Bisa Jadi Karena Penyakit! Penyebab Terlambat Haid Wajib Tahu

3 min


Penyebab terlambat haid  bagi para wanita sangatlah penting untuk diketahui. Siklusmenstruasi merupakan serangkaian perubahan yang dialami oleh tubuh wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Namun jangan selalu diartikan ketika telat atau tidak haid seorang wanita sudah pasti hamil. Menstruasi yang terlambat sudah bisa disebabkan oleh beberapa hal lain.

Siklus menstruasi pada setiap wanita berbeda-beda. Panjang dari siklus tersebut normalnya sekitar 20 sampai 35 hari, dihitung mulai dari hari pertama menstruasi bulan ini sampai di hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi biasanya hampir sama setiap bulannya namun ada juga beberapa saat di mana menstruasi datang terlambat.

Menstruasi yang datang terlambat bukan berarti sedang hamil ataupun sedang memiliki penyakit yang membahayakan. Ada banyak sekali penyebab Mengapa menstruasi bisa datang terlambat. Untuk itu sangat penting bagi para wanita untuk mengetahui semua penyebab yang mungkin terjadi pada dirinya. Tapi ketika menstruasi datang terlambat pasti ada sesuatu yang terjadi dengan tubuh.

Penyebab Terlambatnya Datang Bulan

Ada banyak sekali penyebab dari menstruasi yang telat datangnya.  Berikut ini beberapa penyebab tersebut.

  • Stress

Penyebab pertama mendapat inspirasi Anda bisa terlambat karena stres sedang menyerang. Ketika sedang stres hormon pada bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus menstruasi atau hipotalamus akan terganggu. Tidak hanya itu tetapi berat badannya juga bisa naik dan turun secara drastis akibat dari stres.

  • Obesitas

penyebab lainnya bisa juga dikarenakan obesitas. Penurun berat badan bisa memicu perubahan hormonal pada seorang wanita. Wanita yang memiliki berat badan berlebih lebih sering mengalami telat menstruasi dibandingkan wanita yang berbadan ideal.

  • Berat badan turun

Tidak hanya obesitas saja tetapi berat badannya turun juga bisa membuat menstruasi terlambat. Jika berat badan Anda berkurang 10% dari berat badan yang ideal maka fungsi tubuh akan terganggu dan ovulasi atau Pelepasan sel telur akan terhenti

  • Hormon prolaktin berlebih.

Penyebab terlambat haid lainnya juga bisa dikarenakan hormon prolaktin berlebih. Hormon tersebut dihasilkan dari kelenjar pituitari yang akan meningkat pada saat menyusui. Namun tidak juga terjadi karena kondisi medis tertentu misalnya adanya penyakit ginjal dan tumor kelenjar pituitari pada otak.

  • Alat kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi juga bisa mempengaruhi kelancaran menstruasi anda. Alat kontrasepsi berupa pil KB biasanya mengandung hormon esterogen dan progesteron yang akan mencegah indung telur melepaskan sel telur. Hal tersebut membutuhkan waktu hingga 6 bulan agar siklus menstruasi bisa kembali konsisten setelah berhenti mengkonsumsi pil KB.

Bagi para wanita yang memiliki usia dari 40 tahun sangat dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter jika pola menstruasi berubah secara tiba-tiba. Misalnya saja darah yang dikeluarkan lebih banyak, waktu menstruasi lebih lama, atau adanya keluhan lain seperti pendarahan vagina setelah melakukan hubungan seksual. Hal tersebut bisa menjadi tanda-tanda polip serviks dan beberapa penyakit lainnya.

menstruasi yang terlambat Mungkin sering dianggap menjadi hal yang tidak menakutkan bagi beberapa wanita. Padahal kondisi tersebut bisa menjadi gejala beberapa kondisi dan penyakit yang serius. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika anda mengalami menstruasi yang terlambat. Jika apabila anda mengalami beberapa kondisi lain pada saat menstruasi.

Tidak ada salahnya untuk selalu bersikap waspada bagi kesehatan diri sendiri. Termasuk memperhatikan waktu datangnya menstruasi dengan benar.  Jika anda sering terlambat datang bulan maka sebaiknya periksakan ke dokter agar mengetahui penyebabnya. Penyebab terlambat haid bagi wanita harus diperhatikan dengan benar.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *