5 Cara Mudah Mengatasi Masalah Biduran Di Rumah
5 Cara Mudah Mengatasi Masalah Biduran Di Rumah

5 Cara Mudah Mengatasi Masalah Biduran Di Rumah

Diposting pada

Biduran merupakan kondisi wajar yang biasanya di alami seseorang ketika terkena gigitan serangga maupun akibat adanya infeksi. Selain kedua hal tersebut, biduran juga kadang di sebabkan karena adanya stres, cuaca panas, dingin  dan juga muncul biduran ketika mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu. Pada dasarnya biduran ini sering di dalam masyarakat kita di katakan sama dengan alergi. Meskipun di keduanya memiliki berbagai faktor yang berbeda.

Dalam istilah medis,biduran ini sering di sebut dengan urtikaria, dimana ini berarti terapat ruam kulit yang berwarna kemerahan yang di sertai gatal maupun tidak. Yang perlu anda ketahui, biduran ini merupakan kondisi yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Dari data yang terlah di catat terdapat 20 persen orang dewasa pernah mengalami masalah kesehatan kulit ini. sedangkan di 15 persennya mengalami biduan sejak masih menginjak usia anak-anak.

Biduran

Gejala dan tanda-tanda Biduran

Diantara tanda-tanda dan gejala dari masalah kesehatan kulit ini yang paling umum di temui adalah berbagai hal di bawah ini, seperti:

  • Munculnya bercak-bercak
  • Munculnya Ruam
  • Munculnya bentol-bentol yang terasa gatal

Biasanya untuk bercak ini sendiri dapat muncul di mana saja, atau di bagian sebelah tubuh di manapun. Secara garis besar, biduran ini umumnya akan hilang atau memudar dalam kurun 24 jam dan tidak lah perlu menggunakan pengobatan khusus.

Meskipun demikian, penderita biduran juga sebaiknya meminta pertolongan kepada petugas medis apabila mengalami salah satu dari gejala berikut:

  • Mengalami Pusing
  • Mengalami Bengkak di area mata atau mulut
  • Mengalami Sesak napas
  • Mengalami Lemas

Dari gejala di atas, hendaklah anda segera memeriksakan diri ke dokter atau medis terdekat. Karena di takutkan, beberapa gejala ini meruapakan infeksi yang tergolong parah yang bisa mengancam jiwa anda. namun jika hanya kategori ringan saja, anda bisa mengatasinya hanya dengan beberapa pengobatan di rumah saja.

Penanganan Biduran yang Dapat Dilakukan di Rumah

Penanganan Biduran yang Dapat Dilakukan di Rumah

1. Jauhi faktor pemicu biduran

Jika anda sudah mengatahui sebab apa anda terkena biduran, lakukan dan juga hindari beberapa faktor penyabab anda terkena biduran ini seperti akibat makan makanan tertentu, konsumsi obat dengan jenis tertentu, atau biduran yang anda alami karena adanya masalah pada diri anda atau stres.

2.Gunakan kompres dingin

Untuk langkah yang kedua ini umumnya merupakan kebanyakan yang di lakukan oleh masyarakat kita ketika mengalami biduran. Mengkompres menggunakan air dingin dinilai cara yang cukup ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan kulit ini. caranya adalah dengan menggunakan es batu yang telah di lapisi dengan handuk, kemudian tempelkan ke daerah yang kiranya anda merasa gatal dengan jangka waktu sekitar 10-15 menit. Hal ini dapat di lakukan paling tidak dalam sehari bisa 3-4 kali.  Selain itu, menempelkan es batu pada kulit juga di percaya dapat meringankan efek iritasi dan juga meredakan rasa gatal akibat biduran.

3.Mandi dengan larutan anti gatal

Cara ini bisa anda lakukan dengan setidaknya menambahkan bahan penghilang rasa gatal pada bak mandi anda. bahan ini biasanya di peroleh dari oatmeal yang secara khusus di pasarkan sebagai produk anti gatal dengan tambahan segenggam soda kue.

4.Jaga suasana sejuk

Jaga suasana sejuk

Pada dasarnya bagi orang yang memiliki biduran haruslah menghindari tempat-tempat yang mempunyai hawa panas. Di karenakan panas malah dapat menyebabkan rasa gatal semakin jadi dan parah. Maka dari itu, ciptakan sendiri suasana sejuk baik di rumah, atau dengan mengatur suhu badan anda agar tetap dalam kondisi sejuk. Caranya adalah dengan menggunakan pakaian yang longgar dan tipis dengan bahan yang mudah menyerap keringat anda.

5.Mengonsumsi atau mengoleskan obat

Kadang pemakaian obat-obatan juga di perlukan jika sudah berbagai macam pengobatan di atas tidak memeberikan hasil yang signifikan. Obat dengan jenis antihistamin dan losion kalamin yang di jual bebas di pasaran bisa anda coba guna untuk menyembuhkan biduran yang anda alami.

 

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *