Abses Perianal. Infeksi Pada Anus Yang Di Debabkan Bakteri
Abses Perianal. Infeksi Pada Anus Yang Di Debabkan Bakteri

Abses Perianal. Infeksi Pada Anus Yang Di Debabkan Bakteri

Diposting pada

Abses Perianal merupakan sebuah penyakit yang berada pada anus anda yang kemudain akan menjadi bahaya jika tidak segera di lakukan pengobatan secara baik dan benar. Untuk pengertiannya sendiri Abses Perianal adalah dimana kondisi seseorang yang mengalami infeksi di sekitar anus yang menjadiakan dari infeksi ini akan berakibat munculnya rongga-rongga rektum. Kemudian rektum ini akan berisi cairan nanah yang tentunya juga dapat menyebabkan rasa sakit.

Abses Perianal

Yang perlu anda ketahui adalah, rektum merupakan sebuah bagian akhir dari usus besar yang dimana sebagai letak tinja terakhir sebelum di keluarkan melalui anus.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang  Gejala abses perianal, penyebab abses perianal, dan obat abses perianal, di bawah ini kami akan jelaskan lebih lebih banyak lagi.

Tanda-tanda & gejala Abses Perianal

Untuk tanda-tanda dan gejala dari penaykit Abses Perianal ini biasanya terdapat beberapa hal, yang biasanya di mulai dengan munculnya rasa sakit atau berdenyut pada rektum yang akan lebih parah ketika bergerak atau saat melakukan peregangan.

Selain gejala utama tersebut Abses Perianal ini juga memiliki beberapa gejala lain yang menjadi ciri utamanya seperti di bawah ini, diantaranya adalah:

  • Sering mengalami sembelit,
  • Mengalami kesulitan dalam buang air kecil
  • Kadang-kadang rektum dapat terasa panas,
  • Terdapat nyeri dan bengkak pada anus.

Selain beberpaa geja umum di atas, terdapat pula beberap gejala yang belum di sebutkan yang mungkin juga di alami oleh seseoran dengan penyakit Ases perianal . Jika anda mengalami masalah itu, segeralah lakukan konsultasi kepada dokter terdekat guna mendapatkan penanganan yang baik dan tepat agar tidak sampai menyebabkan masalah yang lebih serius dan mengancam jiwa anda.

Penyebab Abses Perianal

Penyebab Abses Perianal

Dalam penyebab utama dari penyakit abses perianal ini biasanya di karenakan adanya suatu jenis bakteri yang berasal dari anus kemudian meyebar ke bagian rektum. Akibat perpindahan bakteri ini biasanya bakteri yang berkembang akan mengakibatkan sebuah infeksi yang berujung pada terjadinya peradangan.

Perlu anda ketahui, bakteri ini umumnya mempunyai tempat tinggal di usus besar dan juga pada kulit dekat anus anda. selain penyebabnya perkembangan bakteri yang berpindah pada rektum penyakit abses perianal juga dapat di sebabkan oleh adanya beberapa hal seperti di bawah ini, diantaranya adalah:

  • Terdapat luka di anal yang terinfeksi,
  • Mengalami infeksi menular seksual
  • Dan juga gangguan usus seperti penyakit Crohn dan divertikulitis usus besar

Faktor-faktor risiko Abses Perianal

Faktor-faktor Risiko disini di maksudkan guna anda mengetahui hal-hal apa saja yang menjadikan anda lebih rentan terkena penyakit Abses Perianal . Dan diharapkan setalah anda mengetahui dari beberapa faktor-faktor risiko tersebut anda bisa berhati-hati ketika anda dalam kondisi seperti di bawah ini.

Diantara  yang meningkatkan seseorang lebih rentan terkena penyakit Abses Perianal ini adalah:

  • Orang yang melakukan Seks anal
  • Seorang dengan penyakit Diabetes
  • Seorang dengan Penyakit Radang usus (penyakit Crohn dan kolitis ulserativa)
  • Jika seseorang Pengguna obat kortikosteroid
  • Akan lebih mudah pada orang dengan Sistem kekebalan tubuh yang melemah (seperti karena HIV / AIDS)

Yang perlu anda waspadai adalah Penyakit ini dapat terjadi pada bayi atau anak-anak muda dan orang-orang dewasa dengan riwayat luka pada anus

Pengobatan di rumah Abses Perianal

Pengobatan di rumah Abses Perianal

  • Yang di takutkan jika Abses perianal tidak diobati maka bisa menyebar ke jaringan lain.
  • Jangan ragu untuk Hubungi dokter jika Anda mengalami rasa sakit pada dubur disertai demam
  • Jangan ragu untuk Hubungi dokter jika Anda melihat keluarnya nanah di rektum atau anus Anda
  • Jangan ragu untuk Hubungi dokter jika Anda mengeluarkan cairan yang berkepanjangan pada bagian yang dioperasi, demam, atau sakit setelah operasi
  • Untuk meredakan rasa nyeri setelah operasi, caranya adalah dengan duduk dalam air hangat 3-4 kali sehari dan minum obat pereda sakit
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *