Akrosianosis. Meskipun Tidak Berbahaya Bisa Jadi Pertanda Bersarangnya Penyakit Mematikan
Akrosianosis. Meskipun Tidak Berbahaya Bisa Jadi Pertanda Bersarangnya Penyakit Mematikan

Akrosianosis. Meskipun Tidak Berbahaya, Bisa Jadi Pertanda Bersarangnya Penyakit Mematikan

Diposting pada

Akrosianosis merupakan sebuah kasus dimana terjadi masalah pada arteri yang menyuplai darah ke arah kulit kaki dan tangan. Biasanya yang terjadi pada orang dengan kondisi Akrosianosis ini akan mengalami masalah berupa kulit yang terlihat menjadi biru atau keunguan. Hal dapat terjadi di karenakan adanya kejang arteri yang mengakibatkan tersumbatnya alirah darah yang menuju ke kulit. Dalam bentuk arteri ini biasanya berbentuk kecil yang keberadaanya berfungsi sebagai media pembawa berbagai nutrisi dan juga oksigen.

Pada dasarnya masalah Akrosianosis ini bukan;ah masalah yang cukup serius. Namun yang perlu anda waspadai adalah keberadaannya ini biasanya merupakan sebuah tanda terdapat penyakit yang berbahaya pada tubuh anda seperti, penyakit jantung dan kondisi kelainan pembuluh darah lainnya. Di bandingkang pria, Akrosianosis ini sering terjadi pada wanita.

Gejala Akrosianosis

Akrosianosis

Adapun untuk gejala dan tanda-tanda dari penyatkit Akrosianosis ini biasanya dapat dilihat pada orang selau merasakan kedinginan pada tangan dan juga kaki nya. Kemudian kejadian itu di susul dengan munculnya warna kebiruan. Selain gejala utama tersebut terdapat beberapa gejala lain yang mngindikasi pada penyakit Akrosianosis, diantanya adalah:

  • terasa lembap atau berkeringat pada tangan dan kaki,
  • tangan atau kaki juga bahkan bisa membengkak.
  • Dan kemudian akan muncul Warna kebiruan yang biasanya makin terlihat jelas saat berada di suhu dingin
  • dan warna kebiruan tersebut biasanya akan menghilang perlahan saat dihangatkan.

Pada kebanyakan kasus, akrosianosis ini biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakit. Namun berbeda jika pada kaki atu lengan anda terjadi penyumbatan arteri besar yang biasanya dapat menyebbakan rasa nyeri.

selain beberpaa geja umum di atas, terdapat pula beberap gejala yang belum di sebutkan yang mungkin juga di alami oleh seseoran dengan penyakit akrosianosis. Jika anda mengalami masalah itu, segeralah lakukan konsultasi kepada dokter terdekat guna mendapatkan penanganan yang baik dan tepat agar tidak sampai menyebabkan masalah yang lebih serius dan mengancam jiwa anda.

Penyebab Akrosianosis

Dalam penyebab utama dari masalah Akrosianosis ini sampai sekarang belum juga di ketahui, namun beberapa ahli mengungkapkan yang mengarah pada kecurigaan terhadap spasme (kontraksi) pada sebuah arteri-arteri kecil dan juga arteri arteriol yang letaknya berada di bawah kulit dengan terjadinya pelebaran-pelebaran  kapiler vena sebagai kompensasi sehingga mengakibatkan terjadinya suatu sianosis atau kbiruan pada saat tubuh berkeringat. Selain hal tersebut, kondisi juga bisa di sebabkan karena adanya masalah kesehatan lain pada si penderita seperti  masalah kejiwaan, infeksi, autoimun, dan kelainan metabolik serta masalah kesehatan penting lainnya.

Pengobatan rumah Akrosianosis

Pengobatan rumah Akrosianosis

Pengobatan rumah ini di tujukan agar anda melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dengan kebiasaan-kebiasaan atau rutinitas sehari-hari anda di rumah, dan jangan lupa untuk tidak meninggalkan saran dan beberapa anjuran yang telah di sampaikan dokter. Dengan kebiasaan dan tetap menjaga anjuran dari dokter ini, anda diharapkan dapat terbebas dan mengatasi masalah akrosianosis dengan mudah.

Dintara perubahan gaya hidup yang bisa anda terapkan di rumah guna mengatasi akrosianosis adalah:

yang perlu anda ketahui terlebih dahulu adalah Akrosianosis ini bukan kondisi yang serius dan cara mengatasinya pun mudah yaitu dengan menghangatkan tubuh anda melalui beberapa langkah di bawah ini, seperti:

  • dengan beranjak ke tempat yang hangat,
  • memakai sarung tangan atau kaus kaki insulasi panas,
  • memastikan tangan dan kaki dalam keadaan kering,

Dan juga tidak ada pengobatan yang dibutuhkan dalam akrosianosis ini,  kecuali dalam kasus yang sangat parah sehingga dalam penanganan akrosianosis ini diperlukan operasi simpatektomi untuk meringankan kejang pembuluh darah. Lebih dari itu, operasi ini hanya boleh dilakukan apabila kondisi sudah benar-benar parah dan jika masih dalam keadaan ringan coba lakukan beberapa pengobatan rumah di atas.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *