Body Dysmorphic Disorder. Dangguan Mental Melihat Bentuk Tubuh
Body Dysmorphic Disorder. Dangguan Mental Melihat Bentuk Tubuh

Body Dysmorphic Disorder. Dangguan Mental Melihat Bentuk Tubuh

Diposting pada

Masih membahas tentang kelainan cara berfikir atau masalah psikologis namun kali ini berkaitan pada bentuk tubuh. Dalam pengertiannya sendiri Body Dysmorphic Disorder ini merupakan dimana seseorang mengalami masalah ketika melihat bentuk tubuh nya dan mereka berfikir ada yang aneh dari tubuh atau fisiknya tersrebut. Namun, pada kenyataanya itu hanyalah anggapanya saja atau imajinasi pada dirinya sendiri namun juga bisa nyata bahwa keadaannya memang seperti itu.

Yang mungkin anda belum banyak mengetahui, bahwa di Kebanyakan pada orang dengan Body Dysmorphic Disorder ini memutuskan untuk melakukan operasi plastik guna menyempurnakan penampilannya di depan umum. Sedangkan dilihat dari kasus yang paling sering di alami adalah menimpa pada usia-usia pubertas dan bahkan bisa bertahan sampai seumur hidup.

Body Dysmorphic Disorder

Tanda-tanda & gejala Body Dysmorphic Disorder

Untuk tanda-tanda dan gejala yang umum di temui pada pasien dengan masalah body dysmorphic disorder ini, biasanya mengalami beberapa hal pasti yang menjadikannya sebagai ciri khas dari penyakit body dysmorphic disorder ini.

Diantara tanda-tanda dan gejala tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pasien dengan body dysmorphic disorder tidak dapat berhenti berpikir mengenai bagian tubuhnya. Dan mereka kebanyakan mempercayai bahwa terdapat hal yang salah pada tubuhnya walaupun sebenarnya tubuh mereka normal sempurna.
  • Adapun untuk bagian-bagian tubuh yang sering meraka pikir berlebihan hingga terjadi body dysmorphic disorderyaitu: tahi lalat, gigi, rambut kepala atau tubuh, payudara, rambut, hidung, bekas luka dan bagaian keseluruhan tubuh lainnya.
  • Pada Pasien dengan body dysmorphic disorder mereka terlalu terobsesi bahkan sangat-sangat terobsesi dengan penampilannya hingga dapat menghambiskan berjam-jam waktu untuk berkaca dalam sehari. Mereka selau bercermin atau unutk mengecek bagian tubuhnya secara konstan secara detil.
  • merasa selalu tidak puas bahkan setelah meraka melakukan program kecantikan, salon, dan dokter gigi untuk memperbaiki kekurangan yang di alaminya.
  • Karakteristik lain dari yaitu menghabiskan sebagian besar waktu dalam sehari untuk dandan, sering tak mau difoto atau direkam, makeup berlebihan, atau menggunakan baju berlebihan sebagai kamuflase
  • Menghabiskan berjam-jam hanya untuk dandan, dan sering tak mau difoto atau direkam saat keluar rumah , makeup yang selalu berlebihan, serta menggunakan baju berlebihan sebagai kamuflase dari kekurangannya.

Penyebab Body Dysmorphic Disorder

Dalam penyebab masalah body dysmorphic disorder ini pada dasarnya belum di ketahui sampai sekarang tentang penyebab utamanya.namun beberapa doker mencurigai body dysmorphic disorder ini disebabkan karena:

  • depresi berat,
  • gangguan obsesif-kompulsif,
  • gangguan kecemasan menyeluruh,
  • fobia tempat ramai,
  • gangguan makan.

Faktor-faktor risiko Body Dysmorphic Disorder

Faktor-faktor Risiko disini di maksudkan guna anda mengetahui hal-hal apa saja yang menjadikan anda lebih rentan terkena penyakit body dysmorphic disorder. Dan diharapkan setalah anda mengetahui dari beberapa faktor-faktor risiko tersebut anda bisa berhati-hati ketika anda dalam kondisi seperti di bawah ini.

Faktor-faktor risiko Body Dysmorphic Disorder

Diantara  yang meningkatkan seseorang lebih rentan terkena penyakit body dysmorphic disorder ini adalah:

  • Memiliki diantara anggota keluarga anda ada yang mengalami penyakit ini
  • Selain itu juga berisiko pada orang Pernah mengalami kejadian negatif, seperti di-bully semasa kecil/remaja
  • Mengalami Tekanan sosial
  • Mengalami gangguan mental seperti cemas atau depresi

Pengobatan di rumah Body Dysmorphic Disorder

Pengobatan rumah ini di tujukan agar anda melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dengan kebiasaan-kebiasaan atau rutinitas sehari-hari anda di rumah, dan jangan lupa untuk tidak meninggalkan saran dan beberapa anjuran yang telah di sampaikan dokter. Dengan kebiasaan dan tetap menjaga anjuran dari dokter ini, anda diharapkan dapat terbebas dan mengatasi masalah body dysmorphic disorder dengan mudah.

Dintara perubahan gaya hidup yang bisa anda terapkan di rumah guna mengatasi body dysmorphic disorder adalah:

  • Lakukan Pertimbangkan terapi kombinasi terlebih dahulu dengan anggota keluarga, pasangan dan orang penting lainnya
  • Dan janagn lupa Bekerja sama penuh dengan dokter untuk sembuh dari penyakit body dysmorphic disorder ini
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *