi kedua mata anda. Setelah menangani penyebab dari masalah diatas , kondisi buta warna ini diharapkan dapat membaik

Obat-obatan tertentu

Beberapa pengobatan medis juga dapat memiliki pengaruh terhadap penglihatan warna, seperti obat-obatan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, disfungsi ereksi, infeksi, gangguan saraf, dan juga masalah psikologis.

Apakah anda tahu hal-hal Apa dan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi buta warna?

Berikut ini adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi kondisi tersebut daintarany adalah :

pengobatan rumahan buta warna

Hafalkan urutan benda yang berwarna. Jika Anda masih tidak dapat membedakan warna lampu merah dengan baik, Anda dapat menghafalkan urutan warnanya saja .

Langkah selanjutnya adalah Melabeli barang berwarna yang ingin Anda cocokkan dengan benda lain. Minta pertolongan seseorang dengan penglihatan yang baik untuk membantu Anda menyortir dan melabeli pakaian Anda. Kemudian Anda juga dapat menyusun pakaian Anda setelah mengkombinasikannya.

Kondisi buta warna ini bisa membuat Anda kesulitan dan membatasi kegiatan Anda dalam pekerjaan maupun aktifitas sehari-hari . Namun pada kebanyakan kasus ini , kondisi tersebut biasanya bukan hal serius pada masalah mata.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *