Tanaman Untuk Asam Urat Dan Kolesterol Yang Manjur
Tanaman Untuk Asam Urat Dan Kolesterol Yang Manjur

Tanaman Untuk Asam Urat Dan Kolesterol Yang Manjur

Diposting pada

Tanaman untuk asam urat yang manjur apa? Mungkin, untuk anda yang sedang mencari obat herbal yang dapat menyembuhkan asam urat atau juga kolesterol, pertanyaan ini sedang memenuhi benak. Nah, penyakit asam urat sendiri adalah penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia. Bahkan, usia di atas 30 tahun pun akan sering merasakannya.

Asam urat sering juga disamakan dengan sakit reumatik. Keduanya adalah radang sendi namun dalam faktor yang berbeda. Faktor penyebab sakit asam urat adalah kadar asam atau urid acid dalam tubuh yang berlebihan. Disisi lain, rematik adalah nyeri sendi karena masalah daya tahan tubuh dan sering menyerang bagian jaringan sendi.

Apa yang menyebabkan asam urat terjadi? Mengapa kadar asam bisa berlebihan didalam tubuh? Beberapa faktor yang menyebabkan tak lain adalah karena pola makan yang kurang sehat, adanya trauma tubuh dalam waktu yang lama, serta adanya penggunaan obat-obat kimia yang terus dikonsumsi. Bahkan, asam urat juga dapat terjadi karena anggota keluarga pernah memiliki riwayat. Kendati demikian, para penderita dapat menggunakan beberapa tanaman asam urat sebagai obat herbal untuk pengobatan. Sehingga, kita anda membudidayakannya, maka ada peluang untuk mengobati sakit tersebut secara lebih optimal. Seluruh tanaman tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Obat Sakit Asam Urat Dengan Tanaman Manggis

Garcinia Mangostana L, nama biologi pohon Manggis ini merupakan tanaman tropis. Tanaman ini merupakan tanaman asli Semenanjung Malaya. Kemudian, tersebar sampai ke seluruh nusantara. Pohon tersebut juga punya siklus kehidupan yang terbilang lama, dan bahkan disebut sebagai pohon hijau abadi.

Dijuluki sebagai the Queen of Fruit atau ratu buah, manggis menjadi salah satu buah yang punya kadar antioksidan tertinggi dan fungsinya adalah untuk memberikan anti inflamasi pada tubuh. Manfaatkan kulit manggis sebagai tanaman herbal untuk asam urat. Cara kerjanya adalah dengan memecah kadar asam urat yang menumpuk dalam bentuk Kristal dan menyumbat sistem persendian di dalam tubuh. Sehingga, Kristal tadi langsung dapat dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran atau urine.

Cara mengolah kulit tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama, buat jus. Caranya dengan memisahkan kulit manggis lalu blender. Masukkan air satu gelas dan tambahkan gula sedikit supaya tidak pahit. Alangkah baiknya menggunakan gula jawa atau gula merah. Lalu, blender sampai halus dan buat jus kulit manggis untuk diminum sebanyak dua kali sehari.

Cara kedua dengan cara direbus lalu dikeringkan. Mulai dengan mengiris tipis kulit manggis, kemudian dijemur supaya tahan lama. Kalau sudah kering, rebus bersama dengan air satu gelas. Pastikan kulit manggis tampak layu. Lalu, kulit yang direbus diblender sampai halus. Cara ini lebih efektif daripada cara pertama karena dapat disimpan lebih lama.

Ketiga, cobalah dengan menumbuk kulit manggis. Kemudian seduh seperti membuat kopi, dengan air panas. Agar tidak pahit, tambahkan gula merah atau madu.

  1. Daun Untuk Asam Urat, Daun Sirsak

Dikenal sebagai durian Belanda, atau Annona Muricata L. adalah tumbuhan yang merupakan tanaman asli asal benua Amerika, yaitu di kepulauan Karibia. Menurut penelitian yang telah dilakukan, daun tanaman sirsak masuk dalam golongan daun untuk asam urat. Fungsinya tak lain adalah untuk mencegah serta mengobati sakit asam urat. Daun sirsak kaya dengan zat antibodi, dikenal dengan acetogenin. Fungsinya adalah untuk menghilangkan sel kanker. Jadi, anda bisa menggunakan obat yang satu ini sebagai tanaman untuk asam urat dan kanker, loh.

Cara menggunakan daun sirsak adalah dengan menyiapkan sekitar 6-10 lembar daun. Lalu, pastikan untuk mencuci terlebih dahulu. Potong daun kecil-kecil supaya seluruh zat yang ada pada daun dapat tercampur. Lalu, rebus dengan air 400 ml, dan tunggu sampai tersisa setengahnya. Kemudian, tunggu sampai sedikit dingin. Agar hasilnya optimal, rebus tiap hari dan tambahkan madu agar tidak anyir.

  1. Sirih Cina Untuk Asam Urat

Banyak orang menganggap bahwa tanaman ini adalah tanaman liar atau gulma. Padahal sirih cina untuk asam urat ini sangat manjur loh. Dalam bahasa latin dikenal sebagia Peperomia Pellucida, yaitu tanaman sirih dengan tekstur kecil, lunak, dan berair. Jangan salah, tanaman inni punya kandungan oksalat, lemak, alkaloid, tanin, dan minyak atsiri.

Bagaimana cara menggunakan sirih cina sebagai tanaman untuk asam urat? Pertama, siapkan segenggam tanaman tersebut termasuk daun dan batang lalu dicuci sampai bersih. Kemudian siapkan 2 gelas air, rebus bersama dengan tanaman sirih cina selama 20 menit. Atau, pastikan air tinggal 1 gelas saja. Tunggu dingin dan saring. Lalu, minum ramuan sirih cina ini sebanyak tiga kali setiap hari.

  1. Kunyit

Kunyit dikenal dengan sebutan kunir yang merupakan rempah-rempah asli asal Asia Tenggara. Nah, kunyit sering digunakan sebagai bumbu masakan, obat kecantikan, dan juga jamu. Kandungan anti-inflamasi pada kunir terbilang tinggi. Sehingga, sering digunakan sebagai tanaman tradisional asam urat dan kolesterol. Selain itu, kunir juga bisa mengatasi berbagai gangguan kesehatan lainnya seperti hipertensi juga diabetes.

Untuk mengolah kunir juga tergolog mudah. Pertama, siapkan kunir lalu cuci dengan air bersih yang mengalir. Gunakan parut atau blender untuk menghaluskan kunyit. Lalu, saring airnya untuk kemudian direbus bersama dengan gula, asam, dan garam. Biarkan sampai tercampur dan jika sudah mendidih, angkat dan tiriskan. Ramuan ini pun siap diminum sebanyak satu gelas dalam satu hari.

  1. Sambiloto

Apakah anda pernah mendengar tanaman sambiloto? Tanaman ini terbilang populer yang terletak di kawasan tropis. Nah, tanaman ini juga sering digunakan berbagai bagiannya untuk obat tradisional. Kendati demikian, banyak orang yang menggunakan bagian daunnya untuk obat.

Selain untuk asam urat, anda juga bisa menggunakannya untuk obat tradisional pilek dan flu. Bahkan, daun ini juga bisa digunakan untuk mencegah sakit diabetes, jantung, menyembuhkan infeksi, serta masalah gangguan pencernaan.

Cara mengolah daun sambiloto untuk obat tradisional adalah mengambil satu genggam daun yang sudah dicuci bersih. Lalu, tumbuk daunnya hingga halus dan masak dengan 1/2 gelas air. Saring air lalu minum airnya. Konsumsi ramuan ini secara rutin hingga sembuh. Tambahkan gula merah atau madu untuk mengurangi rasa pahit.

Tanaman untuk mengobati asam urat lainnya adalah jahe merah, daun salam, daun seledri, dan daun mangga muda. Bahkan, anda juga bisa memanfaatkan tanaman pegagan, daun sidaguri, dan tanaman kumis kucing untuk obat tradisional.

Nah, itulah informasi yang dapat anda simak tentang apa saja sih tumbuhan herbal untuk asam urat yang sangat berkhasiat. Pastikan juga untuk mengonsumsi sesuai dengan dosis atau anjuran yang disarankan. Walaupun demikian, pengobatan secara alami seperti ini membutuhkan tingkat kesabaran dan komitmen untuk terus melakukannya setiap hari. Untuk itu, pastikan pilih tanaman yang dapat anda gunakan setiap hari secara mudah. Hal ini penting, supaya anda juga tidak sulit untuk menjaga komitmen meminum ramuan tersebut secara rutin. Semoga membantu dan semoga lekas sembuh!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *