5 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan Tubuh
5 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Ubi jalar sering juga dijadikan sebagai cemilan. Banyak orang yang menyantap ubi jalar karena memang harganya ekonomis dan mudah dicari, terutama di berbagai pasar tradisional dan pasar modern. Selain itu, ada banyak manfaat ubi jalar yang dapat anda peroleh. Hal ini dikarenakan ubi yang satu ini punya sumber kalori yang besar. Sama seperti jagung, singkong, dan kentang, ubi tersebut juga dijadikan sebagai makanan pokok. Berikut adalah informasi tentang apa saja manfaat yang ada pada makanan tersebut.

1. Mencegah Diabetes

Dengan kandungan indeks glikemik yang terbilang rendah, makanan tersebut menjadi pilihan tepat untuk seluruh masyarakat yang ingin mengurangi level gula darah pada tubuh. selain itu, juga dapat bekerja terhadap resistensi insulin. Sehingga, makanan ini sangat cocok dikonsumsi untuk para penderita diabetes. Kandungan seratnya juga terbilang tinggi.

2. Mengurangi Tekanan Darah

Kandungan natrium yang terbilang rendah pada makanan ini sangat membantu untuk membuat tekanan darah menurun. Akan tetapi, asupan kalium dapat ditingkatkan dengan bantuan makanan tersebut. Bahkan, disebutkan oleh the National Health and Nutrition Examination Survey bahwa hanya 2% orang dewasa di Amerika Serikat yang mampu memenuhi rekomendasi kebutuhan kalium setiap harinya. Padahal, pada satu ubi jalar, terdapat kandungan 542 miligram kalium. Itu artinya, rajin mengonsumsi makanan yang satu ini akan dapat menurunkan resiko kematian karena darah tinggi sebanyak 20%.

3. Kesuburan

Wanita yang masih subur sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi lebih banyak zat besi. Zat besi ini penting untuk mendukung kesuburan sebagaimana disebutkan oleh Harvard Medical School, Harvard Health Publications. Terdapat kandungan vitamin A pada makanan pokok tersebut. Sehingga, makanan ini sangat berguna jika dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

4. Untuk Meningkatkan Imunitas

Manfaat ubi jalar yang selanjutnya adalah untuk menigkatkan daya tahan tubuh. Faktanya, ubi jalar adalah makanan nabati yang kaya dengan vitamin C. juga, terdapat kandungan beta-kareoten yang fungsinya adalah untuk membuat kekebalan tubuh menjadi meningkat. Apalagi, ada kombinasi yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Kandungan vitamin C pada makanan pokok yang satu ini akan bekerja untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk sakit karena flu.

5. Obat Radang Alami

Ubi jalar memiliki kandungan nutrisi penting lainnya, termasuk kolin. Apa itu kolin, dan mengapa zat yang satu ini sangat dibutuhkan oleh tubuh? Kolin berfungsi untuk membuat tidur jadi lebih nyenyak, membantu pergerakan otot, juga membantu agar belajar dan daya ingat atau memori bekerja lebih baik. Hal penting lainnya pada kolin adalah fungsinya yang dapat membantu supaya struktur membrane sel dapat dipertahankan, membantu proses transmisi pada impuls saraf, juga membantu proses penyerapan lemak.

Terakhir, disebut dalam studi yang diterbitkan oleh Journal of Medicinal Food, bahwa ekstrak ubi jalar ungu akan bekerja secara aktif untuk mengurangi peradangan. Hal ini dikarenakan para peneliti menemukan kandungan anti-inflamasi juga antilipogenic positif didalam makanan tersebut.

Nah, itulah informasi singkat tentang apa saja manfaat ubi jalar untuk kesehatan tubuh. Selain berbagai manfaat yang telah dipaparkan dalam informasi di atas, ubi jalar juga sangat berguna untuk membantu menjaga agar mata tetap sehat, membantu proses pencernaan tubuh, dan menyediakan pasokan energi.

Untuk itu, anda bisa memulai hidup sehat dengan rajin mengonsumsi ubi jalar, namun dengan proses pengolahan yang sehat pula, seperti di bakar, dikukus, atau direbus. Semoga bermanfaat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *