Banyak Di Sepelekan Berikut Bahaya Penyakit Altitude Sickness Serta Cara Mengatasinya
Banyak Di Sepelekan Berikut Bahaya Penyakit Altitude Sickness Serta Cara Mengatasinya

Bahaya Penyakit Altitude Sickness Serta Cara Mengatasinya

Diposting pada

Altitude Sickness merupakan sebuah penyakit yang sering di alami oleh beberapa pendaki gunung.Namun meskipun begitu masih tetap banyak juga para penggemar akan kegiatan ini seperti mendaki di gunung Semeru, Rinjani, Kerinci, apalagi Everest yang tentunya memiliki panorama yang sudah tidak di ragukan lagi keindahannya. Adapun pengertian dari penyakit Altitude Sickness ini sendiri adalah dimana kondisi si pendaki mengalami bebrapa masalah seperti kekuragan oksigen dan sebagainya di karenakan berada pada ketinggian lebih dari 2000 meter di atas permukaan laut

Sebab Penyakit Ketinggian

Sebab Penyakit Ketinggian

Diantara penyebab umum yang terjadi akibat munculnya penyakit ketinggian ini diantaranya adalah:

  • Udara dingin,
  • Kelembapan udara yang rendah,
  • Peningkatan radiasi ultraviolet,
  • Dan penurunan tekanan udara.
  • Jumlah oksigen akan menipis di dataran tinggi

Gejala dan tanda-tanda Penyakit Ketinggian

Untuk gejala dan tanda-tanda dari penyakit ketinggian secara umum adalah sebagai berikut:

  • Sakit kepala,
  • Pusing,
  • Tidak nafsu makan,
  • Sakit perut,
  • Mual,
  • Merasa lemas
  • Dan lelah.

Setelah anda mengetahui beberapa tanda dan gejala akan penyakit ketinggian diatas anda hendaknya juga harus siap menerima resikonya apabila anda masih bersikreras untuk mendaki gunung . adapun resikonya seperti yang telah di sampaikan di atas tadi.

Cara Mengatasi Penyakit Ketinggian

Istirahat

Apabila anda sudah merasakan munculnya gejala-gejala seperti yang telah di sampaikan di atas segeralah mencari pertolongan pertama dengan mengistirahatkan tubuh anda. dengan mengistirahtakan tubuh anda selama beberapa menit biasanya tubuh anda akan membangun kekuatan pada otot-otot anda lagi. Selain itu cobalah untuk turun dari tempat anda semula setidaknya 300 meter atau 600 meter yang berguna untuk mencari kadar oksigen yang lebih tinggi. Namun dalam keadaan tersebut anda masih dalam keadaan yang masih kurang baik segeralah turun ke pos-pos jaga guna segera mendapatka pertolongan medis yang baik.

Cara Mengatasi Penyakit Ketinggian

Terapi oksigen

Terapi oksigen akan dilakukan apabila keadaan yang dianggap serius dan parah sehingga mengganggu pernapasan anda. namun biasanya tindakan ini akan lebih efektif bila penanganannya di lakukan ketika anda dibawa turun dari ketinggian. Selain guna mandapatkan asupan oksigen yang lebih memadai biasanya ketika di bawah akan di berikan perawatan medis yang lebih intensif seperti pemberian tabung oksigen dan beberapa obat penenang yang sangat anda butuhakan.

Obat-obatan

Pemberian Obat penghilang rasa sakit hanya bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala ringan yang disebabkan oleh penyakit ketinggian, contohnya seperti obat paracetamol dan juga obat lainnya . namun apabila anda mengalami mual atau muntah atau sakit pada perut yang sangat mengkhawatirkan , pemakaian obat antiemetik seperti pada obat prometazin dapat digunakan untuk meredakan mual akibat altitude sickness menyerang anda. lain lagi Jika susah anda mengalam susah bernapas,biasanya penggunaan inhaler yang disertai obat tekanan darah tinggi, kebanyakan mampu mengurangi tekanan pada arteri di paru-paru anda sehingga bisa memberikan efek lega pada dada anda.

Tindakan lain

Untuk tindakan lain misalnya Jika gejala penyakit ketinggian yang dialami tergolong hanya dalam kondisi ringan, jangan mendaki gunung lebih tinggi lagi , setidaknya dalam kurun waktu 24 – 48 jam ke depan. Selain halĀ  tersebut sangat penting juga disarankan untuk minum banyak cairan (non-alkohol) seperti air putih dan semacamnya , tidak melakukan berolahraga, tidak merokok, dan yang terakhir Anda harus beristirahat hingga merasa jauh lebih baik sehingga anda masih bisa menikmati keindahan panorama dari atas.

Demikianlah tadi bebrapa pengobatan yang bisa anda lakukan jika anda tiba-tiba terserang masalah ketinggian. semoga bermanfaat.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *