Bahayanya Cystic Fibrosis. Sebuah Penyakit Bawaan Dari Lahir
Bahayanya Cystic Fibrosis. Sebuah Penyakit Bawaan Dari Lahir

Bahayanya Cystic Fibrosis: Sebuah Penyakit Bawaan Dari Lahir

Diposting pada

Penyakit ini merupakan kondisi penyakit yang umumnya terjadi akibat bawaan lahir. Penyakit Cystic Fibrosis ini dalam istilah kedokteran lain juga di sebut dengan fibrosis kistis. Dimana pengertian dari penyakit ini adalah kerusakan organ-organ inti dalam seperti diantaranya kerusakan pada hati, paru-paru, dan juga organ-organ penting lainnya. Kerusakan yang di maksudkan ini adalah terjadinya masalah berupa munculnya lendir-lendir atau keringat dan juga cairan pencernaan akibat terpengaruhnya sel-sel.

Keberadaan lendir ini sebenarnya juga penting bagi kesehatan pada organ-organ tersebut sebagai pelindung dan juga sebagai pelumas bagi organ-organ tersebut. Pada batas normal keberadaan lendir ini hanya bersifat cairan yang dan juga licin sehingga mempermudah kinerja dari organ-organ inti tersebut. Namun pada kasus penyakit dengan nama Cystic Fibrosis ini jumlah lendir yang berada pada organ tersebut berlebihan dan dan mempunyai sifat tebal. Dari sinilah akan menimbulkan masalah berupa penyumbatan pada saluran tubuh. Untuk organ yang rentan dengan masalah ini biasanya pada organ pernapasan dan juga pencernaan.

Cystic Fibrosis

Jika dalam tubuh anda mengalami masalah Cystic Fibrosis terutama pada organ-organ yagn penting, segera lakukan penanganan dengan cara pergi ke dokter ahli guna mendapatkan perawatan yang meminimalisir terjadinya masalah yang berkelanjutan.

Namun bagi anda yang ingin tetap melakukan akifitas harian anda seperti bekerja, sekolah dan lain lain. Pada akhir-akhir ini para peneliti medis telah menemukan alat-alat canggih yang berguna sebagai langkah untuk anda tetap bisa melakukan hal-hal tersebut meskipun dalam penyakti Cystic Fibrosis.

Tanda-tanda & gejala Cystic Fibrosis

Untuk tanda-tanda dan gejala dari penyakit Cystic Fibrosis ini dapat di golongkan melalui tingkat keparahan dari penyakti tersebut. Gejala dari penyakit Cystic Fibrosis ini juga bisa muncul pada anak-anak baru lahir dan juga pada orang dewasa. Namun yang di takutkan adalah penyakit ini juga biasanya keberadaannya tidak memberikan gejala dan  tanda-tanda apapun.

Sistem pencernaan dan juga sistem pernapasan pada tubuh anda merupakan bagian yang sering memunculkan tanda-tanda dan gejala  terlebih dahulu pada penyakti Cystic Fibrosis ini. adapun untuk tada-tanda dan gejala yang umum terjadi pada pasien Cystic Fibrosis ini diantaranya adalah:

  • Terjadinya Batuk berkepanjangan yang menghasilkan lendir tebal (dahak)
  • Terjadinya Mengi, yaitu beruapa suara napas yang mirip siulan bernada tinggi seperti ngik-ngik.
  • Mengalami Hidung tersumbat
  • Mengalami Sesak napas atau napas pendek
  • Terdapat penyakit sinusitis, pneumonia, dan infeksi paru-paru berulang
  • Terdapat Feses berbau busuk dan berminyak
  • Mengalami Sembelit parah
  • Pada bagian Anus menonjol keluar (prolaps rektal) karena sering mengejan
  • Mengalami Penurunan berat badan atau pertumbuhan yang terhambat
  • Mengalamai Gangguan proses pembuangan kotoran (meconium ileus), terutama pada bayi baru lahir

Penyebab Cystic Fibrosis

Penyebab Cystic Fibrosis

Sedangakan untuk penyebab dari penyakit Cystic Fibrosis ini atau kerusakan organ ini adalah terjadinya kalainan gen CFTR. Yang perlu anda ketahui gen CFTR ini mempunyai fungsi sebagai pengontrol protein yang menggerakkan garam dan air masuk dan juga keluar pada pada sel-sel tubuh manusia. Namun akan berbeda jika terjadi pada orang dengan kondisi penyakit fibrosis kistik ini, akan terjadi protein yang tidak bekerja dengan dengan baik dan akibat dari masalah ini akan menyebabkan lendir lengket, tebal, dan juga keringat asin.

Faktor-faktor risiko Cystic Fibrosis

Faktor-faktor Risiko disini di maksudkan guna anda mengetahui hal-hal apa saja yang menjadikan anda lebih rentan terkena penyakit Cystic Fibrosis. Dan diharapkan setalah anda mengetahui dari beberapa faktor-faktor risiko tersebut anda bisa berhati-hati ketika anda dalam kondisi seperti di bawah ini.

Diantara  yang meningkatkan seseorang lebih rentan terkena penyakit Cystic Fibrosis ini adalah:

  • Dari Riwayat keluarga. Karena penyakit ini adalah kelainan turunan, maka fibrosis kistik dapat diturunkan jika orangtua, kakek, nenek, atau kerabat dekat Anda mengembangkan kondisi ini.
  • Dari Ras. Meskipun pada kenyataannya penyakit ini dapat terjadi di segala ras, namun fibrosis kistik paling sering terjadi pada orang-orang kulit putih keturunan Eropa Utara.

Pengobatan di rumah Cystic Fibrosis

Pengobatan di rumah Cystic Fibrosis

Pengobatan rumah ini di tujukan agar anda melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dengan kebiasaan-kebiasaan atau rutinitas sehari-hari anda di rumah dan jangan lupa untuk tidak meninggalkan saran dan beberapa anjuran yang telah di sampaikan dokter. Dengan kebiasaan dan tetap menjaga anjuran dari dokter ini anda diharapkan dapat terbebas dan mengatasi masalah fibrosis kistis dengan mudah.

Dintara perubahan gaya hidup yang bisa anda terapkan di rumah guna mengatasi fibrosis kistis adalah:

  • Jauhi atau Hindari kontak dengan orang yang sakit infeksi paru-paru
  • Jangan lupa untuk Lakukan vaksinasi flu setiap tahun
  • Untuk yang ke tiga Pastikan anak Anda mendapatkan asupan cairan yang cukup
  • Jauhi dan juga Hindarkan anak Anda dari asap dan debu karena dapat membuat gejala semakin parah
  • Lakukan aktifitas fisik seperti Berolahraga teratur
  • Cobalah Gunakan suplemen enzim. Diet protein tinggi dan rendah lemak bisa membantu meningkatkan nutrisi
  • Selalu ikuti instruksi dokter Anda dan juga lakuakn pengobatan sesuai yang telah diinstruksikan
  • Dan yang terakhir untuk Rutin medical check up ke dokter 3-4 kali setiap tahun
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *