Botulisme. Keracuna yang sering di alami tanpa di sadari
Botulisme. Keracuna yang sering di alami tanpa di sadari

Botulisme. Keracunan yang sering di alami tanpa di sadari

Diposting pada

Botulisme merupakan sebuah penyakit yang terbentuk oleh adanya racun. Racun ini pun di hasilkan oleh suatu bakteri dengan nama bakteri Clostridium botulinum. Dari Botulisme ini sendiri akan memproduksi berbagai racun yang sangat berbahaya bagi manusia, racun ini terdiri atas 7 racun berbeda. Atau dalam istilah kedokteran di sebut dengan racun a,b, c sampai jenis racun f.

Yang perlu anda ketahui racun ini dapat menyerang di segala usia, baik muda, tua, anak – anak dan juga pada usia remaja. Dalam persebarannya penyakit Botulisme dapat di sebarkan melalui penularan-penularan perorangan. Jika anda ingin menghindari penyatkit ini hendaklah untuk terlebih dahulu mengethui dari beberapa penyebab, gejala dan cara mengatasi lebih lanjut yang kamu akan ulas di bawah ini.

Tanda-tanda & gejala Botulisme

Tanda-tanda & gejala Botulisme

Untuk tanda-tanda dan gejalanya sendiri tidak langsung dapat di ketahui setelah anda terkena racun tersebut. Umumnya akan berdampak pada tubuh ketika sudah mencapai 12 hingga 36 jam kemudian. Dan bisanya racun ini juga bisa di tularkan melalui makanan dan berbagai hal yang kemungkinan bisa masuk ke dalam tubuh.

Dari data yang ada ke fatalan dalam masalah ini hingga mencapai 5-10 persen. Adapaun untuk tanda-tanda dan gejala awal pada penyakit ini adalah sebagai berikut:

  • Megalami Ptosis (kelopak mata turun)
  • pada salah satu atau kedua sisi Megalami Kelemahan wajah
  • Megalami Pandangan ganda (satu objek terlihat ada dua)
  • Megalami Mulut kering
  • Megalami Sulit berbicara
  • Megalami Sulit menelan
  • Megalami Otot melemah
  • Dan yang paling berbahaya biasanya juga kemungkinan membutuhkan ventilator atau alat bantu napas.

Penyebab Botulisme

Seperti yang telah di jelaskan di atas sebelumnya, penyebab utama dari masalah ini adalah adanya racun yang di produksi bakteri. Kemudian racun tersebut juga biasa muncul pada daging-daging yang dalam pengolahannya tidak benar atau dalam artian lain tidak matang sempurna.

Selain penyebabnya dari makanan yang tidak sehat, kadang penyakit ini juga dapat du sebabkan melalui bakteri yang masuk pada tubuh manusia melewati luka yang menganga yang tidak anda sadari. Kemudian bakteri ini akan berkembang pada tubuh manusia dan menghasilkan racun di dalamnya. Dari sekian banyak penyebab, penyebab inilah yang paling banyak terjadi pada manusia.

Jika penyakit ini terjadi pada bayi, biasanya penyebabnya adalah dari jamur yang berada di tanah. Yang penularannya di peroleh dari orang yang mencium atau menggendong si bayi. Dari prosesnya spora yang telah masuk kedalam tubuh bayi maka akan berkembang memprosduksi racun setelahnya akan menginfeksi beberapa bagian seperti organ pencernaan dan sebagainya

Faktor-faktor risiko Botulisme

Faktor-faktor risiko Botulisme

Beberapa faktor risiko penyakit Botulisme yang  paling utama terdapat beberapa hal di bawah ini, diantaranya adalah:

  • Pada Kebersihan makanan buruk
  • Pada bayi yang Baru lahir
  • Dan juga pada Luka yang tidak segera dibersihkan

Pengobatan di rumah Botulisme

Pengobatan rumah ini di tujukan agar anda melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dengan kebiasaan-kebiasaan atau rutinitas sehari-hari anda di rumah, dan jangan lupa untuk tidak meninggalkan saran dan beberapa anjuran yang telah di sampaikan dokter. Dengan kebiasaan dan tetap menjaga anjuran dari dokter ini, anda diharapkan dapat terbebas dan mengatasi masalah Botulisme dengan mudah.

Dintara perubahan gaya hidup yang bisa anda terapkan di rumah guna mengatasi Botulisme adalah:

  • meminimalkan memasak makanan kalengan.
  • Jangan lupa untuk merebus makanan paling tidak 10 menit, karena racun akan hancur pada temperatur tersebut.
  • Madu yang berbahaya.pillihlah madu dengan kulaitas terbaik, karena di sebagian kasus menyebutkan madu yang sudah terkontaminasi dapat menimbulkan bahaya yang serius terutama pada anak-anak.
  • Pastikan luka dibersihkan. Segera bersihkan luka yang terdapat pada tubun anda dengan obat-obatan yang telah tersedia.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *